Liga Primer Inggris 2016 -- 2017

Hitung-hitungan Kans Juara Chelsea di Liga Primer Inggris

Alfa Mandalika    •    09 Mei 2017 16:24 WIB
liga inggris
Hitung-hitungan Kans Juara Chelsea di Liga Primer Inggris
Skuat Chelsea merayakan kemenangan atas Middlesbrough. (Foto: AFP/ Adrian Dennis)

Metrotvnews.com, Jakarta: Chelsea tampil superior di pentas Liga Primer Inggris 2016 -- 2017. Di saat tim lain tampil inkonsisten, mereka justru melesat tak terkejar.

Memang, Chelsea tidak diganggu dengan jadwal padat seperti tim-tim yang menjadi rival di liga domestik. Praktis, mereka hanya mengikuti Piala FA dan Piala Liga. 

Hal itu memang menguntungkan Chelsea. Coba tengok Manchester City, Arsenal, dan Manchester United. Ketiga tim tersebut harus melakoni pertandingan di pentas Eropa. City dan Arsenal berjibaku di Liga Champions, sedangkan United menjalani laga di Liga Europa. 

Akan tetapi, terlalu naif rasanya mengkambing hitamkan jadwal padat. Sudah sepatutnya, tim-tim yang finis di lima besar akan berhadapan dengan agenda pertandingan UEFA.

Kans Chelsea menjadi juara di Liga Primer sangat terbuka. Teranyar, The Blues tampil impresif dengan menundukkan Middlesbrough, 3-0. Kemenangan tersebut memperlebar jarak dengan Spurs menjadi tujuh poin.

Baca: Ini Klub-klub Eropa yang Sudah Pasti Degradasi ke Kasta Kedua


Kini, dengan menyisakan tiga pertandingan lagi, maka Eden Hazard dkk tinggal mencari satu kemenangan untuk menjadi kampiun di Tanah Britania.

Analis sepak bola, Ronny Pangemanan menjagokan Chelsea menjadi juara. Ia melihat kans Chelsea menang di markas West Brom cukup besar.

"Chelsea hanya perlu satu kemenangan di kandang West Bromwich Albion untuk mengunci gelar keenamnya sepanjang sejarah. Tak mungkin lagi dikejar Tottenham yang maksimal hanya bisa mendapat 86 poin jika menang di semua laga sisa," kata Ronny kepada Metrotvnews.com, Selasa (9/5/2017). 

"Jika Chelsea menang atas WBA, maka poin Chelsea mencapai 87, cukup untuk memastikan mereka juara. Andaikan Chelsea terganjal kalah atau seri lawan WBA, maka tim asuhan Antonio Conte itu masih punya dua laga kandang lawan Watford dan Sunderland. Di atas kertas Chelsea bisa menang," sambungnya.

Sebelum melihat siapa yang akan menjadi juara, ada baiknya kita menghitung kans The Blues musim ini.

Chelsea harus menyambangi markas West Bromwich Albion pada 13 Mei. Bisa dibilang, momen tersebut adalah partai krusial bagi Chelsea. Andai Chelsea menang, mereka total mengemas 87 poin atau tak terkejar lagi dengan Spurs.

Jika mereka terpeleset, dan Tottenham Hotspur meraih kemenangan, maka penentuan gelar ditentukan pada pertandingan Chelsea menghadapi Watford di Stamford Bridge.

Baca: Putri Conte Berikan Dukungan Unik saat Chelsea Bantai Boro


Apabila situasi pada pekan ke-36 seperti di atas, maka jumlah poin tetap 84 dan Spurs menjadi 80. Dengan menyisakan dua pertandingan, maka peluang Spurs masih terbuka.

Namun, dari rekor pertemuan dengan West Bromwich, Chelsea selalu menang dari tiga pertemuan terakhir. West Bromwich terakhir menang terjadi pada 19 Mei 2015 saat bermain di kandang sendiri. Ketika itu, West Brom menang dengan skor 3-0.

Saat ini, Spurs dihadapkan dengan situasi tak mudah. Selain harus meraih kemenangan pada tiga pertandingan terakhir, mereka harus menghadapi tim-tim yang lebih solid dari yang dihadapi Chelsea. Tiga tim tersebut di antaranya Manchester United, Leicester City, dan Hull City.

Apalagi, Spurs juga dibayang-bayangi hasil buruk usai dikalahkan West Ham United pada akhir pekan kemarin. Rekor pertemuan dengan United memang menguntungkan Spurs. Sebab, dari tiga pertemuan di Stadion White Hart Lane, Spurs tak pernah kalah. Bahkan, pada pertemuan terakhir Spurs menang 3-0 pada 10 April 2016.

Well, sejumlah pemaparan di atas masih sangat mungkin berbeda. Sebab, akan banyak faktor yang memengaruhi hasil pertandingan dari kondisi tim, skuat, strategi, keberuntungan, serta faktor non-teknis lainnya. 

Selamat menunggu juara Liga Primer Inggris!

3 pertandingan terakhir Chelsea:
West Bromwich Albion - Chelsea (13/5/2017)
Chelsea - Watford (16/5/2017)
Chelsea - Sunderland (21/5/2017)

3 pertandingan terakhir Tottenham Hotspur:
Tottenham Hotspur - Manchester United (14/5/2017)
Leicester City - Tottenham Hotspur (19/5/2017)
Hull City - Tottenham Hotspur (21/5/2017)

Rekor Chelsea pada tiga laga terakhir musim 2015 -- 2016:
Sunderland 3 - 2 Chelsea (7/5/2016)
Liverpool 1 - 1 Chelsea (11/5/2016)
Chelsea 1 - 1 Leicester City (15/5/2016)

Rekor Tottenham Hotspur pada tiga laga terakhir musim 2015 -- 2016:
Chelsea 2 - 2 Tottenham Hotspur (2/5/2016)
Tottenham Hotspur 1 - 2 Southampton (8/5/2016)
Newcastle United 5 - 1 Tottenham Hotspur (15/5/2016)

Rekor Chelsea vs Tiga lawan tersisa musim ini:
West Brom Wich (0) - (1) Chelsea
Chelsea (2) - (1) Watford
Chelsea (1) - (0) Sunderland

Rekor Tottenham Hotspur vs Tiga lawan tersisa musim ini:
Tottenham Hotspur (0) - (1) Manchester United
Leicester City (1) - (1) Tottenham Hotspur
Hull City (0) - (3) Tottenham Hotspur

Video: Kata Wenger dan Mourinho Soal Peluang Masuk Empat Besar
 


(ASM)

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo
Jelang Napoli vs Shakhtar Donetsk

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo

10 hours Ago

Napoli dijadwalkan bentrok kontra Donetsk untuk memainkan matchday kelima Liga Champions 2017--…

BERITA LAINNYA
Video /