Son Heung-min, antara Profesionalisme dan Nasionalisme

Gregah Nurikhsani Estuning    •    13 September 2018 21:04 WIB
tottenham hotspur
Son Heung-min, antara Profesionalisme dan Nasionalisme
Son Heung-min. (Foto: ANTARA FOTO/INASGOC/Dhemas Reviyanto)

Jakarta: Musim panas 2018 merupakan yang tersibuk buat Son Heung-min. Tak cuma padat, tekanan bersama timnas Korea Selatan memaksanya untuk tetap menampilkan kualitas utamanya. Pemain Tottenham Hotspur ini patut dijadikan atlet percontohan karena dedikasinya untuk olahraga yang dicintainya.

Sejak berakhirnya musim 2017--2018, Son bergelut dengan Piala Dunia di Rusia. Ia hanya memiliki sedikit waktu saja untuk beristirahat karena langsung digempur dengan persiapan kompetisi Liga Primer Inggris dan Asian Games 2018. Tentu, ia wajib menjaga kebugaran untuk tetap bisa menampilkan permainan terbaiknya.

Bicara fisik, jarak menjadi acuan penting. Jika dihitung dari akhir musim lalu (hingga kembali ke London guna menghadapi Liverpool), Son bakal menghabiskan sekitar 80ribu kilometer perjalanan. Ia harus bepergian dari London, Rusia, Korea Selatan, Jakarta, lalu kembali lagi ke London guna berkumpul bersama rekan-rekannya di Tottenham.

Klik: Wacana Petinggi Juventus Membuat Kompetisi Baru Liga Eropa Ditentang


Son bahkan sebetulnya menyempatkan diri ikut tur pra-musim di Amerika Serikat sebelum Asian Games kemarin. Kesibukannya mengikuti sejumlah pemusatan latihan membuat match-sharpness-nya terjaga di kondisi puncak. Namun, bahaya cedera dan kelelahan terus mengintai selama periode tersebut.

"Saya rasa musim panas tahun ini sama saja, yang berbeda cuma ya itu, saya lebih banyak bepergian dari satu negara ke negara lain, dari satu benua ke benua lain. Sejujurnya saya ingin selalu bermain sebanyak mungkin di musim panas. Saya bukan satu-satunya pemain yang seperti itu," kata Son usai Korea Selatan bermain imbang dengan Chile.

Perjalanan Korsel di Piala Dunia 2018 tak semulus di Asian Games 2018. Tekanannya pun berbeda. Buat Son, Asian Games di Jakarta dan Palembang kemarin memiliki arti lebih. Ia harus meraih emas demi terhindar dari wajib militer. Akan tetapi, Son melewati jalan panjang nan melelahkan.

Setelah beristirahat sejenak pasca Piala Dunia, ia langsung terbang dari Rusia menuju Amerika Serikat untuk bergabung dengan pemusatan latihan bersama Spurs. Tak lama, Son menyempatkan diri tampil sebagai cameo di Newcastle United, memberikan tiga poin perdana di Liga Primer Inggris sebelum terbang ke Jakarta dari London.

Perbedaan iklim yang signifikan sempat membuat Son khawatir akan tidak maksimalnya kemampuan dia di atas lapangan. Meski musim panas, pastinya ada perbedaan kelembaban, khususnya di Indonesia yang beriklim tropis. Namun, hal tersebut tak menjadi kendala berarti buat Son.

Bermain sebanyak 524 menit di enam pertandingan selama 16 hari di panasnya suhu di Indonesia, ditambah statusnya sebagai kapten tim penggawa U-23 Korsel yang mengincar emas demi terbebas dari wajib militer, Son sanggup membawa Tim Ginseng mengalahkan Jepang di final dengan skor 2-1 pada 1 September kemarin.

Usai melakukan tugasnya dengan sempurna di Asian Games 2018, kebugaran dan profesionalitas Son kembali diuji di jeda internasional. Dia bisa saja meminta waktu istirahat dan memilih langsung ke London untuk bergabung dengan Spurs, namun Son malah tetap bepergian dengan timnas Korsel dan melakoni dua laga persahabatan, yang membuatnya total mengikuti delapan pertandingan selama 26 hari.

"Saat saya bermain untuk negara, tak ada satu pun pertandingan yang saya anggap biasa. Saya adalah atlet profesional, tidak mungkin saya memandang sebelah mata. Terkadang saya payah, tapi bukan berarti saya tidak bersungguh-sungguh," sambungnya.

"Ini baru permulaan saja. Saya memang sudah rindu tim saya (Tottenham). Saya senang bisa kembali bermain di Liga Primer dan Liga Champions. Apa yang saya lalui sepanjang musim panas ini membuat saya makin paham menjadi atlet sepak bola," pungkas Son.

Video: Evan Dimas Siap Hadapi Piala AFF Tanpa Luis Milla
 



Jadwal Siaran Langsung Indonesia Kontra Timor Leste di Piala AFF 2018
Piala AFF 2018

Jadwal Siaran Langsung Indonesia Kontra Timor Leste di Piala AFF 2018

1 hour Ago

Timnas Indonesia bakal melakoni laga kedua di Grup B Piala AFF 2018 menghadapi Timor Leste, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /