Jelang Barcelona vs Olympiakos

Romantisme Ernesto Valverde dengan Olympiakos

Gregah Nurikhsani Estuning    •    18 Oktober 2017 18:36 WIB
liga championsbarcelona 2017--2018liga champions 2017--2018
Romantisme Ernesto Valverde dengan Olympiakos
Ernesto Valverde, pelatih Barcelona yang sempat kecap manisnya sukses bersama Olympiakos. (Foto: AP Photo/Manu Fernandez)

Metrotvnews.com, Jakarta: Perasaan campur aduk jelas dirasakan oleh Ernesto Valverde, pelatih kepala Barcelona jelang laga kontra Olympiakos. Klub asal Yunani itu pernah menjadi bagian terpenting Valverde sepanjang kariernya sebagai pelatih.

Gantung sepatu di Real Mallorca pada tahun 1997, Valverde kemudian menjajal kepiawaiannya di kursi kepelatihan sebagai asisten pelatih Athletic Bilbao tahun 2001. Dua tahun berselang, ia akhirnya dipercaya menjadi pelatih kepala di sana.

Tahun 2008, setelah sebelumnya mencoba peruntungan sebagai pelatih Espanyol, Olympiakos resmi merekrutnya. Ia meraih kesuksesan di tahun pertamanya dan dielu-elukan sebagai pahlawan bagi suporter The Thrylos, julukan Olympiakos.

Baca: Prediksi Barcelona vs Olympiakos: Teruskan Start Sempurna

"Saya tidak tahu mengapa suporter Olympiakos begitu menyukai saya, tapi kami memang memenangi banyak gelar. Selain itu saya memang diperlakukan sangat baik oleh warga Yunani," kata Valverde di konferensi pers jelang Barcelona kontra Olympiakos.

"Saya meninggalkan cuilan hati yang besar di sana," tambah Valverde lagi.

Debut Ajaib Valverde di Negeri Para Dewa

Wajar jika Valverde begitu disayang Olympiacos. Meski cuma seumur jagung saja menangani peraih juara Liga Yunani sebanyak 44 kali, banyak kenangan manis yang tersaji di bawah pengaruhnya.

Di musim perdananya bersama Olympiakos, tepatnya musim 2008--2009, ia langsung memberikan gelar juara liga. Tak hanya itu saja, Valverde juga mengawinkan gelar tersebut dengan trofi Piala Liga.

Sayang, di akhir musim, prahara terjadi karena manajemen tim memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya. Menurut beberapa media di Yunani, Valverde tidak sepaham soal gaji. Padalah banyak pihak menilai wajar jika Valverde meminta kenaikan bayaran.

Baca: Jumpa Celtic, Rodriguez Tidak Masuk Pilihan Utama Heynckes

Ia lantas menangani Villarreal di musim berikutnya, tapi langsung dipecat di pertengahan musim 2009--2010 karena gagal membawa The Yellow Submarine ke papan atas klasemen La Liga.

Bisa ditebak, Valverde kembali ke Yunani, diangkat kembali menjadi pelatih kepala Olympiakos musim 2010--2011. Sama seperti kesempatan sebelumnya, ia sukses berikan gelar juara liga meski urung persembahkan trofi Piala Liga Yunani.

Jalan-jalan di Athena riuh menyambut gelar liga ketiga yang disumbangkan Valverde di musim 2011--2012, diikuti dengan gelar Piala Liga di musim yang sama. Total, tiga gelar juara liga dari tiga musim bersama Olympiakos, serta tambahan dua trofi Piala Liga disumbangkan Valverde sepanjang kariernya.

Hurtado: Valverde Dianggap Dewa oleh Fans Olympiakos

Dengan lima gelar yang diberikan Valverde dalam tiga musim, fans Olympiakos begitu memuja klub asal Yunani tersebut. Moises Hurtado tahu betul akan hal itu.

Hurtado merupakan mantan anak asuh Valverde di Olympiakos. Ia menceritakan banyak bagaimana suporter sangat menghormati dan mencintai eks pelatih kepala Balencia tersebut.

"Dia (Valverde) menangani Olympiakos dalam dua kesempatan, satu di antaranya berlangsung dua musim berturut-turut. Sempat ogah perpanjang kontrak, presiden klub sampai terbang menggunakan helikopter menyeberang ke Spanyol untuk meyakinkan Valverde," buka Hurtado kepada Marca.

Baca: Bakal Mainkan Laga ke-100 di Liga Champions, Robben Tuai Pujian

"Dia memenangi banyak gelar, gaya bermain yang diusungnya sungguh berwarna, sangat menyerang, semua orang menyukainya."

Hurtado juga menceritakan jika warga Athena menyukai kepribadian Valverde. Ia sampai mengatakan bahwa Valverde sudah dianggap sebagai dewa bagi publik Olympiakos.

"Ernesto (Valverde) adalah figur penting di sana, dia adalah dewa," tandas Hurtado lagi.

Video: ?PSSI Diminta Investigasi Pertolongan Pertama Choirul Huda
 


Daftar Klub yang Lolos ke 16 Besar Liga Champions 2017 -- 2018
Liga Champions 2017 -- 2018

Daftar Klub yang Lolos ke 16 Besar Liga Champions 2017 -- 2018

56 minutes Ago

Matchday kelima Grup A - H Liga Champions 2017 - -2018 sudah selesai dihelat. Beberapa tim sud…

BERITA LAINNYA
Video /