Piala Asia U-19

Modal Berharga Garuda Nusantara

Alfa Mandalika    •    19 Oktober 2018 10:47 WIB
timnas u-19timnas indonesia
Modal Berharga Garuda Nusantara
Skuat Timnas U-19 merayakan kemenangan atas Chinese Taipei. (Foto: MI/Rommy Pujianto)

Jakarta: Timnas Indonesia U-19 mengalahkan Timnas Chinese Taipei (Taiwan) 3-1 pada laga perdana Grup A Piala Asia U-19 2018. Meski begitu, pelatih Indra Sjafri masih menyimpan kekecewaan.

Menurut pelatih berdarah Minang itu, komunikasi di lini belakang perlu dievaluasi. Sebab, satu gol Taiwan tercipta lantaran kesalahan yang dibuat pemain sendiri.

"Kalau dilihat, gol lawan itu kebanyakan memanfaatkan kesalahan kami. Tentu komunikasi lini belakang perlu diperbaiki," ujar Indra Sjafri usai laga.

Kendati demikian, Indra tetap mensyukuri hasil pertandingan semalam. Kemenangan ini menjadi modal berharga menatap laga-laga selanjutnya.

"Tentu perlu disyukuri kemenangan pertama ini, laga ini menentukan langkah Timnas selanjutnya," sambung eks pelatih Bali United itu.

Ya, pada laga selanjutnya, skuat berjuluk Garuda Nusantara akan menghadapi lawan yang notabene lebih oke. 

Baca: Sejumlah Fakta Menarik usai Timnas U-19 Bungkam Chinese Taipei


Sesuai jadwal, Indonesia akan menghadapi Qatar pada 21 Oktober. Qatar mempunyai prestasi dan komposisi pemain lebih baik ketimbang Taiwan. 

Qatar sempat juara Piala Asia U-19 pada 2014. Tim yang bertanding saat ini kemungkinan besar akan menjadi andalan saat Piala Dunia 2022 digelar di Qatar.

Namun, pelatih Qatar Bruno Pinheiro enggan jemawa. Dia mengaku akan melakukan yang terbaik untuk meraih gelar juara.

"Saya pikir semua tim di Indonesia memiliki ambisi yang sama, yaitu memenangkan gelar. Kami siap untuk bersaing dan tentu saja kami ingin pergi sejauh mungkin," ujar Pinheiro beberapa waktu lalu saat jumpa media.

Sedangkan Uni Emirat Arab, punya prestasi tak kalah menawan dari Qatar. Mereka sempat menjadi juara pada 2008. Pada pertandingan terakhir, mereka berhasil mengalahkan Qatar dengan skor 2-1. Hasil itu membuat UEA menempel ketat Indonesia di papan klasemen.

Well, seperti dikatakan Indra Sjafri, pencapaian ini menjadi modal berharga bagi Indonesia. Setidaknya, kepercayaan diri dan mental pemain semakin siap menghadapi tantangan yang lebih berat. Selamat berjuang, Garuda Nusantara!

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Awal Gemilang Garuda Nusantara


(ASM)


Piala AFF 2018: Statistik Indonesia vs Timor Leste
Penyisihan Grup B Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Statistik Indonesia vs Timor Leste

15 minutes Ago

Bermain di hadapan publik sendiri, Indonesia memang pantas menang atas Timor Leste, setidaknya …

BERITA LAINNYA
Video /