Jelang Barcelona vs Real Madrid

Prediksi Barcelona vs Real Madrid: Kombinasi Serangan Sayap Jadi Modal Blaugrana

Gregorius Gelino    •    06 Februari 2019 12:33 WIB
copa del rey
Prediksi Barcelona vs Real Madrid: Kombinasi Serangan Sayap Jadi Modal Blaugrana
Penyerang Barcelona, Luis Suarez (kiri), berduel dengan bek Real Madrid, Raphael Varane (AFP/Josep Lago)

Kedua tim sama-sama memanfaatkan serangan dari sisi lapangan. Namun, Barcelona mengandalkan umpan-umpan pendek dan Real Madrid lebih memanfaatkan umpan ke area yang ditinggalkan bek sayap Barcelona.

Barcelona
: Semifinal Copa del Rey menyajikan laga akbar di jagat sepak bola. Laga leg pertama yang akan digelar pada Kamis, 7 Februari, dini hari WIB nanti mempertemukan Barcelona dan Real Madrid dalam pertandingan bertajuk El Clasico jilid dua.

Meski hanya kompetisi kelas dua seperti Copa del Rey, bukan berarti intensitas pertandingan akan berkurang. El Clasico tetaplah El Clasico, dengan gengsi dan nama besar kedua tim menjadi taruhannya.

Pada El Clasico jilid satu yang digelar pada 28 Oktober lalu, Madrid luluh lantak di Camp Nou dengan skor telak 5-1. Hal itu berujung pada pemecatan Julen Lopetegui dari kursi kepelatihan Madrid.

Barcelona kemungkinan besar akan menerapkan skema yang sama, yaitu menekan ketika tidak memegang bola dan memanfaatkan penguasaan bola dengan kombinasi umpan pendek di sisi sayap dan umpan terobosan dari lini tengah untuk menembus lini pertahanan Madrid.

Bukan tugas yang mudah untuk mengalahkan Barca, namun bukan hal yang tidak mungkin juga untuk meraih kemenangan. Hal itu ditunjukkan oleh Real Betis yang menjadi satu-satunya tim musim ini yang berhasil memberikan kekalahan bagi Barca di markas sendiri dari total empat kekalahan musim ini di semua kompetisi.

Barcelona rentan ketika menghadapi serangan balik, terutama dari sisi sayap. Jordi Alba dan Sergi Roberto kerap naik membatu serangan, meninggalkan tiga pemain di lini belakang, dua bek tengah dan satu gelandang bertahan. 

Hal inilah yang harus dimanfaatkan Madrid. Apalagi Los Blancos memiliki pemain-pemain sayap yang mumpuni seperti Gareth Bale, Marco Asensio, Lucas Vazquez, hingga Vinicius Junior, sehingga skema serangan balik melalui sayap adalah hal yang bisa diterapkan.

Anak-anak asuh Santiago Solari juga sedang dalam tren positif dengan mengantongi lima kemenangan dalam lima pertandingan terakhir di semua kompetisi. Sementara Barca baru saja ditahan imbang oleh Valencia di liga.

Madrid harus menahan diri untuk tidak bermain terlalu terbuka dan memberikan ruang yang bisa dieksploitasi oleh Messi dan kawan-kawan. Bermain terbuka melawan Barcelona sama saja memberikan mereka keunggulan 1-0 sebelum pertandingan dimulai.

Head to head 5 pertandingan terakhir:
(28/10/2018) Barcelona 5-1 Real Madrid (La Liga Spanyol)
(06/05/2018) Barcelona 2-2 Real Madrid (La Liga Spanyol)
(23/12/2017) Real Madrid 0-3 Barcelona (La Liga Spanyol)
(16/08/2017) Real Madrid 2-0 Barcelona (Piala Super Spanyol)
(13/08/2017) Barcelona 1-3 Real Madrid (Piala Super Spanyol)

Prakiraan formasi:
Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Arthur Melo; Carles Alena, Luis Suarez, Philippe Coutinho

Real Madrid (4-3-3): Keylor Navas; Alvaro Odriozola, Raphael Varane, Sergio Ramos, Sergio Reguilon; Toni Kroos, Casemiro, Dani Ceballos; Gareth Bale, Mariano Diaz, Vinicius Junior

Prediksi Medcom.id:
Barcelona 55-45 Real Madrid

Video: Bhayangkara FC Tunjuk Alfredo Vera sebagai Pelatih Anyar

 


(ASM)