Timnas Spanyol

Enrique: Pique Bisa Menjadi Bagian Evolusi Sepak Bola Spanyol

Krisna Octavianus    •    19 Juli 2018 22:24 WIB
timnas spanyol
Enrique: Pique Bisa Menjadi Bagian Evolusi Sepak Bola Spanyol
Luis Enrique saat diperkenalkan oleh RFEF sebagai pelatih baru Spanyol. (Foto: AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU)

Madrid: Luis Enrique menjanjikan evolusi daripada revolusi dengan Spanyol. Dia kini berharap Gerard Pique akan menjadi bagian dari evolusi masa depan tim nasional.

Setelah cuti panjang selama setahun dari kursi kepelatihan, mantan bos Barcelona menerima kesempatan untuk mengambil alih La Roja menyusul kiprah di Piala Dunia yang mengecewakan.

Persiapan Spanyol terhambat setelah Julen Lopetegui dipecat karena menerima tawaran Real Madrid pada satu hari menjelang turnamen. Fernando Hierro kemudian harus mengambil alih tim dalam kondisi tidak kondusif. La Furia Roja pun tersingkir di babak 16 besar setelah kalah adu penalti dari Rusia.

"Batas antara kegagalan dan kesuksesan sangat tipis," kata Luis Enrique kepada media saat diperkenalkan sebagai pelatih baru Spanyol, Kamis (19/7/2018).

"Saya tahu bahwa manajer masa lalu sangat profesional, dan saya berterima kasih kepada mereka atas pekerjaan mereka dan semua orang yang berpengalaman yang mereka tinggalkan di sini," lanjutnya.

Kini, dia fokus pada evolusi dibanding revolusi. Salah satu kunci dia mengevolusi sepak bola Spanyol yakni dengan berharap Pique tidak mengikuti jejak Andres Iniesta yang pensiun.

"Sepak bola terus berevolusi, meskipun kami memiliki tim yang hebat, ada tiga turnamen tanpa mendapatkan trofi. Itu menunjukkan betapa sulitnya, dan situasinya sama ketika saya tiba di Barcelona," sambungnya.

"Idenya adalah untuk berevolusi, setelah Piala Dunia ini kita perlu membuat keputusan. Saya harus mendapatkan semua informasi yang saya bisa untuk membuat keputusan itu," ujar Enrique.

"Saya belum berbicara dengan pemain mana pun tetapi itu tidak berarti saya tidak akan melakukannya di masa depan. Saya pikir kita perlu menganalisis setiap kasus secara individual, saya ingin memiliki setiap pemain yang tersedia dan Pique membuktikan selama bertahun-tahun bahwa dia adalah pemain yang hebat."

"Kami akan mempelajari setiap kasus secara individual dan berbicara dengan mereka, setelah itu kami akan mencoba untuk memiliki pemain terbaik yang tersedia, juga jelas bahwa kami harus menghormati perasaan setiap pemain. Jadi, kami akan menghargai kasusnya," pungkasnya. (FFT)

 


(KRS)