Pelatih Baru Barcelona

Ernesto Valverde, Pilihan Aman untuk Barcelona

A. Firdaus    •    30 Mei 2017 13:46 WIB
barcelona 2016--2017liga spanyol
Ernesto Valverde, Pilihan Aman untuk Barcelona
Pelatih anyar Barcelona Ernesto Valverde saat mengangkat trofi Piala Super Spanyol (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Barcelona: Barcelona telah resmi mengikat Ernesto Valverde dengan kontrak berdurasi dua musim. Pelatih berusia 53 tahun itu dinilai memiliki filosofi yang sama dengan Blaugrana.

Pengalamannya dalam melatih beberapa klub juga menjadi alasan presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu menunjuk Valverde menggantikan Luis Enrique yang menyatakan mundur pada akhir musim ini.

Valverde telah memimpin Athletic Bilbao selama empat musim terakhir. Persembahan trofi Piala Super Spanyol merupakan prestasi tertinggi yang pernah diraih pria kelahiran Caceres ini.

Klik di sini: Infografis: Momen Krusial dan Pencapaian Francesco Totti

Penunjukkan Valverde justru dianggap sebagai pilihan aman untuk Barcelona. Paling tidak itu menjadi pandangan utama pengamat sepak bola Spanyol, Guillem Balague.

Jurnalis Sky Sport tersebut juga menilai Valverde tidak memiliki pengalaman melatih sebuah klub sebesar Barca. Di mana tuntutan akan lebih tinggi ketimbang ketika ia masih menjabat sebagai entrenador Bilbao.

"Valverde adalah pilihan yang aman untuk Barcelona. Mereka memilih pelatih yang dapat mengatur apa yang mereka miliki, dan apa yang mereka miliki saat ini adalah tiga pemain depan yang sangat kuat, lini tengah yang perlu didaur ulang, dan beberapa pemain yang berusia 30 atau lebih, serta pertahanan yang membutuhkan seluruh tim untuk bekerja sama," ujar Ballague.

"Mereka belum pernah memiliki pelatih yang bisa membawa mereka ke hakikatnya Barca. Tapi lebih banyak pelatih yang bisa membuat mereka menang," terangnya.

"Barcelona sedang melakukan transisi. Sebab skuat yang sekarang bukan lagi tim yang diasuh Pep Guardiola. Luis Enrique telah menambah hal-hal baru. Dan saya pikir Valverde akan menambahkan lebih banyak hal-hal baru," lanjutnya.

Klik di sini: Indonesia Tuan Rumah Netral Kualifikasi Piala Asia U-19 dan U-16

Valverde memang pernah menjadi pemain Barca pada era 80-an. Ketika itu ia dilatih oleh Johan Cruyff dan berhasil memenangkan Copa del Rey dan Piala Winners. Ballague berharap serapan ilmu dari Cruyff bisa digunakannya ketika menjabat sebagai pelatih Barca.

"Dia kadang-kadang menggunakan dua gelandang bertahan, terkadang dia membiarkan tim bertahan dengan sangat dalam, jadi dia harus mengingat apa yang dia pelajari dari Johan Cruyff, sambil mempelajari permainan Barca sepeninggal Luis Enrique dan tentunya beradaptasi," terangnya.

Sementara itu, Ballague berpendapat kalau raksasa Catalan tersebut takkan begitu aktif di jendela transfer musim panas nanti. Paling tidak Valverde harus mencari tahu bagaimana bisa membuat Lionel Messi bahagia.

"Ini akan selalu mendominasi permainan, dan ini semua tentang membuat Messi bahagia dengan tim yang sangat kompetitif.

"Sangat penting siapa yang akan mereka boyong, mereka tidak akan menghabiskan banyak uang, karena mereka tidak punya. Tapi mereka butuh full back, gelandang, dan mungkin bek tengah," tutupnya.

Klik di sini: Garuda Jaya Juara di Barcelona Football Festival 2017

Valverde akan mulai melatih Barca dengan mengikuti ajang International Champions Cup di Amerika Serikat. Ada tiga klub berat yang akan dihadapi Blaugrana, yaitu Juventus (23/7), Manchester United (27/7), dan Real Madrid (30/7).

Sementara tantangan berat sebenarnya akan ia lakoni pada pertandingan resmi perdananya di Piala Super Spanyol. Pada laga tersebut Barca yang merupakan juara Copa Del Rey akan bertemu juara La Liga 2016--2017, Real Madrid 14 Agustus mendatang.

Akhir Perjalanan Totti
 


(ACF)

Juventus Menyerah Kejar Gelandang Liverpool
Bursa Transfer Pemain

Juventus Menyerah Kejar Gelandang Liverpool

1 day Ago

Juventus akhirnya menyatakan menyerah mengejar gelandang Liverpool Emre Can.…

BERITA LAINNYA
Video /