Manchester United 2017 -- 2018

Bukti Memboyong Matic adalah Langkah Tepat

Alfa Mandalika    •    01 Agustus 2017 15:03 WIB
manchester united 2017--2018
Bukti Memboyong Matic adalah Langkah Tepat
Nemanja Matic. (Manutd.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Manchester United mendapatkan Nemanja Matic dari Chelsea. Dia dikontrak sampai tiga tahun ke depan.

Perekrutan Matic disebut langkah yang tepat. Selain punya pengalaman mentereng bersama Chelsea, Matic dinilai cepat beradaptasi.

Selain itu, kelihaiannya dalam menjaga keseimbangan tim menjadi nilai plus bagi pemain berpaspor Serbia itu. Maka tak ayal, dengan stok pemain tengah yang melimpah bisa memberikan perspektif tambahan bagi Jose Mourinho untuk meramu formasi.

Berikut adalah bukti bahwa memboyong Matic adalah langkah yang tepat:

- Pengalaman Matic
United belum memenangkan gelar Liga Primer Inggris sejak 2013. Tentu, untuk tim sekaliber United, puasa gelar lebih dari empat tahun mengundang pertanyaan khalayak. 

Asa muncul saat United merekrut Jose Mourinho musim lalu. Namun, Mou urung memberikan gelar Liga Primer. Akan tetapi, pria asal Portugal itu mampu memberikan tiga gelar yakni Liga Europa, Piala Liga, dan Piala FA.

Kini, Mourinho ditantang bisa mengembalikan kejayaan United di Liga Primer. Dengan kehadiran Matic yang sudah dua kali meraih gelar Liga Primer bersama Chelsea, tentu dia bisa memberikan pandangan serta saran kepada para penggawa United.

- Dekat dengan Mourinho
Matic bereuni dengan Mourinho. Ya, keduanya sempat bekerja sama saat di Chelsea. Sudah tentu, Mourinho sangat paham dengan gaya permainan Matic.

Selain itu, Mourinho juga menilai Matic adalah pemain yang loyal. Hal itu disadari betul oleh Mourinho.

"Nemanja (Matic) adalah pemain Manchester United dan Jose Mourinho. Dia mewakili semua yang kami inginkan dalam sepak bola; loyalitas, konsistensi, ambisi, dan bermain sebagai tim," kata Mourinho.

Setali tiga uang, Matic tampaknya juga mengenal betul keinginan Mourinho. Setidaknya, hal itu bisa membantu dirinya cepat beradaptasi dengan United.

Baca: Nemanja Matic Resmi Dipinang Manchester United


- Tidak perlu penyesuaian 
Dengan pengalamannya bersama Chelsea, Matic diyakini takkan kesulitan di United. Secara atmosfer dan persaingan, Matic sudah paham bagaimana sengitnya Liga Primer.

Matic dinilai tidak perlu banyak melakukan penyesuaian. Kemungkinan, hal yang mendesak ialah mengetahui komunikasi di dalam United.

Jika dibandingkan dengan rekrutan anyar Chelsea, Tiemoue Bakayoko yang belum nyetel bersama Chelsea, Matic diprediksi bisa lebih mudah beradaptasi.

Apalagi, faktor kedekatan dirinya dengan Mourinho bisa menjadi nilai tambah untuk tampil oke di Old Trafford.

- Bisa memberikan peran baru untuk Pogba
Banderol tinggi Paul Pogba sempat mendapatkan kritik. Apalagi, peran Pogba dianggap tidak sesuai dengan harga pembeliannya. Memang, Pogba semusim terakhir lebih banyak digunakan sebagai gelandang bertahan.

Namun, dengan masuknya Matic, Pogba bisa ditempatkan lebih ke depan untuk membantu striker. Skema yang mungkin dimainkan Mourinho ialah menempatkan Matic dan Ander Herrera di belakang Pogba.

Dengan begitu, Pogba bisa leluasa membongkar pertahanan lawan dengan memberikan umpan-umpan terukur kepada Romelu Lukaku. Sebagai contoh bisa melihat Eden Hazard. Ketika diberikan kesempatan menyerang, dia menjelma menjadi pemain yang menakutkan.

Baca: Fakta Menarik Nemanja Matic


- Kolaborasi dengan Fellaini  
Kehadiran Matic bisa dimanfaatkan Mourinho untuk memperkuat lini tengah. Matic yand dikenal bisa menjadi penyeimbang tim bisa diplot sebagai gelandang bertahan. Di satu sisi, Marouane Fellaini juga akan dimaksimalkan oleh Mourinho.

Fellaini dikenal punya kecakapan saat berduel bola-bola udara. Oleh karena itu, Fellaini bisa memberikan jalan kepada Matic dan dia bisa membantu sisi penyerangan. Setidaknya, Mourinho memiliki banyak pilihan untuk mengisi sektor gelandang. Tentu, menarik ditunggu bagaimana kolaborasi antara Fellaini dan Matic.

- Bisa memanfaatkan pengalaman Carrick
United resmi menunjuk Michael Carrick sebagai kapten tim menggantikan Wayne Rooney. Selain memimpin klub, Carrick juga diminta untuk memberikan contoh kepada pemain lain. Dalam hal ini, Carrick bisa menjadi contoh bagi gelandang Nemanja Matic.

Gaya permainan Matic memang mirip-mirip dengan Carrick. Dia tidak punya kecepatan, tetapi penempatan posisi dan assist yang cantik menjadi andalan dari Matic. 

Kondisi itu tentu bisa dimanfaatkan oleh Matic mengambil pelajaran dari Carrick. Dan harga 40 juta poundsterling atau setara Rp700 miliar yang dikeluarkan United bisa menjadi tidak relevan saat dia sudah melakoni penampilan impresif bersama United.

Video: MU Resmi Rekrut Nemanja Matic
 


(ASM)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /