NEWSTICKER

Index: 2023-02-05

106 result

Waspada Link Pencuri Lewat Aplikasi Whatsapp

Waspada Link Pencuri Lewat Aplikasi Whatsapp

Primetime News • 1 hour ago nasional

Modus terbaru penipuan menggunakan pesan Whatsapp berkedok link pembuka lapangan kerja berbentuk APK khusus pengguna Android.

Pakar Digital Forensik Ruby Alamsyah menilai penguna Android harus waspada, sebenarnya keamanan android sudah sangat aman. Namun, jika pengguna android mengunduh APK tersebut dan mengubah keamanannya maka akan terperdaya dengan mengunduh aplikasi tidak resmi. 

"Keamanan android sebenarnya sudah cukup aman tetapi saat ada penginstalan APK sejenis ini sistem Android akan memberi peringatan bahwa aplikasi ini tidak aman. Jika pengguna terperdaya, maka diminta untuk mengubah keamanan Android. Nah disitulah salah satu titik salahnya pengguna Android,". urai Pakar Digital Forensik Ruby Alamsyah dalam live program Primetime News, Metro TV.

Menurut Ruby, jika pengguna sudah terperdaya dengan mendownload APK tersebut tidak bermasalah. Namun, jangan sembarangan mengunduh tautan yang mencurigakan, cek keaslian dengan menghubungi call center resmi dan bagi pengguna android harus mengunduh aplikasi resmi dari sumber resmi melalui Google Play.

Ruby meminta kepada pengguna Android agar tidak mengunduh folder dalam bentuk APK dan tidak sembarangan mengubah pengaturan keamanan android.

Presiden Jokowi: Indeks Korupsi Turun akan Jadi Koreksi & Evaluasi Bersama

Presiden Jokowi: Indeks Korupsi Turun akan Jadi Koreksi & Evaluasi Bersama

Presidents Corner • 1 hour ago

Pekan ini, Presiden Joko Widodo menanggapi isu yang menjadi keprihatinan masyarakat, yakni soal turunnya skor indeks persepsi korupsi Indonesia. Bahkan, Indonesia disebut mendekati deretan negara terkorup di dunia.

"Indonesia tingkat korupsinya turun pak, indeks korupsinya turun di angka 34?," tanya wartawan.

"Ya itu akan menjadi koreksi dan evaluasi kita bersama, ya," jawab Presiden Jokowi.

Polda Metro Jaya Ungkit Kasus KDRT Bripka Madih, Pakar: Itu Serangan Balik?

Polda Metro Jaya Ungkit Kasus KDRT Bripka Madih, Pakar: Itu Serangan Balik?

Primetime News • 2 hours ago

Staf Asa Indonesia Institute, sekaligus Pakar Psikologi Forensik Reza Indragiri ada tiga persoalan yang harus menjadi perhatian dan harus diselesaikan secara profesional dalam kasus polisi peras polisi. Pertama soal tanah, kedua soal pernyataan Bripka Madih yang mengaku diperas oleh oknum polisi, dan ketiga munculnya narasi Bripka Madih pernah melakukan tindak KDRT.

Menurut Reza, munculnya narasi negatif yang dikeluarkan Polda Metro Jaya memunculkan spekulasi bahwa narasi tersebut merupakan serangan balik kepada Bripka Madih.

"Munculnya berita negatif yang secara tiba-tiba ada pada kasus Bripka Madih memunculkan spekulasi, apakah ini merupakan serangan balik dari otoritas mereka bekerja, yang tidak senang dengan adanya informasi negatif (Whistleblowing) yang diungkapkan personel mereka sendiri?," ujar Reza dalam Primetime News, Metro TV, Minggu (5/2/2023).

Sebelumnya, seorang anggota Provost Polsek Jatinegara, Bripka Madih viral di media sosial. Ia mengaku diperas oleh polisi atas laporan sengketa tanah orang tuanya.
 
Dalam video yang beredar di media sosial, Madih yang memakai seragam polisi kecewa karena sebagai personel Polda Metro Jaya dirinya justru dimintai uang untuk mengurus kasus sengketa tanah.

Kasus Sengketa Tanah Bripka Madih, Polda Metro Jaya: Sudah Dijual Orang Tuanya Sejak 1979

Kasus Sengketa Tanah Bripka Madih, Polda Metro Jaya: Sudah Dijual Orang Tuanya Sejak 1979

Primetime News • 2 hours ago

Polda Metro Jaya menggelar pertemuan antara Bripka Madih dan stakeholder terkait masalah lahan milik orang tua Bripka Madih yang disebut direbut oleh pihak tertentu. Dari hasil pertemuan, tanah Bripka Madih sudah dijual sejak 1979.

Dari data Polda Metro Jaya dan berita acara pemeriksaan tahun 2011, orang tua Bripka Madih bernama Tonge sudah menjual tanahnya kepada orang lain secara bertahap dari tahun 1979 hingga 1991 dan dilengkapi dengan akta jual beli.

Dir Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Hariyadi mengatakan terkait laporan yang dilayangkan pada tahun 2011 lalu sudah ditindak lanjuti oleh penyidik dan telah memeriksa 16 orang saksi dan tidak ditemukan adanya tindak pidana.

Sebelumnya, anggota Provos Polsek Jatinegara Bripka Madih mengaku diperas oleh penyidik sebesar Rp100 juta ketika melaporkan kasus sengketa tanah dan harus disediakan tanah seluas seribu meter agar laporannya ditindaklanjuti.

Bukti Soliditas Koalisi

Bukti Soliditas Koalisi

Presidents Corner • 2 hours ago

Pekan ini, dua ketua umum partai koalisi pengusung Jokowi menyatakan komitmen dukungan terhadap pemerintahan Presiden Jokowi hingga akhir masa jabatan. Pernyataan ini membuktikan soliditas koalisi yang tak tergoyahkan. 

Kunjungan Ketua Umum Partai NasDem ke markas Golkar menjadi sinyal kuat soliditas koalisi pendukung pemerintahan Jokowi. Walau aliansi politik menjelas Pilpres 2024 berbeda tetapi keduanya tetap berkomitmen mendukung pemerintahan Jokowi. 

Sejumlah partai politik peserta koalisi tampak mulai berjalan sendiri-sendiri. Seperti Golkar, PPP dan PAN yang membentuk Koalisi Indonesia Bersatu walaupun koalisi ini belum menentukan sosok capres dan cawapres yang akan diusung. 

Begitu pula dengan Partai NasDem yang menggalang Koalisi Perubahan bersama Partai Demokrat dan PKS. Partai NasDem telah mengusung Anies Baswedan sebaga capres dalam Pemilu 2024. Sedangkan Demokrat dan PKS juga telah memberi dukungan. 

Partai Gerindra dan PKB juga sepakat membentuk koalisi yang disebut Kebangkitan Indonesia Raya. Keseriusan koalisi ini ditandai dengan peresmian sekretariat bersama. 

Sedangkan PDI Perjuangan merupakan satu-satunya partai yang lolos presidensial treshold tampaknya belum merasa perlu menjalin koalisi. PDIP percaya diri akan mengusung kadernya dalam Pilpres 2024. 

Pedagang Pasar Karang Ayu Semarang Keluhkan Minyakita Mahal dan Langka

Pedagang Pasar Karang Ayu Semarang Keluhkan Minyakita Mahal dan Langka

Primetime News • 2 hours ago

Dalam satu bulan terakhir, stok Minyakita di Pasar Karang Ayu Semarang, Jawa Tengah mengalami kelangkaan. Hal ini pun membuat para pedagang terpaksa menaikkan harga jual. Para pedagang mengeluhkan adanya fenomena kelangkaan dan kenaikan harga seperti itu. 

Para pedagang mengatakan biasanya pada label Minyakita tertulis harga Rp14 ribu tetapi ketika mereka membeli atau mendapatkan harga dari distributor, harganya sudah mencapai Rp15 ribu. Maka dari itu, pedagang terpaksa menaikkan harga menjadi Rp16 ribu hingga Rp18 ribu. 

Peran NU dalam Pemilu 2024, Pakar: Harus Berdiri Tegak & Utamakan Kebangsaan

Peran NU dalam Pemilu 2024, Pakar: Harus Berdiri Tegak & Utamakan Kebangsaan

Primetime News • 2 hours ago

Sebagai organisasi Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU) selalu didekati partai politik untuk mendapatkan dukungan suara, terlebih menuju Pemilu 2024.

Pakar menilai kiprah NU dalam dunia politik harus tetap berdiri tegak dan tak berpihak pada partai apapun. Sebab, NU harus mengutamakan kebangsaan. 

"Menurut saya, tidak ada kiprah terbaik Nahdlatul Ulama, kecuali berdiri tegak lurus pada asasnya dan menjaga jarak yang sama bagi kekuatan politik manapun," ujar Pakar Komunikasi Politik, Profesor Karim Suryadi, dalam Primetime News Metro TV, Minggu (5/2/2023). 

"Hanya karena dia punya pengaruh, maka apapun pilihannya, kecondongan sikapnya harus dipertimbangkan sesuai dengan konteks yang melatarinya, yakni kebangsaan," sambung Karim Suryadi. 

Menurutnya, NU harus belajar dari masa lalu yang sempat membuat Islam terpecah belah, ketika Hasyim Muzadi yang berpasangan dengan Megawati. Sehingga, menimbulkan kubu NU. 

IRT Cabuli 17 Anak di Jambi, Pengamat: Trauma Korban Bisa Seumur Hidup

IRT Cabuli 17 Anak di Jambi, Pengamat: Trauma Korban Bisa Seumur Hidup

Metro Hari Ini • 2 hours ago

Sebanyak 17 anak di Kota Jambi diduga telah dicabuli oleh seorang ibu rumah tangga berinisial NT. Tidak hanya dicabuli, anak-anak juga diduga dipaksa untuk melihat aktivitas seksual pelaku bersama suaminya. 

Menanggapi kasus tersebut, pemerhati anak Retno Listyarti mengatakan, peristiwa itu pasti akan berdampak terhadap mentalitas anak dalam tumbuh kembang. Anak-anak juga perlu direhabilitasi agar mendapatkan pemulihan secara psikologis.

“Trauma dari perlakuan itu bisa seumur hidup kalau tidak pernah direhabilitasi secara psikologi,” kata Retno Listyarti.

Retno juga mengungkapkan, dalam research anak-anak yang mengalami kekerasan seksual memiliki traumatis yang panjang. Trauma itu yang nantinya mempengaruhi tumbuh kembang anak, salah satunya masalah rasa percaya diri anak. Retno Berharap penanganan rehabitilasi terhadap korban dilakukan secara serius.
 
“Penanganan terapi psikologis ini harus tuntas, kalau tidak akan terus berbekas,” ujar Retno.
 
Retno khawatir jika nantinya penangan pemulihan psikologis korban anak ini tidak ditangani secara serius akan menimbulkan kejahatan seksual. Selain itu

Perayaan Cap Go Meh 2023, Klenteng Tertua Bekasi Gelar Parade Barongsai

Perayaan Cap Go Meh 2023, Klenteng Tertua Bekasi Gelar Parade Barongsai

Headline News • 2 hours ago

Ribuan masyarakat antusias menikmati arak-arakan perayaan Cap Go Meh yang digelar oleh klenteng tertua di Bekasi, Jawa Barat. Parade Barongsai serta sejumlah kebudayaan Indonesia turut meramaikan perayaan Cap Go Meh kali ini.

Ribuan masyarakat berbondong-bondong mendatangi Jalan Haji Juanda, Bekasi Timur, Kota Bekasi untuk menyaksikan perayaan tradisi Cap Go Meh yang diadakan setiap tahun oleh Klenteng Hok Lay Kiong. Sejumlah masyarakat Tionghoa berharap perayaan Cap Go Meh tahun ini memberikan perdamaian dan berkah berupa rezeki yang berlimpah.

Beberapa kebudayaan Nusantara pun hadir dalam perayaan parade Cap Go Meh tahun ini, di antaranya atraksi Barongsai dengan mengambil angpao yang diberikan warga, serta mengelilingi beberapa pertokoan, turut menambah semarak suasana.

Jelang Satu Abad NU, Anggota GP Ansor Gelar Gladi Formasi Huruf

Jelang Satu Abad NU, Anggota GP Ansor Gelar Gladi Formasi Huruf

Primetime News • 2 hours ago

Menuju puncak peringatan satu abad Nahdlatul Ulama (NU), berbagai persiapan terus dilakukan, salah satunya gladi bersih formasi huruf yang dilakukan sejumlah anggota Gerakan Pemuda Ansor dan muslimat. 

Dipandu seorang instruktur, mereka menampilkan huruf membentuk kalimat "Satu Abad NU Digdaya". Kegiatan gladi bersih itu sempat tertunda akibat hujan. 

Acara puncak satu abad NU akan digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Selasa (7/2/2023). Sejumlah tokoh nasional dijadwalkan hadir, termasuk Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Selain itu, akan ada 300 ulama dunia dan sejumlah artis papan atas dijadwalkan tampil dalam perayaan tersebut. 

Kemeriahan Bogor Street Festival Cap Go Meh 2023

Kemeriahan Bogor Street Festival Cap Go Meh 2023

Primetime News • 2 hours ago

Perayaan Cap Go Meh 2023 di Bogor Street Festival diselenggarakan dengan meriah, Minggu (5/2/2023). Ratusan ribu masyarakat antusias melihat pertunjukan liong naga dan beragam kebudayaan lainnya. 

Beragam kebudayaan yang turut ditampilkan meliputi parade Ondel-Ondel Betawi, permainan musik angklung dan kesenian Reog Ponorogo. 

Acara yang telah dibuka oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Wakil Menparekraf, Angela Tanoesoedibjo itu turut diikuti oleh lima ribu peserta. 

Bogor Street Festival Cap Go Meh 2023 mengusung tema Bhinneka Tunggal Ika (Unity in Diversity). Acara yang digelar di sepanjang Jalan Surya Kencana hingga Jalan Siliwangi, Bogor, itu sudah dimulai dari 16.00 WIB dan rencananya akan selesai pukul 00.00 WIB.

Akibat diselenggarakan di sepanjang 2,1 kilometer, maka sebanyak seribu petugas gabungan TNI-Polri mengamankan acara dan menutup akses jalan. 

Arus lalu lintas juga dialihkan ke Simpang Jalan Bangka, Lawang Suryakencana, Simpang Jalan Roda, Simpang Jalan Pedati, Simpang Jalan Lawang Saketeng, Simpang Jalan Rangga Gading, Simpang Gang Besi, Simpang Gang Aut, Simpang Jalan Sukamulya, dan Simpang Warban.

Pelaku Pelecehan 17 Anak di Jambi Dikenal Tertutup

Pelaku Pelecehan 17 Anak di Jambi Dikenal Tertutup

Primetime News • 3 hours ago

Seorang ibu muda (NT) yang menjadi pelaku pelecehan seksual terhadap 17 anak di Jambi dikenal sebagai orang yang tertutup dan kurang bergaul. Menurut Ketua RT setempat, pelaku baru tinggal dilikungan tersebut selama dua tahun. 

Warga RT 28 Kelurahan Rawasari, Kecamatan Alambarajo, Jambi mengaku syok dan tidak percaya dengan kasus yang terjadi dan menimpa 17 anak di bawah umur. 

Ketua RT setempat, Helmi mengatakan pelaku dikenal sebagai pribadi yang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dengan membuka usaha warung dan rental video games. 

Stok Langka, Minyak Goreng Subsidi Minyakita Dijual dengan Harga Tinggi

Stok Langka, Minyak Goreng Subsidi Minyakita Dijual dengan Harga Tinggi

Metro Hari Ini • 3 hours ago

Minyak goreng bersubsidi merek Minyakita kini sudah ditemukan di pasaran. Namun, jika ada harga jualnya lebih tinggi dari harga eceran tertinggi yang ditetapkan oleh pemerintah.

Di Pasar Kebayoran Lama Jakarta Selatan, Minyakita sangat sulit ditemukan. Meskipun ditemukan, harganya lebih tinggi dari harga eceran yang ditetapkan pemerintah.

Hal ini karena menurut pedagang harga dari agen meningkat, sehingga tidak memungkinkan untuk menjual Minyakita dengan harga eceran tertinggi yang ditetapkan pemerintah. Dari agen pun, pembelian Minyakita dibatasi hanya boleh empat dus dalam sekali pembelian.

"Dari agennya dibagi, barang belanjanya dibagi dua dus, tiga dus satu toko. Paling banyak empat dus," ujar pedagang di Pasar Kebayoran Lama.

Pedagang di Pasar Kebayoran Lama menjual Minyakita seharga Rp15 ribu. Pembeli banyak yang mencari Minyakita. Namun stok di pasaran sangat sedikit. Hingga akhirnya banyak pembeli yang beralih membeli minyak curah.

Minyakita Langka, Warga Diimbau Beralih ke Minyak Goreng Curah

Minyakita Langka, Warga Diimbau Beralih ke Minyak Goreng Curah

Metro Hari Ini • 3 hours ago

Polres Sumedang bersama Diskoperindag Sumedang melakukan pengecekan ketersediaan stok minyak kemasan rakyat, Minyakita, di gudang milik distributor dan di pasar tradisional. Kapolres Sumedang AKBP Indra Sertiawan menyatakan pengecekan Minyakita dilakukan menyusul adanya laporan kelangkaan stok Minyakita di pasaran.

Dari hasil pengecekan tersebut, diketahui bahwa stok minyak goreng bersubsidi Minyakita di beberapa distributor ternyata sudah menipis. Bahkan di beberapa pedagang sudah tidak ada ketersediaannya. Meskipun Minyakita mengalami kekurangan stok, tapi jumlah minyak goreng merek lain di pasaran masih mencukupi.

Kelangkaan minyak goreng bersubsidi, Minyakita juga terjadi di Bandung, Jawa Barat. Meski demikian, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bandung Elly Wasliah menyatakan bahwa minyak goreng stok Minyakita di pasar memang sudah menipis. Namun, masyarakat tidak perlu khawatir, karena minyak goreng kemasan merek lain dan minyak curah di pasar masih mencukupi.

Sementara itu, pedagang di beberapa pasar tradisional di Semarang, Jawa Tengah sejak satu bulan terakhir mengeluhkan langkanya Minyakita. Seperti yang terjadi di Pasar Karang Ayu Kota Semarang, pedagang mengaku kiriman Minyakita menurun sejak satu bulan terakhir.

Akibatnya, harga Minyakita juga naik meskipun pada kemasan masih tertulis Rp14 ribu per liter. Namun pihak distributor menjualnya dengan harga Rp15 ribu per liter, sehingga harga ditingkat konsumen mencapai Rp16 ribu hingga Rp18 ribu per liternya.

Jembatan Ambruk, Akses Jalan Antarkecamatan di Bireuen Lumpuh

Jembatan Ambruk, Akses Jalan Antarkecamatan di Bireuen Lumpuh

Metro Hari Ini • 3 hours ago

Sebuah jembatan rangka baja dengan lebar enam meter dan panjang 80 meter di Desa Matang Bangka, Kecamatan Jeunieb ambruk ke sungai sedalam dua meter karena tergerus banjir. Akibatnya, akses penghubung antarkecamatan di Kabupaten Bireuen, Aceh tak dapat dilalui. 

Warga yang hendak menuju ke pasar di Kecamatan Jeunieb terpaksa memutar melalui jalan kecamatan lain, sehingga jarak tempuh menjadi sangat jauh. Guna menghindari adanya korban jiwa, lokasi jembatan yang ambruk ini dipasangkan garis polisi.

Jembatan Kapsali Ambruk, 3 Kecamatan di Kupang Terisolasi

Jembatan Kapsali Ambruk, 3 Kecamatan di Kupang Terisolasi

Metro Hari Ini • 4 hours ago

Jembatan Kapsali di Desa Manubelon, Kecamatan Amfoang Barat Laut, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur ambruk tergerus luapan banjir. Akibatnya, warga di tiga kecamatan terancam terisolir.

Tiga kecamatan yang terisolasi, yakni Kecamatan Amfoang Barat Laut, Kecamatan Amfoang Utara, dan Kecamatan Amfoang Selatan. Warga yang hendak melintas, terpaksa melewati salah satu papan penyangga jembatan yang tersisa dengan risiko terjatuh ke sungai.

Warga terpaksa melintasi papan penyangga jembatan meskipun berbahaya, karena itu merupakan akses satu-satunya dari tiga kecamatan menuju Kupang. Pemerintah setempat diharapkan bisa segera memperbaiki jembatan tersebut, agar aktivitas warga kembali normal.

Puluhan Siswa di Sikka Terpaksa Sebrangi Sungai Demi Bersekolah

Puluhan Siswa di Sikka Terpaksa Sebrangi Sungai Demi Bersekolah

Metro Hari Ini • 4 hours ago

Puluhan siswa sekolah dasar di Kabupaten Sikka Nusa Tenggara Timur harus menerobos derasnya arus sungai untuk menuju ke sekolah. Pada musim penghujan seperti saat ini, para siswa pun harus mewaspadai banjir yang bisa datang sewaktu-waktu.

