Eksklusif Jack Brown

Dari Ditawari Main di MU hingga Mengejar Mimpi Berkostum Timnas Indonesia

A. Firdaus    •    11 April 2017 14:48 WIB
timnas u-19
Dari Ditawari Main di MU hingga Mengejar Mimpi Berkostum Timnas Indonesia
Jack Brown. (Foto: Metrotvnews.com/ A. Firdaus)

SUASANA seleksi Tim Nasional Indonesia U-19 yang dipimpin Indra Sjafri di lapangan Atang Sutresna Pada Kamis sore 5 April agak sedikit berbeda dari biasanya. Selain ada 21 pemain lokal yang sedang melakukan seleksi latihan, ternyata 14 pemuda Indonesia dari luar negeri juga mengikuti latihan secara terpisah.

Pada seleksi Timnas U-19 kali ini, Indra Sjafri memang coba tampil beda. Selain melakukan blusukan ke beberapa daerah di Indonesia, pelatih kelahiran Lubuk Nyiur itu juga tertarik untuk melihat talenta-talenta muda Indonesia yang bermain atau menimba ilmu sepak bolanya di luar negeri.

Tercatat ada 17 nama yang dipanggil Indra untuk mengikuti seleksi timnas yang dipersiapkan untuk Piala AFF U-18 di Myanmar, September mendatang. Sayang tak semuanya datang, tiga nama Andri Syahputra, Sammuel Christianson, dan Syahrian Abimanyu tak bisa memenuhi panggilan.

Baca: Indra Sjafri Apresiasi Pemain dari Luar Negeri yang Ikut Seleksi


Sementara 14 pemain datang dan bersedia menyempatkan waktunya untuk menyambagi Tanah Air. Ada dua pemain menarik perhatian saya adalah Jack dan George Brown. Nama tersebut memang tak asing di telinga para pengamat sepak bola. Sebab memiliki latar belakang yang menarik untuk dikorek. Lalu bagaimana cerita Jack bisa sampai memilih untuk menimba ilmu sepak bola di luar negeri dan mengapa mau memenuhi panggilan Indra Sjafri untuk membela negara?

Jack Brown (ISFA U-15 Representative Team)
Kalau Anda pernah mendengar kabar bocah Indonesia mendapatkan penghargaan di Old Trafford dan mendapatkan pujian dari Sir Alex Ferguson, dia adalah Jack Brown.

Namanya melejit setelah menjadi pemain terbaik World Skills Final pada 2012 di Manchester United Soccer Schools. Bukan hanya gelar, ia juga mendapatkan pujian oleh pelatih MU saat itu, Sir Alex Ferguson. Bahkan secara tidak terduga, ia ditawari untuk berkostum Setan Merah.

"Saya ditawarin main buat MU oleh Sir Alex, tapi saat itu saya masih di Dubai jadi terlalu jauh buat saya untuk tinggal di Inggris," ujar Jack.

Memang kala itu ia menolak karena masih berusia 10 tahun dan enggan jauh dari orang tuanya yang menetap di Dubai. 

Baca: Indra Sjafri Batasi Uji Coba untuk Timnas U-19


Anak kedua dari pasangan Lance Brown dan Indah juga tak lupa berterima kasih dengan sang kakak, George yang membantunya mengajak bermain bola dan mengasah keterampilannya. Setiap kali sang kakak mengajari Jack di halaman depan rumah. Bahkan setiap liburan musim panas Brown bersaudara ini kerap mengikuti Football Summer Camp, baik itu di Inggris maupun di Indonesia.

"Waktu kecil saya sering diajarin main bola sama kakak di halaman rumah. Terus mama mulai kasih saya kesempatan untuk berlatih di akademi sepak bola di Dubai," terangnya.

Pada kesehariaannya orang tua Jack bukan hanya mendukung anaknya untuk menekuni sepak bola. Tetapi juga tak lupa menanamkan nilai-nilai agama kepada anaknya. Seperti tak lupa mengerjakan sholat dan mengaji. “Ya mama selalu mengajarkan saya untuk beribadah seperti shalat dan mengaji,” akunya.

Di lapangan, Jack memilih sebagai seorang striker. Posisi yang sangat berbeda dengan Goerge yang seorang bek kanan. Terkadang Jack bermain lebih melebar ke sisi lapangan. Kini bakatnya mulai dicium oleh pelatih Indra Sjafri. Ia diundang untuk ikut seleksi timnas U-19.

"Mama dikirimi email oleh coach Indra dan saya senang bisa dipanggil. Saya senang bisa membela timnas. Semoga saya bisa lolos seleksi ini," harap Jack yang sempat memperkuat akademi Ipswich Town.

“Saya sangat berharap sekali bisa membela timnas Indonesia. Saya sangat senang dengan kostum Garuda ini. Semoga saya bisa lolos seleksi,” harapnya.

Kini Jack menanti mimpi yang ia idamkan sejak lama bisa terwujud pada seleksi Timnas U-19 arahan Indra Sjafri. Pada 11 April, mantan pelatih Bali United tersebut akan mengumumkan 32 pemain terbaik untuk dipersiapkan membela Timnas di kejuaraan  Piala AFF U-18 September mendatang.

Video: Indra Sjafri Kantongi 32 Nama Pemain Timnas U-19 Terpilih
 


(ASM)

Joao Cancelo Resmi Menjadi Milik Inter Milan
Inter Milan 2017--2018

Joao Cancelo Resmi Menjadi Milik Inter Milan

28 minutes Ago

Inter Milan secara resmi mengonfirmasi perekrutan Joao Cancelo dengan status pinjaman dari Vale…

BERITA LAINNYA
Video /