Kepindahan Neymar ke PSG

Kepindahan Neymar ke PSG Kejutkan Xavi

Krisna Octavianus    •    12 Agustus 2017 19:14 WIB
neymarbursa transfer pemain
Kepindahan Neymar ke PSG Kejutkan Xavi
Xavi (Foto: AFP/KARIM JAAFAR)

Metrotvnews.com, Qatar: Xavi Hernandez yakin sebelumnya tidak ada yang berpikir Neymar akan meninggalkan Barcelona untuk bergabung dengan Paris Saint-Germain.

Pemain internasional Brasil itu memastikan kepindahan ke Ligue 1 pekan lalu setelah PSG memecahkan rekor transfer dunia dengan mengaktifkan klausul pelepasan Neymar sebesar 222 juta euro (Rp3,5 triliun).

BACA: Musim Ini Jadi Ajang Pembuktian Emre Can

Xavi, yang pernah dua musim bermain bersama Neymar di Camp Nou, telah menggambarkan langkah tersebut sebagai sesuatu yang "aneh". Di sisi lain, dirinya tidak terkejut jika pendukung Azulgrana marah dengan transfer itu.

"Itu adalah keputusannya dan Anda harus menghormatinya. Ini adalah pilihan pribadi. Pemain saat ini pindah ke tempat yang paling mereka inginkan," ujar Xavi.

"Tapi tidak ada yang bisa membayangkan sebelumnya bahwa dia akan meninggalkan Barca. Ini aneh bahwa seorang pemain tidak ingin tinggal di Barca. Ini sangat jarang, sudah 17 tahun sejak Luis Figo pergi ke Real Madrid. Seperti Neymar, itu adalah pilihannya saat itu," lanjutnya.

"Saya tidak tahu bagaimana hal itu terjadi, jika ada pertemuan, percakapan. Ada banyak interpretasi dalam transfer ini. Saya mengerti fans Barca kecewa karena Neymar tidak memberikan penjelasan. Dia meninggalkan Barca tanpa konferensi pers atau apapun. Tapi, ya begitulah adanya," sambungnya.

"Kami akan melihat apa yang bisa dia berikan kepada PSG, yang saya yakin adalah bahwa Barca tidak mengharapkan sebuah klub membayar klausul pelepasan 222 juta euro. Sekarang mereka harus mengatur uang itu," katanya.

Barca telah dikaitkan dengan tawaran untuk Ousmane Dembele dari Borussia Dortmund untuk menggantikan Neymar, dengan klub Bundesliga tersebut dilaporkan bertahan dengan jumlah  150 juta euro (Rp2,3 triliun) untuk pemain berusia 20 tahun itu.

BACA: Ronaldo Fit untuk Laga Kontra Barcelona

Xavi yakin dia akan menjadi penandatanganan cerdas untuk Ernesto Valverde, asalkan dia bisa mengatasi tekanan di klub asal Catalan itu.

"Dia pemain serbaguna dengan kualitas fisik dan teknis yang baik, ditambah dia sangat cepat," kata pemain berusia 38 tahun itu.

"Dia masih berusia 20 tahun, yang berarti dua hal: dia memiliki seluruh masa depannya di depannya tapi dia harus menunjukkan bahwa dia memiliki kekuatan mental untuk klub yang menuntut seperti Barca. Pemain bagus saat ini bernilai miliaran," pungkasnya.

 


(KRS)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

3 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /