Jelang Piala AFF U-19

Indonesia dan Sejarah Manis di Piala AFF U-19

A. Firdaus    •    04 September 2017 13:56 WIB
piala aff
Indonesia dan Sejarah Manis di Piala AFF U-19
Evan Dimas Darmono (kiri) dan kawan-kawan melakukan selebrasi usai memastikan Indonesia juara Piala AFF U-19 (Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Metrotvnews.com, Jakarta: Empat tahun silam tim nasional Indonesia mencetak sejarah di Piala AFF U-19. Anak-anak muda asuhan Indra Sjafri itu mengakhiri dahaga gelar Garuda dengan meraih juara usai mengalahkan Vietnam di final turnamen junior antar negara ASEAN tersebut.

Ketika itu, Indonesia mampu mengalahkan Vietnam lewat drama adu penalti, setelah laga normal dan perpanjangan waktu kedua klub tak menghadirkan gol. Garuda Muda pun menang 7-6.

Tentu ini menjadi prestasi yang sangat membanggakan. Sebab Evan Dimas dan kawan-kawan mempersembahkan gelar tersebut untuk pertama kalinya, sejak Indonesia ikut Piala AFF U-19 pada 2002 lalu.
 

Klik di sini: Lawan Cilegon United jadi Pembelajaran bagi Pemain Muda Fiji


Prestasi itu juga bakal dikenang hingga saat ini. Sekaligus menjadi motivasi yang dibawa Egy Maulana dan kolega di Myanmar --tempat digelarnya Piala AFF edisi ke-15--.

Apalagi pada dua edisi sebelumnya di Piala AFF 2015, Indonesia tak bisa ikut serta lantaran masih menjalani sanksi dari FIFA. Sementara pada 2016, Indonesia yang kala itu dilatih Eduard Tjong hanya finis di posisi keempat fase grup.

Mengembalikan Kesuksesan di Tangan Indra Sjafri
Terlepas dari catatan jatuh bangun timnas Indonesia pada beberapa edisi sebelumnya, Indra Sjafri terus mengupayakan agar para pemain tetap fokus pada turnamen kali ini.

Sebanyak 23 pemain dibawa Indra Sjafri ke Yangon. Termasuk dua pemain timnas U-22, Saddil Ramdani dan Asnawi Mangkualam Bahar. Selain memiliki penampilan yang bagus pada SEA Games di Malaysia lalu, keduanya juga masih berusia di bawah usia 19 tahun.

PSSI melalui wakil ketua umun, Djoko Driyono mengatakan kalau turnamen ini menjadi pertaruhan skuat Garuda U-19. Ia juga menginginkan memori 2013 bisa terulang di tangan Indra Sjafri.

Klik di sini: Dilatih Juergen Klopp, Chamberlain Bakal Bersinar


Pada edisi kali ini, Indonesia bakal bertemu tuan rumah Myanmar di grup B. Selain itu ada Vietnam, Filipina, dan Brunei Darussalam. Laga grup B sendiri baru akan dimulai pada Selasa 5 September besok.

Sedangkan di grup A, ada runner up tahun lalu Thailand. Mereka akan segrup dengan Malaysia, Timor Leste, Laos, Kamboja, dan Singapura. Keenam tim ini akan memulai laga perdana pada Senin 4 September ini.

Piala AFF U-19 telah digelar sejak 2002. Thailand bersama Australia menjadi tim yang paling banyak mengoleksi gelar dengan empat kali meraih juara.

Sedangkan Myanmar berada di urutan ketiga dengan meraih juara sebanyak dua kali pada 2003 dan 2005. Disusul Indonesia yang pernah sekali juara pada 2013 lalu dari delapan kali keikutsertaan.

Skuat lengkap Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF 2017:

Kiper
1. Muhammad Riyandi, Barito Putera
2. Gianluca P. Rossy, Jawa Tengah
3. Aqil Savik, Jawa Barat

Belakang
4. M. Rifad Marasabessy, Madura United
5. Dedi Tri Maulana, Sulawesi Tengah
6. Rachmat Irianto, Persebaya
7. Julyano Pratama Nono, Ragunan
8. Kadek Raditya, Bali
9. Firza Andika, Sumatera Utara
10. Irsan Lestaluhu, Maluku
11. Samuel Christianson, Persija U-19
12. Nurhidayat Haris, PSM

Tengah
13. Syahrian Abimanyu, Persija U-19
14. Witan Sulaeman, Ragunan
15. Resky Fandi Witriawan, Sulawesi Barat
16. Asnawi Mangkualam Bahar, PSM
17. Muhammad Iqbal, Sumatera Barat
18. Feby Eka Putra, Jawa Timur
19. Saddil Ramdani, Persela
20. Egy Maulana Vikri, Ragunan
21. M Lutfi Kamal, DKI Jakarta

Depan
22. Hanis Saghara Putra, Jawa Timur
23. M. Rafli Mursalim, DKI Jakarta

Luis Milla Puji Permainan Anak Asuhnya
 


(ACF)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

2 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /