Keindahan Sistem Rotasi Zidane di Real Madrid

Hilman Haris    •    16 Mei 2017 17:45 WIB
real madrid 2016--2017
Keindahan Sistem Rotasi Zidane di Real Madrid
Zidane tahu betul memanfaatkan talenta setiap pemain Real Madrid

Metrotvnews.com, Madrid: Prestasi Zinedine Zidane sebagai pelatih Real Madrid sangat mempesona. Pada tahun pertamanya, Zidane berhasil mempersembahkan gelar Liga Champions. Kini, Madrid di bawah asuhan pelatih asal Prancis tersebut berpeluang menjadi juara La Liga Spanyol dan Liga Champions 2016--2017.

Ketelitian menjadi kunci keberhasilan Zidane. Termasuk teliti memilih starting XI untuk setiap pertandingan. Los Merengues jarang tampil dengan susunan pemain yang sama dalam setiap laga selama ditangani Zidane. 

Putusan Zidane berbuah hasil maksimal. Sistem rotasi yang tepat membuat para penggawa Madrid jadi lebih bugar saat menjalani musim yang melelahkan termasuk saat tampil pada laga-laga penting.

Pemain sekelas Cristiano Ronaldo tak luput dari sistem rotasi Zidane. Sang pelatih sadar betul Ronaldo menjadi garansi gol untuk Los Merengues. Namun, Zidane juga tak menutup mata kapten timnas Portugal itu tidak lagi muda. Dengan usia yang sudah menginjak 32 tahun, Ronaldo sudah tidak mungkin bermain di setiap laga hingga musim berakhir.

Zidane akhirnya rajin mengistirahkan Ronaldo dalam beberapa pertandingan. Alhasil, eks winger Manchester United tersebut cuma bermain 2.370 menit sepanjang musim ini. Jumlah menit Ronaldo jauh berkurang jika dibandingkan dengan musim 2011-2012. Ketika itu, Ronaldo dipaksa bertanding selama 3.354 menit sepanjang laga.

Baca juga: Kabar Transfer Klub-klub Eropa pada Pekan Ini

Toh, ketajaman Ronaldo tidak berkurang walau tak lagi dimainkan setiap laga. Ronaldo sudah menghasilkan 22 gol buat Madrid di Liga Spanyol. Sedangkan di Liga Champions, ia 10 kali menggetarkan gawang lawan.

Situasi yang dialami Ronaldo menjadi bukti bahwa Zidane tak mengistimewakan siapapun di Madrid. Baginya, kepentingan tim lebih berharga ketimbang menjadikan pemain tertentu sebagai anak emas. Jadi, tidak pemain yang terlihat sangat menonjol dalam urusan menit main.

Hampir seluruh penggawa Madrid mendapat kepercayaan dari Zidane. Tak heran, ada 20 pemain yang sudah tampil lebih dari 1.000 menit. Dari ke-20 pemain itu, tidak satupun yang menyentuh hingga 2.500 menit. Itu artinya, setiap penggawa Los Merengues selalu dirotasi Zidane pada setiap laga.

Baca juga: Juan Mata Buka Suara soal Kondisi De Gea di MU

Kemampuan Zidane menelaah calon lawan juga menjadi penyebab sistem rotasi berlaku di Madrid. Buat Zidane, setiap klub punya kelemahan dan kekuatan yang berbeda. Oleh karena itu, ia tidak mungkin menerapkan taktik dan susunan skuat yang sama dalam setiap pertandingan.

Madrid sudah melakoni 57 laga hingga 2016--2017 mendekati akhir. Dari seluruh laga itu, Zidane sudah melakukan 268 pergantian taktik dan susunan pemain.

Mungkin tidak semua pemain Madrid suka dengan penanganan Zidane. Namun selama sistem rotasi berujung dengan gelar juara, rasanya Zidane akan terus mendapat respek dari pemain, staf pelatih, manajemen, dan fan Los Merengues. 

(Sumber data: Marca)

 


(HIL)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

3 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /