Timnas Argentina

Ada Apa dengan Argentina?

Alfa Mandalika    •    06 Oktober 2017 13:18 WIB
kualifikasi piala dunia 2018
Ada Apa dengan Argentina?
Ekspresi sejumlah penggawa Argentina usai ditahan imbang 0-0 kontra Peru. (Foto: AFP/Eitan Abramovich)

Metrotvnews.com, Jakarta: Timnas Argentina gagal meraih kemenangan di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan (CONMEBOL). Pada laga tadi pagi WIB, Tim Tango hanya bermain imbang 0-0 melawan Peru.

Berdasarkan catatan Soccerway, terakhir kali Argentina menang di Kualifikasi Piala Dunia pada 24 Maret 2017. Kala itu, Argentina mengalahkan Cile dengan skor tipis 1-0.

Setelah itu, praktis Argentina tak pernah menang. Catatannya, Argentina menelan sekali kekalahan dan tiga kali hasil imbang. Bagi tim sekaliber Argentina, tentu hasil itu patut dipertanyakan.

Menilik kekuatan tim, Argentina bisa dibilang memiliki pemain-pemain berkualitas di atas rata-rata. Hampir sebagian besar, penggawa yang memperkuat Argentina membela klub-klub top Eropa.

Namun, fakta di lapangan, keunggulan tersebut tidak bisa diramu dengan apik oleh pelatih Jorge Sampaoli. Eks pelatih Sevilla itu seperti kesulitan membentuk formasi yang pas untuk Argentina.

Imbas dari hasil minor yang diterima, nasib Argentina kini di ujung tanduk untuk tampil di Piala Dunia 2018. Saat ini, mereka hanya bertengger di posisi keenam dengan raihan 25 poin. 

Baca: Argentina di Ujung Tanduk Lolos Piala Dunia


Lionel Messi dkk harus bersaing dengan empat tim untuk lolos otomatis ke Piala Dunia. Sebab, jarak dari posisi ketiga sampai keenam hanya terpaut satu dan dua poin.

Meski begitu, pelatih Sampaoli tetap optimistis skuatnya bisa menembus Piala Dunia 2018.

"Saya yakin kami masih bisa tampil di Piala Dunia," kata Sampaoli seperti dikutip Soccerway, Jumat (6/10/2017).

Baca: Argentina Menolak Menyerah


Peran Lionel Messi Kurang Maksimal
Lionel Messi masih menjadi andalan Argentina. Namun, perannya masih minim apabila melihat produktivitas gol La Pulga sepanjang Kualifikasi Piala Dunia 2018. 

Dari empat pertandingan terakhir, Messi urung mencetak gol. Terakhir kali Messi mencetak gol saat Argentina menang pada Maret silam atas Cile.

Mirisnya, jumlah gol yang dihasilkan Argentina tidak signifikan. Setidaknya dari 17 pertandingan yang dilakoni, Argentina hanya melesakkan 16 gol atau kedua paling sedikit dari Bolivia yang menorehkan 14 gol sepanjang kualifikasi.

Messi yang biasanya tampil luar biasa bahkan tidak berada dalam daftar top skorer sementara. Saat ini, justru Edinson Cavani, Felipe Cacicedo, Neymar Da Silva, Alexis Sanchez, dan Arturo Vidal yang mendominasi pimpinan top skorer kualifikasi zona CONMEBOL.

Keadaan itu berbanding terbalik dengan catatan Messi di La Liga Spanyol. Baru tujuh jornada berjalan, La Pulga menjadi top skorer sementara dengan raihan 11 gol atau unggul lima gol dari pesaing terdekat Simone Zaza.

Hal ini mengindikasikan bahwa Messi sulit beradaptasi dengan Argentina. Atau bisa muncul pertanyaan, apakah Messi bermain dengan sepenuh hati di Argentina? entahlah, jawabannya hanya Messi yang tahu.

Apabila Argentina gagal meraih kemenangan pada laga terakhir melawan Ekuador, maka Argentina dipastikan absen dari pentas Piala Dunia. Terakhir kali Argentina gagal ke Piala Dunia terjadi pada 1970. 

Akankah memori kelam 47 tahun silam diulangi Argentina? 

Video: Pemain Muda Unjuk Gigi di Timnas Senior


(ASM)

Prediksi Benfica vs Man United: Awas Ancaman Tuan Rumah!
Jelang Benfica vs Manchester United

Prediksi Benfica vs Man United: Awas Ancaman Tuan Rumah!

19 minutes Ago

Manchester United akan menghadapi Benfica pada matchday ketiga Liga Champions 2017 -- 201…

BERITA LAINNYA
Video /