Leg II Babak 16-Besar Copa Del Rey 2018--2019

Turunkan Pemain Ilegal, Pelatih Barcelona: Kami Sudah Sesuai Aturan

Patrick Pinaria    •    18 Januari 2019 08:34 WIB
barcelonaliga spanyolcopa del rey
Turunkan Pemain Ilegal, Pelatih Barcelona: Kami Sudah Sesuai Aturan
Ernesto Valverde (Foto: AFP/Josep Lago)

Pelatih Barcelona Ernesto Valverde tidak ambil pusing atas pengajuan banding Levante yang mempermasalahkan Chumi Brandariz tampil di leg pertama babak 16-besar Copa Del Rey. Ia yakin sudah menurunkan Chumi sesuai aturan.

Barcelona
: Bek muda Barcelona Chumi Brandariz diturunkan saat menghadapi Levante pada leg pertama babak 16-besar Copa Del Rey 2018--2019, Jumat 11 Januari. Keputusan memainkan pemain asal Spanyol tersebut membuat El Barca terancam sanksi karena sang pemain sedang menjalani skors.

Sanksi tersebut didapat Chumi saat memperkuat Barcelona B di Segunda Division B. Ia dikenakan sanksi setelah mendapat lima kartu kuning pada ajang tersebut.

Meski dikenakan sanksi, Chumi tetap masuk dalam skuat utama Barcelona dan dimainkan Valverde di leg pertama babak 16-besar Copa Del Rey. Hal ini ternyata tidak bisa diterima Presiden Levante Quico Catalan. Ia memutuskan untuk mengajukan banding kepada Asosiasi Sepak bola Spanyol atas keputusan Barca memainkan Chumi.

Baca: Kumpulan Fakta Usai Barcelona Lolos ke Perempat Final Copa Del Rey

Ketika ditanyakan permasalahan ini, Valverde tidak takut. Ia pun percaya Barcelona tidak akan diberikan sanksi karena keputusannya. Sebab, ia merasa menurunkan Chumi sesuai aturan lantaran sanksi sang pemain hanya berlaku di La Liga Spanyol atau pun Segunda Division B, bukan di Copa Del Rey.

"Kami tidak memiliki keraguan memainkan Chumi. Kami percaya besok masih bisa ikut undian bermain di babak perempat final. Kami yakin sudah menjalani aturannya dengan baik," ujar Valverde.

Baca: Tinggalkan Persebaya, OK John Merapat ke Kalteng Putra

"Kami tahu betul bahwa Chumi diizinkan tampil. Ia hanya tidak bisa bermain dalam pertandingan Eibar di La Liga. Kami yakin dengan keputusankami. Kami bertindak sesuai prosedur," tambahnya.

Barcelona sukses lolos ke babak perempat final Copa Del Rey. Kepastian itu didapat setelah mereka mengalahkan Levante dengan skor 3-0 pada leg kedua, Jumat 18 Januari dini hari WIB. Hasil yang membuat mereka menang dengan agregat 4-2. Sebelumnya, mereka kalah dari Levante dengan skor 1-2 pada leg pertama. (Four Four Two)


Video: Persebaya Resmi Boyong Hansamu Yama

 


(PAT)