Jelang Liga Primer Inggris 2017--2018

Peta Persaingan Liga Primer Inggris 2017 -- 2018

Alfa Mandalika    •    10 Agustus 2017 16:25 WIB
liga inggris
Peta Persaingan Liga Primer Inggris 2017 -- 2018
Foto: Ist

GONG Liga Primer Inggris 2017 -- 2018 dua hari gelar bakal dihelat. Sejumlah klub sudah mempersiapkan diri dengan maksimal demi prestasi terbaik.

Rata-rata klub Liga Primer Inggris mendatangkan pemain anyar. Mereka sadar, bahwa dengan kekuatan baru bisa berpeluang prestasi tertinggi.

Sang juara bertahan, Chelsea juga sudah melakukan pembelian pemain. Alvaro Morata, Tiemoue Bakayoko, Willly Caballero, dan Antonio Ruediger merupakan nama-nama yang didatangkan Antonio Conte ke Stamford Bridge.

Akan tetapi, Conte juga melepas pemain seperti Nemanja Matic. Uniknya, Matic dilepas ke klub pesaing yakni Manchester United. Selain itu, ikon sekaligus kapten klub, John Terry takkan lagi bersama Chelsea. Terry dilepas ke Aston Villa.

Selain Chelsea, Manchester City juga turut membeli pemain anyar. Bahkan, transfer The Citizens menjadi klub paling boros pada bursa transfer pemain. Nama-nama seperti Bernardo Silva dan Benjamin Mendy (Monaco), Ederson (Benfica), Kyle Walker (Tottenham Hotspur), dan Danilo (Real Madrid) diboyong Josep Guardiola ke Stadion Etihad. 

Selain kedua klub di atas, sejumlah klub juga melakukan pembelian signifikan. Manchester United, Arsenal, Liverpool dan Tottenham Hotspur bakal meramaikan persaingan merebut juara Liga Primer Inggris.

Baca: Kandidat Juara Liga Primer Inggris 2017 -- 2018: Manchester United


Chelsea
Dipimpin oleh Antonio Conte, Chelsea menjadi tim yang paling disegani di Liga Primer Inggris. Buktinya, pada musim lalu, The Blues berhasil meraih gelar juara. Conte yang berstatus sebagai pendatang baru di Inggris, tak gentar menghadapi nama - nama besar seperti Jose Mourinho, Josep Guardiola, Juergen Klopp, dan Arsene Wenger. Dia tetap konsisten membawa skuatnya tampil impresif sampai akhir musim.

Kini, tantangan Chelsea dipastikan takkan mudah. Apalagi, Chelsea akan mengikuti Liga Champions. Apabila tidak pintar-pintar merotasi pemain maka sudah dipastikan Chelsea bisa kedodoran dan bisa dimanfaatkan oleh klub lain.

Pemain kunci:
Alvaro Morata

Statistik musim lalu:
Liga Primer Inggris: Juara
Menang: 30 kali
Seri: 3 kali
Kalah: 5 kali
Jumlah gol: 85
Gol kemasukan: 33
Total poin: 93 poin

Tottenham Hotspur
Salah satu klub yang menjadi ancaman tim-tim langganan juara ialah Tottenham Hotspur. Bersama pelatih Mauricio Pochettino, Spurs menjelma menjadi tim dengan permainan kolektivitas yang oke. Sehingga, Spurs mampu finis di posisi kedua musim lalu.

Berdasarkan data transfermarkt, Spurs belum melakukan belanja pemain. Justru, mereka melepas pemain yang ada. Sebut saja Kyle Walker, Nabil Bentaleb, Clinton N'Jie, dan Federico Fazio adalah nama-nama yang dilego oleh Spurs. Kendati demikian, Spurs tetap menjadi salah satu klub yang berpeluang meraih juara.

Pemain kunci:
Hary Kane

Statistik musim lalu:
Liga Primer Inggris: Peringkat kedua
Menang: 26 kali
Seri: 8 kali
Kalah: 4 kali
Jumlah gol: 86
Gol kemasukan: 26
Total poin: 86

Baca: Kandidat Juara Liga Primer Inggris 2017 -- 2018: Arsenal


Manchester City
Musim ini, City sudah mempersiapkan sejumlah pemain terbaik. Josep Guardiola tak ragu melepas 10 pemain pada musim ini. 

