Karim Benzema

Santiago Bernabeu yang tak Bersahabat dengan Benzema

A. Firdaus    •    24 Oktober 2017 23:09 WIB
liga spanyolreal madrid 2017--2018
Santiago Bernabeu yang tak Bersahabat dengan Benzema
Striker Real Madrid Karim Benzema (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Madrid: Karim Benzema, pemain bernomor punggung 9 di Real Madrid ini menjadi bintang yang sering dikritik. Ia lebih banyak disambut ejekan daripada sorak sorai oleh pendukung Madrid di Santiago Bernabeu.

Striker internasional Prancis itu memang belum kehabisan dukungan. Masih ada pembelaan dari pelatihnya, Zinedine Zidane dan Marcelo, yang menganggapnya orang yang tepat untuk memimpin tim.

Namun, ini bukan pertama kalinya kritikan menimpa Benzema di Madrid. Pada musim lalu, ia selalu menjadi topik hangat perdebatan di kalangan pendukung klub dan pakar bola.

Klik di sini: Cerita Mantan Bek Burnley yang Mencoba Bunuh Diri

Ada beberapa statistik menarik dari musim lalu yang menunjukkan bahwa striker berusia 29 tahun itu berada pada level yang berbeda. Menariknya hal itu menimpa Benzema ketika bermain di Santiago Bernabeu.

Statistik Karim Benzema pada musim 2016--2017 (Kandang & Tandang)
Pertandingan kandang tandang dilalui Benzema musim lalu. Ia tampil di 48 laga untuk Los Blancos. Mencetak 19 gol dan menyumbang tujuh kali assist. Menariknya, mayoritas gol yang dicetaknya terjadi ketika laga tandang.

Dalam 27 laga tandang Madrid, Benzema mampu mencetak 13 gol dan memberikan enam assist. Ini statistik yang wajar yang membuatnya layak dikatakan sebagai striker produktif.

Sayangnya pada laga kandang Madrid, eks striker Olympique Lyon ini hanya mencetak enam gol dan memberikan satu assist. Dua dari enam golnya yang hadir itu, terjadi dalam satu laga melawan klub asal Bundesliga, Borussia Dortmund.


Momen saat Benzema mencetak gol ke gawang Dortmund (AFP)

Statistik di atas menunjukkan bahwa ia hanya mencetak empat gol di 20 laga sisa. Apalagi, akurasi tembakannya juga menurun menjadi 42%, dari keakuratan 56% pada laga tandang.

Klik di sini: Tenggelamnya Wakil Inggris di FIFPro World XI

Musim Baru, Masalah Sama!
Benzema mengawali awal yang buruk memasuki musim 2017--2018. Ia hanya mencetak satu gol dalam lima pertandingan yang ia mainkan di Bernabeu. Pemain kelahiran 19 Desember 1987 ini juga menampilkan pemain terburuknya sebagai pemain El Real ketika melawan Valencia, di mana ia melewatkan serangkaian peluang bagus.

Dia juga bertanggung jawab atas gagalnya beberapa peluang bagus dalam pertandingan antara Madrid melawan Tottenham Hotspur di Bernabeu pada ajang Liga Champions pekan lalu.

Tekanan Bernabeu!
Statistik di atas cukup menjelaskan bahwa sindiran untuk Benzema di Santiago Bernabeu memang pantas. Tapi, upaya itu justru membuatnya tertekan.

Masih ingat dengan penampilan Benzema melawan Atletico Madrid pada Liga Champions musim lalu di Vicente Calderon? Benzema begitu lihai mengontrol bola. Sayang sentuhan itu jarang ditemukan ketika ia bermain di Bernabeu.

Klik di sini: Egy Maulana Terus Asah Kemampuan Jelang ke Korsel

Tekanan di Bernabeu bisa terpengaruh pada kondisinya di lapangan. Mungkin karena ini, Benzema cenderung berjuang menampilkan permainan terbaiknya di kandang sendiri.

Selama bertahun-tahun, pendukung Real Madrid telah menunjukkan rasa frustrasi mereka kepada anggota BBC lainnya, yaitu Gareth Bale dan Cristiano Ronaldo. Namun keadaan seperti itu, justru membuat keduanya memberikan yang terbaik untuk membungkam para haters mereka.


Karim Benzema

Namun, hal yang sama tidak diserap Benzema untuk menangani tekanan, seperti rekan sesama timnya tadi. Benzema cenderung menunjukkan bahwa ia suka bermain dengan pikiran bebas. Mendengar ejekan di Bernabeu justru tidak membantunya.

Jadi mungkin untuk sebuah perubahan, pendukung di Bernabeu harus mulai menahan ejekan itu dan siapa tahu, kita mungkin akan melihat sisi yang berbeda dari striker Prancis itu.

Laga Persija vs Persib akan Digelar di Stadion Patriot
 


(RIZ)

Daftar Klub yang Lolos ke 16 Besar Liga Champions 2017 -- 2018
Liga Champions 2017 -- 2018

Daftar Klub yang Lolos ke 16 Besar Liga Champions 2017 -- 2018

56 minutes Ago

Matchday kelima Grup A - H Liga Champions 2017 - -2018 sudah selesai dihelat. Beberapa tim sud…

BERITA LAINNYA
Video /