Eks Wasit Profesional Bicara Gol Kontroversial Nacho ke Gawang Sevilla

Rendy Renuki H    •    15 Mei 2017 16:08 WIB
liga spanyolreal madrid 2016--2017
Eks Wasit Profesional Bicara Gol Kontroversial Nacho ke Gawang Sevilla
Nacho Fernandez (CESAR MANSO / AFP)

Metrotvnews.com, Madrid: Nacho Fernandez mencetak gol berbau kontroversi saat Real Madrid membantai Sevilla 4-1 di Santiago Bernabeu pada lanjutan La Liga, Senin 15 Mei. Gol pembuka kemenangan Los Blancos di menit ke-10 itu dicetak Nacho lewat eksekusi tendangan bebas di depan kotak penalti Sevilla.

Namun, yang membuat gol itu menjadi perdebatan adalah eksekusi Nacho tak menunggu wasit meniup peluit terlebih dahulu. Bek kiri Los Blancos itu langsung menendang bola ke gawang Sevilla sesaat setelah pelanggaran terhadap Marco Asensio.

Sontak para pemain Sevilla, termasuk kiper Sergio Rico yang sedang bersiap menunggu tendangan bebas hanya bisa terpaku. Sementara Nacho langsung berlari berselebrasi dengan para pemain Madrid lainnya ditengah kebingungan dan protes para penggawa Sevilla.

(Baca: Cukur Sevilla, Real Madrid Tempel Ketat Barcelona)


Biasanya, setelah seorang pemain dilanggar dan wasit memberikan tendangan bebas, sejumlah pemain tentunnya berdiri bersiap membentuk pagar betis dan lainnya. Namun, jika seorang wasit mengatakan jika bola bisa langsung ditendang (tendangan bebas langsung), tentu tak ada alasan bola tersebut tidak bisa dimainkan.

 

(Cuplikan gol Nacho Fernandez ke gawang Sevilla)

Hal itu pun dimanfaatkan Nahco untuk mengambil langsung tendangan bebas, sementara para pemain lain tak memperhatikan. Gol tersebut pun menurut para pakar lapangan hijau dinilai sah dan legal.


Mantan wasit profesional Spanyol, Andujar Oliver mengatakan kepada Marca jika gol tersebut sepenuhnya legal. Oliver yang menganalisis gol itu menilai jika Nacho telah membuat keputusan tepat meminta wasit untuk membuat tendangan bebas itu menjadi tendangan bebas langsung.

"Bola tidak bergerak saat Nacho mengambil tembakan tersebut. Oleh karena itu tindakan Nacho tersebut legal, dan Alberto Undiano (wasit di laga tersebut) benar dalam keputusannya membiarkan gol itu," terang Oliver.

Walau tak lazim terjadi, namun dalam sepak bola tendangan bebas langsung tetap dianggap sah. Tendangan bebas langsung biasanya akan dilakukan jika wasit memberi isyarat dengan menunjuk lurus ke gawang, dan bola boleh ditendang langsung. (SB Nation/Marca)

Video: Highlights La Liga Spanyol dan Liga Primer Inggris
 


(REN)

Final Liga Champions akan Digelar dalam Keadaan Atap Stadion Tertutup
Jelang Final LIga Champions 2016--2017

Final Liga Champions akan Digelar dalam Keadaan Atap Stadion Tertutup

1 day Ago

Untuk pertama kalinya laga final Liga Champions akan berlangsung dalam keadaan atap stadion ter…

BERITA LAINNYA
Video /