Sebagai gantinya, ia kemudian memasukkan lima pemain anyar. Sebut saja, Bernardo Silva dan Benjamin Mendy (Monaco), Ederson (Benfica), Kyle Walker (Tottenham Hotspur), dan Danilo (Real Madrid). Dengan pembelian ini, City dinobatkan sebagai klub Inggris terboros lantaran menghabiskan anggaran sebesar Rp3,5 triliun.

Dengan menghadirkan pemain-pemain di atas, rasanya City sulit untuk bersaing. Setidaknya, mereka harus mendatangkan pemain pembeda untuk mengubah keadaan.

Pemain kunci:
Sergio Aguero

Statistik musim lalu:
Liga Primer Inggris: Peringkat ketiga
Menang: 23 kali
Seri: 9 kali
Kalah: 6 kali
Jumlah gol: 80
Gol kemasukan: 39
Total poin: 78 poin

Liverpool
Liverpool menyambut musim baru dengan optimistis. Setidaknya terlihat dari laga uji coba yang mereka lakoni. Dari sembilan laga pramusim yang digelar, Liverpool hanya kalah sekali dan sisanya selalu menang.

Tren positif pada sesi pramusim ditandai dengan direbutnya gelar Trofi Liga Primer Asia. Saat itu, Liverpool keluar sebagai juara setelah mengalahkan Leicester City, West Bromwich Albion, dan Crystal Palace. 

Pemain kunci:
Mohamed Salah

Statistik musim lalu:
Liga Primer Inggris: Peringkat keempat
Menang: 22
Seri: 10
Kalah: 6
Jumlah gol: 78
Gol kemasukan: 42
Total poin: 76 poin

Arsenal
Arsenal menatap musim baru dengan transfer pemain yang tidak terlalu mencolok. Mereka tercatat baru membawa dua pemain yakni Alexandrea Lacazette dan Sead Kolasinac. Lacazette didatangkan dari Olympique Lyonnais, sedangkan Kolasinac direkrut dari Schalke 04.

Kehadiran dua penggawa anyar itu diharapkan bisa menambah kekuatan The Gunners. Hal tersebut sangat dibutuhkan Arsenal, terutama menjelang pertengahan musim ini. Sebab, jika berkaca pada musim-musim sebelumnya, performa Arsenal kerap mengendur pada pertengahan musim. Hal itu bisa terjadi karena mereka selalu kehabisan stok pemain. Ditambah lagi, mereka akan menghadapi tiga kompetisi lain seperti Liga Europa, Piala FA, Piala Liga Inggris.

Pemain kunci:
Olivier Giroud

Statistik musim lalu:
Liga Primer Inggris: Peringkat kelima
Menang: 23
Seri: 6
Kalah: 9
Jumlah gol: 77
Gol Kemasukan: 44
Total Nilai: 75 poin

Manchester United
Kegagalan di Piala Super Eropa 2017 tampaknya tidak disesali oleh skuat Manchester United. Manajer Jose Mourinho bahkan menganggap anak asuhnya sudah bermain maksimal saat bersua Real Madrid.

"Kami memainkan tim yang penuh dengan pemain fantastis. Kami memberikan perlawanan, saya punya alasan untuk tetap optimistis dan bangga. Ayo bersiap untuk laga akhir pekan ini di Liga Primer Inggris," seru Mourinho saat jumpa pers usai berlaga di Piala Super Eropa.

United juga sudah mendatangkan tiga pemain anyar yakni bek Victor Lindelof, gelandang Nemanja Matic, dan striker Romelu Lukaku. Ketiganya sudah mulai diturunkan bersama saat melawan Real Madrid. Kini, Mourinho tinggal mencari formasi yang pas agar semua pemain yang ada bisa tampil maksimal.

Pemain kunci:
Romelu Lukaku

Statistik musim lalu:
Liga Primer Inggris: Peringkat keenam
Menang: 18
Seri: 15
Kalah: 5
Jumlah gol: 54
Gol kemasukan: 29
Total nilai: 69

Video: Para Pelatih Ikuti Rapat Jelang Liga Primer Inggris



(ASM)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

3 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /