16 Besar Liga Champions 2017 -- 2018

5 Klub Inggris tak Terkalahkan, Bagaimana Peluang ke Perempat Final?

Alfa Mandalika    •    22 Februari 2018 14:11 WIB
liga champions 2017--2018
5 Klub Inggris tak Terkalahkan, Bagaimana Peluang ke Perempat Final?
Foto: Ist

Jakarta: Leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018 sudah selesai dihelat. Menariknya, lima wakil klub Inggris tidak mengalami kekalahan.

Lima klub yang masih bertahan ialah Tottenham Hotspur, Manchester City, Liverpool, Chelsea, dan Manchester United. Musim ini bisa dibilang klub Inggris berpeluang juara Liga Champions. Apalagi, jika kelima klub tersebut tampil mulus pada leg kedua dan lolos ke perempat final.

Sebelum kita menyaksikan leg kedua yang akan berlangsung pertengahan Maret nanti, mari kita melihat kekuatan dan bagaimana potensi klub-klub tersebut ke perempat final.

Tottenham Hotspur
Tottenham Hotspur menjadi kekuatan tersendiri di pentas Liga Champions. Dihuni oleh pemain-pemain berkualitas di posisi masing-masing, Spurs bisa menjadi ancaman besar.

Terbukti, saat tampil di kandang Juventus, Spurs mampu bermain imbang 2-2. Mentalitas anak asuh Mauricio Pochettino patut dipuji. Sebab, mereka mampu mengejar ketertinggalan dua gol.

Adalah Hary Kane dan Christian Eriksen yang menjadi aktor pentingnya. Kedua pemain itu sanggup membuat pertahanan Juventus 'rapuh' seketika dengan serangan-serangan khas Spurs.

Alhasil, Spurs memaksa laga berjalan imbang 2-2. Tentu, situasi itu menguntungkan The Lillywhites kala menjamu Juventus di markasnya sendiri.

Kondisi ini tentu harus menjadi perhatian Pochettino. Setidaknya, dia harus menjaga kondisi para pemainnya agar pada leg kedua bisa tampil bugar.

Baca: Sevilla dan Manchester United Gagal Mencetak Gol


Manchester City
Manchester City menjadi tim yang berpeluang ke perempat final. Bukan apa-apa. Mereka sudah meraih kemenangan 4-0 atas Basel. Menariknya, kemenangan besar itu mereka raih di kandang Basel.

Ilkay Guendogan menjadi bintang pada pertandingan tersebut. Dia menciptakan dua gol. Gol-gol lainnya diciptakan oleh Bernardo Silva dan Sergio Aguero.

Melihat hasil leg pertama, City tampaknya akan tampil normal. The Citizens bisa saja melakukan rotasi pemain untuk menjaga kondisi tetap fit. Memang, mengejar selisih empat gol masih sangat mungkin dalam sepak bola. Namun, apabila City mempertahankan permainan seperti leg pertama, skuat Josep Guardiola tampaknya bakal mulus ke perempat final.

Baca: Komparasi Statistik hingga Rapor Pemain Sevilla vs Manchester United


Liverpool
Situasi oke juga dialami oleh Liverpool. The Reds menjadi salah satu klub Inggris yang meraih hasil impresif. Mereka mengalahkan Porto dengan kedudukan 5-0! Kala itu, Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Roberto Firmino menjadi aktor penting. Bahkan, Mane tampil apik dengan menciptakan hattrick.

Dengan hasil seperti itu, rasanya Liverpool takkan kesulitan ke perempat final. Apalagi, pada leg kedua mereka bermain di depan puluhan ribu fan Liverpool di Stadion Anfield. 

Pasukan Juergen Klopp juga kian hari kian solid. Khusus di lini tengah, trio Sane - Salah - Firmino menjadi striker yang menakutkan. Kekuatan itu semakin membuat Liverpool menjadi tim yang diperhitungkan di pentas Liga Champions.

Chelsea
Chelsea mampu meredam agresivitas Barcelona pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. The Blues bermain imbang 1-1 di Stamford Bridge.

Sebetulnya, Chelsea sudah unggul terlebih dahulu melalui aksi Willian. Namun, mereka tidak bisa mempertahankan kemenangan lantaran Lionel Messi mampu menyamakan kedudukan.

Belajar dari pengalaman leg pertama, Chelsea setidaknya harus fokus pada sisi pertahanan. Antonio Conte harus berpikir bagaimana menyiapkan bek-bek terbaik untuk mengantisipasi serangan dari Blaugrana.

Dengan hasil imbang 1-1 dan Chelsea bakal ke markas Barcelona, tentu ini menjadi misi sulit. Namun, Conte masih bisa berharap dengan semangat juang anak asuhnya. Mungkin, Chelsea bisa memaksakan Barca bermain sampai perpanjangan waktu. Kemungkinan Chelsea untuk lolos rasanya masih ada.

Manchester United
Manchester United bermain imbang 0-0 kontra Sevilla pada leg pertama 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Setan Merah mengimbangi permainan agresivitas Sevilla dan membuka peluang lolos ke perempat final pada leg kedua di Old Trafford.

Hasil tersebut tak lepas dari aksi impresif kiper David De Gea. Penyelamatan yang dilakukan De Gea membuat Sevilla mati kutu dan harus menerima hasil imbang.

Dengan begitu, tugas United menjadi lebih ringan. Setidaknya, mereka tidak perlu mengejar defisit gol dan tinggal mencari kemenangan untuk memperebutkan tiket ke perempat final.

Komposisi skuat United juga berjalan apik. Alexis Sanchez dan Romelu Lukaku dalam kondisi fit dan Paul Pogba sudah mulai dimainkan oleh Jose Mourinho.

Hasil pertandingan klub Inggris pada leg pertama 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018:
Juventus 2 - 2 Tottenham Hotspur
Basel 0 - 4 Manchester City
Porto 0 - 5 Liverpool
Chelsea 1 - 1 Barcelona 
Sevilla 0 - 0 Manchester United

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Liga 1 Bergulir Setelah PT LIB Lunasi Tunggakan ke Klub


(ASM)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /