Jelang Piala Super Eropa

Mengenal Asal Muasal Piala Super Eropa

Alfa Mandalika    •    08 Agustus 2017 17:10 WIB
liga dunia
Mengenal Asal Muasal Piala Super Eropa
Suasana pertandingan Ajax Amsterdam vs Glasgow Rangers pada 1972. (Foto: Wikimedia Commons)

Metrotvnews.com, Jakarta: Hadirnya ajang Piala Super Eropa membuat persaingan klub-klub Eropa kompetitif. Tapi, tahukah Anda, ajang ini pertama kali digagas bukan oleh asosiasi sepak bola Eropa (UEFA), melainkan dari buah pemikiran jurnalis asal Belanda, Anton Witkamp.

Gagasan Witkamp muncul lantaran dia ingin menguji ketangguhan Ajax Amsterdam di pentas Eropa. Saat itu, Ajax yang dikenal dengan gaya permainan total football tengah berada pada masa keemasan. Oleh karena itu, Witkamp memberikan usul kepada Presiden Ajax saat itu, Jaap Van Praag agar pemenang Piala Eropa (Liga Champions) menghadapi juara Piala Winners Cup Eropa (Liga Europa) pada 1971.

Agar menjadi ajang resmi dan diakui oleh asosiasi sepak bola Eropa (UEFA),  gagasan itu dibawa Praag ke UEFA. Akan tetapi, Presiden UEFA saat itu,  Artemio Franchi menolak mentah-mentah gagasan tersebut. Musababnya, juara Piala Winners saat itu ialah Rangers FC yang sedang menjalani hukuman satu tahun larangan bertanding lantaran ulah para suporternya.

Baca: Prediksi Real Madrid vs Manchester United: Ujian Setan Merah


Kendati demikian, Witkamp yang sempat menjadi editor olahraga surat kabar Belanda De Telegraaf tetap nekat menggelar pertandingan pertama pada 1972. Saat itu, Ajax menghadapi Rangers. Demi menunjang kesuksesan pertandingan itu, perusahaan yang menaungi Witkamp, De Telegraaf menjadi pendukung utama dari segi finansial. Dan saat itu, Ajax menang dengan skor agregat 6-3. Ajax tercatat sebagai pemenang Piala Super Eropa pertama meski tidak resmi.

Setelah melakukan lobi-lobi dan pendekatan dengan UEFA, akhirnya Piala Super Eropa resmi dihelat pada 1973. Saat itu, UEFA mendukung penuh dan Ajax juga keluar sebagai pemenang setelah menumbangkan AC Milan dengan kedudukan 6-1.

Dalam perjalanannya, Piala Super Eropa konsisten memainkan dua leg dari 1973 hingga 1997.  Selain itu Piala Super Eropa sempat tidak dimainkan lantaran terjadi masalah politik dan jadwal yang bentrok. Tepatnya pada 1974, 1981, dan 1985 Piala Super Eropa tidak dimainkan.

Baca: Fakta Menarik Piala Super Eropa


Pada musim 1992 -- 1993, Piala Eropa berganti nama menjadi UEFA Champions League dan juara ajang itu akan bertemu kampiun Piala Winners di Piala Super UEFA. Pada 1994 -- 1995 Piala Winners Eropa dinobatkan sebagai Piala UEFA Cup Winners.

Setelah musim 1998 -- 1999, Piala Winners dihentikan oleh UEFA. Pemenang Piala Winners ketika itu Lazio bersua dengan juara Liga Champions 1998 -- 1999, Manchester United. Saat itu,  Lazio memenangkan Piala Winners setelah mengalahkan United, 1-0.

Sejak saat itu, UEFA Super Cup diperebutkan oleh pemenang UEFA Champoins League dan pemenang Piala UEFA. Piala Super 2000 adalah yang pertama kalinya pemenang Piala UEFA 1999 -- 2000 Galatasaray mengalahkan Real Madrid pemenang Liga Champions UEFA 1999 -- 2000 dengan skor 2-1.

Hingga saat ini, Piala Super Eropa konsisten diselenggarakan dan menjadi magnet tersendiri bagi pencinta sepak bola dunia. Terdekat, Piala Super Eropa akan diperebutkan oleh Real Madrid dan Manchester United di Stadion Arena Filip II, Skopje, Makedonia, Rabu 9 Agustus dini hari nanti.

Menurut catatan UEFA, sepanjang sejarah bergulirnya Piala Super Eropa, Barcelona dan AC Milan menjadi tim yang paling sering menyabet titel juara yakni dengan lima gelar.

Sementara untuk level pemain,  Dani Alves dan Paolo Maldini merupakan pemain yang paling sering meraih gelar Piala Super Eropa.  Rinciannya; Alves 4 kali (Sevilla 2006, Barcelona 2009, 2011, 2015) dan Maldini  4 kali (AC Milan 1989, 1990, 1994, 2003). 

Video: UEFA Rilis Pemain Terbaik Liga Champions
 


(ASM)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

3 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /