PS TNI vs Persija

Jakmania, Pakansari, dan Kebangkitan Persija

K. Yudha Wirakusuma    •    15 Oktober 2016 11:26 WIB
persija
Jakmania, Pakansari, dan Kebangkitan Persija
Pesepak bola Persija Jakarta Soonhak Hong (tengah) berebut bola dengan pesepak bola PS-TNI Wanda Syahputra (kiri) di Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat, Jumat (14/10). (Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Metrotvnews.com, Bogor: "Prang....." bunyi pecahan kaca bus sentak menjadi perhatian para penumpang. Penyebabnya, batu berukuran sedang yang dilemparkan sekelompok pemuda di Jalan sekitaran Stadion Pekansari, Bogor, Jawa Barat. 

Beberapa batu melayang memecahkan beberapa bus rombongan pendukung Persija Jakarta yang hendak menyaksikan laga PS TNI dan Persija Jakarta, sore tadi, Jumat (14/10/2016).

Sementara itu, puluhan pemuda melakukan aksi provokasi dengan membawa senjata tajam dan batu.‎ Rombongan Jakmania turun dari bus dan meminta agar puluhan remaja untuk menghentikan aksi pelemparan batu.

Bukan berhenti, puluhan pemuda tersebut malah semakin beringas. Puluhan batu melayang ke arah bus dan pendukung Macan Kemayoran.

BACA: Persija Curi Poin di Kandang PS TNI


"Kami satu jiwa, kami satu cinta, kami satu cita Persija. Demi kemenangan demi kejayaan, demi kesatuan Persija," pekik ribuan Jakmania tanpa mengenakan atribut yang bernyanyi di tengah jalan. 

Tak lama ribuan Jakmania mengejar para pemuda tersebut. Kalah jumlah, puluhan pemuda tersebut kocar-kacir menyelamatkan diri. 

Kemudian ‎polisi dengan tameng dan pentungan datang ke lokasi kejadian. Ribuan Jakmania kemudian diarahkan untuk melanjutkan perjalanan menuju Stadion Pakansari dengan berjalan kaki.


(Bus The Jakmania yang dilempari oleh oknum. Foto MTVN)

Di dalam Stadion Pakansari

Sementara di Stadion Pakansari, puluhan ribu Jakmania sudah memadati tribun. Sekitar 26 ribu Jakmania menyaksikan laga PS TNI versus Persija Jakarta. 

"Jumlah penonton saat ini berjumlah ‎26185. Terima kasih telah menjaga ketertiban dan keamanan di Stadion Pakansari," kata salah satu pembawa acara dengan pengeras suara.

Praktis hanya VIP dan VVIP saja ‎yang tidak diisi oleh Jakmania. Puluhan ribu Jakmania tak henti-hentinya melakukan atraksi.

"Ini tandang, rasa kandang," ucap Ilham salah satu Jakmania Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Kebangkitan Persija

Ribuan pendukung Persija sempat terdiam, saat Suhandi melesakan gol melalui tendangan kerasnya di menit ke 49. Sebelum mencetak gol, Suhandi mempu melewati hadangan dua bek Macan Kemayoran. 

Di babak kedua, Persija mulai bangkit. Aliran bola dari kaki ke kaki mulai dipraktekan anak-anak Ibu Kota ini. 

Alhasil gol pun tercipta melalui tandukan Greg ‎Nwokolo pada menit 62, memanfaatkan umpan manis Ismed Sofyan. Kemenangan untuk Persija kemudian datang di akhir pertandingan. Adalah Gunawan Dwi Cahyo ‎yang menjadi pahlawan kemenangan Persija. Dia mempu melesakan sontekan ke gawang PS TNI pada menit ke-90.

Kemenangan Persija, membuat peringkatnya naik ke posisi 13 klasemen sementara. Kemenangan ini, adalah kemenangan ketiga kalinya, setelah Persija berhasil mengalahkan Barito Putera dengan skor 3-2 dan mengalahkan Perseru Serui dengan skor 2-1.

Sebelumnya, Persija selalu gagal meraup poin penuh dalam 14 laga‎.


(KRS)

Tiga Pemain Indonesia Masuk Skuat Terbaik Semifinal Piala AFF
Indonesia menuju juara Piala AFF 2016

Tiga Pemain Indonesia Masuk Skuat Terbaik Semifinal Piala AFF

8 minutes Ago

Tiga pemain timnas Indonesia masuk dalam skuat terbaik semifinal Piala AFF.…

BERITA LAINNYA
Video /