Jelang El Clasico

Penonton di Britania Raya Tak Dapat Saksikan Laga El Clasico

A. Firdaus    •    12 Oktober 2016 17:34 WIB
barcelona 2016--2017liga spanyolliga inggrisreal madrid 2016--2017el clasico
Penonton di Britania Raya Tak Dapat Saksikan Laga El Clasico
Laga El Clasico musim lalu (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, London: Para penggemar La Liga di Britania Raya tak dapat menonton laga perdana El Clasico, Barcelona kontra Real Madrid pada musim ini lewat layar kaca. Sebab waktu kick off El Clasico tersebut bertepatan dengan peraturan pemadaman televisi di Britania Raya.

Pertemuan antara Barcelona dan Real Madrid di Camp Nou bakal disiarkan di lebih dari 100 negara. Tetapi laga yang kerap menyajikan drama dan intrik itu takkan bisa disaksikan oleh penonton Britania.

Pertandingan El Clasico akan berlangsung pada Sabtu 3 Desember pukul 15:15 waktu Spanyol. Sedangkan pemadaman televisi di Britania terjadi pada hari yang sama antara pukul 14:45 hingga 17:15 sore waktu Inggris.

Pelarangan menonton pertandingan sepak bola di televisi telah diterapkan di Britania sejak 1960. Kesepakatan yang dicapai oleh FA, Liga Primer, dan Football League dalam beberapa dekade yang lalu menjadi upaya untuk mendorong para penggemar untuk menghadiri pertandingan langsung ke stadion.

Baca: Barcelona Tak Membiarkan Arda Turan Direbut Klub Tiongkok


Namun dalam beberapa tahun terakhir peraturan tersebut mulai dipertanyakan. Pada 2011, Mahkamah Kehakiman Eropa mengatakan tak ada bukti yang menunjukkan penghapusan peraturan tersebut berdampak negatif terhadap penonton.

Pada 2014, pemirsa Sky Sports harus kehilangan momen debut Luis Suarez membela Barca di ajang El Clascio selama 15 menit pertama. Sebab kick off terjadi pada pukul 17.00. Setahun sebelumnya, debut Gareth Bale bersama Real Madrid di El Clasico juga tak dapat ditonton secara penuh lantaran aturan tersebut.

Baca: Butuh Rp5,7 Triliun untuk Renovasi Santiago Bernabeu


Daily Mail berpendapat, pemilihan jadwal El Clasico yang berlangsung pada Sabtu sore merupakan bagian dari taktik yang disengaja oleh La Liga. Mereka bermaksud mengambil perhatian dari para penonton yang biasanya menyaksikan Liga Primer Inggris.

Berikut Peraturan Penghentian Siaran Langsung
Pada 1960, ketua Burnley FC, Bob Lord meyakinkan rekan-rekannya di Football League bahwa siaran langsung di televisi pada Sabtu sore akan memiliki efek negatif pada penonton dan mempengaruhi pendapatan keuangan.

Akibatnya, FA, Liga Primer dan Football League setuju untuk tidak menayangkan siaran langsung sepak bola dalam periode 14:45-17:15 (waktu setempat) pada hari Sabtu di Britania Raya.

Final Piala FA mendapat pengecualian karena disiarkan pada Sabtu pukul 15:00 (waktu setempat). Setelah itu jadwal digeser ke pukul 17:00 (waktu setempat) pada 2012.
(Daily Mail)

Video: Portugal Hajar Kepulauan Faroe 6 Gol Tanpa Balas
 


(HIL)

Video /