Timnas Indonesia U-16

Menanti Gebrakan Timnas U-16

Alfa Mandalika    •    12 Juni 2017 14:09 WIB
timnas indonesia
Menanti Gebrakan Timnas U-16
Timnas Indonesia U-16. (Foto: Ant/Andreas Fitri Atmoko)

Metrotvnews.com: Timnas Indonesia terus berbenah dan bersiap diri demi mengikuti kejuaraan AFF yang sudah di depan mata. Serangkaian uji coba juga sudah dilakoni oleh pesepak bola terbaik Tanah Air.

Dari kelompok senior, bersama pelatih Luis Milla, Indonesia U-22 terus mematangkan komposisi terbaik. Terakhir, mereka berhadapan dengan timnas Kamboja. Dengan membawa lima pemain senior, tim Garuda unggul 2-0.

Selain tim senior, ada juga timnas U-19 yang tak ketinggalan melakukan uji tanding. Bahkan, tim polesan Indra Sjafri sudah mengikuti turnamen resmi bertajuk Toulon Cup di Prancis. Terlepas hasil yang diraih kurang maksimal, setidaknya coach Indra bisa mendapatkan pelajaran berharga menghadapi Brasil, Rep. Ceko, dan Skotlandia.

Selain dua timnas di atas, timnas U-16 juga bergerak. Menariknya, kinerja tim arahan Fakhri Husaini mendapatkan respons positif.

Baca: Kunci Timnas U-16 Tampil Impresif saat Hadapi Singapura


Bagaimana tidak. Meski sempat menelan kekalahan dari PSS Sleman U-17, Indonesia U-16 tampil menggila saat menghadapi Singapura U-16. 

Tidak tanggung-tanggung, Brylian Aldama dan kolega menghempaskan Singapura dengan skor 4-0 di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi, Jawa Barat. Ketika itu, permainan timnas U-16 sangat impresif dan agresif. Pergerakan bola dari kaki ke kaki juga enak untuk ditonton.

Cara mereka mencetak gol juga patut diacungi jempol. Selain punya visi mencetak gol yang baik, pergerakan sisi sayap dan lini tengah juga sama baiknya. Alhasil, mereka sukses mencetak empat gol ke gawang Singapura.

Fakhri pun tak bisa menyembunyikan rasa bangganya. Ia menilai fisik pemain terus menunjukkan peningkatan. Meski berlatih di bulan Ramadan, mereka tetap tampil bugar.

"Saya melihat dalam kondisi seperti ini, pemain masih bisa tampil dengan tempo permainan yang cukup tinggi. Saya harus berikan apresiasi kepada mereka," kata Fakhri usai menyudahi perlawanan Singapura.

Selain Fakhri, ketua umum PSSI, Edy Rahmayadi juga memberikan pujiannya kepada timnas U-16.

"Kami melihat sendiri anak-anak memiliki peningkatan cukup signifikan. Hari ke hari, mereka semakin mengerti walaupun perlu ada perbaikan," ujar Edy.

Salah satu bek timnas U-16, Fadilah Nur Rahman mengungkapkan, kunci sukses skuatnya mengalahkan Singapura ialah kepercayaan diri serta saling respek antarpemain.

Baca: Fakhri Husaini Kagum dengan Agresivitas Timnas U-16


"Yang membuat kami tampil semangat adalah kepercayaan antara rekan-rekan setim. Kami saling menghargai dan respek. Ini yang sudah diajarkan pelatih Fakhri," ungkap Fadilah.

"Kami dari timnas U-16 cukup bangga dengan kemenangan ini. Ini menjadi awal pelajaran bagi kami," sambungnya.

Memang, sepanjang melakoni uji coba, timnas U-16 memperlihatkan permainan menawan. Terutama, pada lini depan. Buktinya, timnas U-16 menang atas PPLP Riau (4-2), tim seleksi Gothia Cup (3-0), Villa 2000 U-17 (5-2), PPLP DKI Jakarta (1-0), dan Tim Pelajar Kemenpora (5-1), dan Singapura (4-0).

Modal kemenangan tersebut bisa dimanfaatkan jelang menghadapi Turnamen Sepak Bola Internasional U-15 Piala Tien Phong 2017, 14-18 Juni. Ajang yang digagas oleh Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) mempertemukan Vietnam U-15, Taiwan U-15, dan Myanmar U-15 serta Indonesia yang dihuni pemain U-15.

Selanjutnya, turnamen yang lebih sengit akan tersaji di Piala AFF U-15 pada 9-22 Juli di Thailand, dan melakoni kualifikasi Piala Asia U-16 pada 16-24 September.

Selamat berjuang, timnas U-16!

Video: Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa Grup F
 


(ASM)

Hazard dan Morata, Ancaman Besar untuk Barcelona
Barcelona 2017--2018

Hazard dan Morata, Ancaman Besar untuk Barcelona

1 hour Ago

Meski Chelsea tampil kurang memuaskan, pelatih Barcelona Ernesto Valverde tetap mewaspadai keku…

BERITA LAINNYA
Video /