Timnas Wanita U-15

Mengenal Jasmine Sefia, Penggawa Termuda Timnas Wanita U-15

Krisna Octavianus    •    05 Mei 2017 13:08 WIB
timnas indonesia
Mengenal Jasmine Sefia, Penggawa Termuda Timnas Wanita U-15
Jasmine Sefia Waynie Cahyono. (Foto: Metrotvnews.com/ Krisna Octavianus)

Metrotvnews.com, Jakarta: Usianya memang masih 11 tahun, perawakannya sangat kecil dibanding rekan-rekan setimnya di tim nasional wanita Indonesia U-15. Akan tetapi, ia berani berduel dengan kakak-kakaknya yang punya postur lebih besar dibanding dirinya.

Ia adalah Jasmine Sefia Waynie Cahyono, bocah cilik asal Jawa Timur. Ia adalah pemain termuda yang bergabung di timnas wanita Indonesia U-15 yang dipersiapkan untuk ajang Piala AFF Wanita U-15 di Laos pada 8-20 Mei 2017.

Pergerakannya tidak seperti anak seumurannya yang biasa lari-lari tidak jelas hanya mengejar bola. Olah bolanya cerdas dan fokus dengan permainan. Itu yang bisa dilihat pada kesan pertama setelah Jasmine beraksi melahap latihan di Lapangan Gelora Sunter, Jakarta Utara pada Kamis 4 Mei pagi WIB.

Tidak ada yang menyangka, usianya masih 11 tahun dan harus bersaing dengan rekan satu tim yang sudah berusia 13-14 tahun. Ia juga tampak tidak gentar dan terus berduel dengan rekan-rekannya untuk merebut bola. Di saat teman sebayanya fokus sekolah dan asyik bermain, ia malah sudah mempersiapkan diri untuk mengharumkan nama bangsa. 

Baca: Cerita Rully Nere Ketika Membentuk Timnas Wanita U-15


Ia tidak peduli dengan panasnya lapangan yang membuat kulitnya sedikit menghitam. Mungkin kalau dilihat dari depan, Yasmine seperti laki-laki. Akan tetapi, jika kita lihat dari belakang, ia bisa dipastikan wanita karena rambut yang dikuncir.

Perkenalannya dengan sepak bola cukup prematur, yakni saat masih duduk di bangku taman kanak-kanak. Ia mengaku diperkenalkan dengan sepak bola oleh ayahnya yang merupakan atlet di kampungnya.

"Papa saya pemain sepak bola di kampung, di Jawa Timur. Saya diperkenalkan dengan sepak bola oleh papa saya dan saya diajak main sepak bola dari saya taman kanak-kanak," ungkap Jasmine dengan nada yang medok khas Jawa Timur kepada Metrotvnews.com, Kamis (4/5/2017).

Jasmine tampak enjoy mengikuti latihan pada Kamis 4 Mei. Diakuinya sendiri, ia adalah tipe pemain versatile atau pemain yang bisa melakoni banyak posisi. Akan tetapi, ia fokus sebagai gelandang atau striker dalam tim ini. 

Meski menjadi member paling muda dalam tim ini, ia ternyata adalah pemain inti timnas wanita U-15. Itu diketahui setelah melalui obrolan dengan pelatih Rully Nere yang bertanggung jawab penuh pada tim ini. Pelatih asal Papua itu memperkenalkan Jasmine dengan bangga sebagai pemain inti.

Baca: Misi Rully Nere untuk Menghidupkan Timnas Wanita


Dirinya senang bisa bergabung di timnas wanita U-15. Cerita awal ia bisa masuk tim ketika mengikuti ajang Piala Pertiwi Nusantara di Jepara awal tahun ini. Penampilannya langsung memikat Rully Nere yang langsung mengajaknya untuk bergabung setelah turnamen tersebut selesai.

"Senang dan saya tidak takut bersaing dengan pemain lain di tim ini. Awalnya bisa terpilih karena ikut Piala Pertiwi Nusantara bersama tim Jawa Timur dan coach Rully Nere langsung menelpon saya untuk ikut ajak bergabung ke tim ini," kata Jasmine.

Anak kedua dari lima bersaudara ini juga sudah siap untuk membawa harum nama bangsa Indonesia di Laos. Ia sadar badannya yang kecil mungkin akan menjadi "santapan empuk" lawan-lawannya. Akan tetapi, dengan tegas ia menyatakan bahwa dirinya berani menerima tantangan itu.

"Saya berani dan engga takut melawan pemain yang lebih besar dari saya," tegas Jasmine yang masuk Sekola Sepak Bola (SSB) Pandai Emas di Jawa Timur.

Dari 21 nama yang sekarang melakoni pemusatan latihan di Sunter, Rully Nere akan mengeliminasi satu orang untuk nantinya dibawa ke Laos. Jika tidak ada aral melintang, nama Jasmine akan aman karena coach Rully sudah memproklamirkan bahwa Jasmine adalah pemain inti timnas wanita U-15. Wajar saja, coach Rully pasti punya alasan membawa pemain berusia 11 tahun masuk dalam tim ini. Bisa dipastikan karena skill-nya yang luar biasa. 

Selamat berjuang Jasmine, harumkan nama Indonesia...

Video: Garis Akhir Sang Legenda AS Roma



(ASM)

Hadapi City, Napoli Diminta Istirahatkan Bintang
Jelang Manchester City vs Napoli

Hadapi City, Napoli Diminta Istirahatkan Bintang

10 hours Ago

Meski laga melawan City menjadi pertarungan penting, Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis just…

BERITA LAINNYA
Video /