Jalur yang harus melewati Sungai Nanga Gete di Desa Blawuk, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka ini merupakan akses satu-satunya bagi para siswa yang tinggal di dua dusun untuk menuju ke sekolah. Untuk menyebrangi sungai, para siswa harus melepas sepatu dan seragamnya agar tidak basah. Beberapa siswa yang masih kecil terpaksa harus diantar orang tuanya untuk menyebrangi sungai.

Kondisi semakin berbahaya saat musim penghujan, karena banjir bisa datang sewaktu-waktu. Jika dalam kondisi banjir, para siswa terpaksa tidak masuk sekolah.

Warga berharap pemerintah setempat bisa segera membangun jembatan gantung, agar para siswa bisa pergi ke sekolah dengan aman dan nyaman.

Dihantam Angin Kencang, Mobil SUV di Sunter Rusak Tertimpa Pohon Tumbang

Dihantam Angin Kencang, Mobil SUV di Sunter Rusak Tertimpa Pohon Tumbang

Headline News • 4 hours ago nasional

Sebuah mobil jenis SUV rusak tertimpa pohon tumbang, akibat angin kencang yang menerjang kawasan Sunter, Jakarta Utara, Minggu (5/2/2023) malam.

Beruntungnya, peristiwa itu tidak menelan korban jiwa. Sebab, mobil tersebut sedang terparkir dan ditinggal pemiliknya. 

Selain itu, pohon tumbang juga mengakibatkan satu tiang listrik nyaris roboh. Petugas Dinas Perhutanan DKI Jakarta yang tiba di lokasi langsung memotong batang pohon yang melintang di jalan. 

Tim SAR Kembali Mencari Nelayan Hilang di Hutan Mangrove Gorontalo

Tim SAR Kembali Mencari Nelayan Hilang di Hutan Mangrove Gorontalo

Headline News • 4 hours ago nasional

Tim SAR gabungan terus mencari seorang nelayan yang dinyatakan hilang saat mencari kerang di kawasan hutan mangrove di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo pada Jumat (3/1/2023).

Dari lokasi pencarian, Tim SAR gabungan hanya menemukan jejak kaki dan barang-barang milik korban. 

Petugas bersama dengan masyarakat setempat terus berupaya mencari korban dengan menyisir seluruh kawasan hutan mangrove dan pesisir laut dengan menggunakan perahu karet.

Semarak Cap Go Meh di Glodok dan Jalan Surya Kencana Bogor

Semarak Cap Go Meh di Glodok dan Jalan Surya Kencana Bogor

Metro Hari Ini • 4 hours ago

Perayaan Cap Go Meh 2023 di Pecinan Glodok, Jakarta Barat merayakan Festival Cap Go Meh yang dibuka pukul 11.00-20.00 WIB. Warga antusias memeriahkan Festival Cap Go Meh di Glodok dan masih terus meningkat memadati pecinan, Minggu (5/2/2023).

Rangkaian acara festival Cap Go Meh di Pecinan Glodok dimeriahkan dengan perayaan iring-iringan barongsai dan liong yang mengitari kawasan Glodok. Selain itu ada Kirab Tapekong yang diiring-iringi oleh beberapa marching band, ondel-ondel dan paskibra.

Terdapat juga panggung seni budaya di Pecinan Glodok yang menampilkan atraksi pencak silat, wayang potehi, gambang kromong dan musik guzheng.

Selain itu, ratusan lebih masyarakat hadir untuk menyaksikan berbagai pertunjukan di Bogor Street Festival yang digelar di sepanjang Jalan Surya Kencana hingga Jalan Siliwangi, Bogor, Jawa Barat, Minggu (5/2/2023).

Tema yang disusung Bogor Street Festival adalah Unity in Diverity atau Bhinneka Tunggal Ika. Rangkaian acara Bogor Street Festival dimeriahkan dengan parade kebudayaan Indonesia seperti Ondel-Ondel Betawi, Reog Ponorogo, Burok Cirebon dan Ogoh-Ogoh Bali pun turut meriahkan festival tersebut. 

Korban Pelecehan Ibu Muda di Jambi Bertambah Jadi 17 Anak

Korban Pelecehan Ibu Muda di Jambi Bertambah Jadi 17 Anak

Metro Hari Ini • 5 hours ago

PPA Ditreskrimum bersama Tim Inafis Polda Jambi, menggelar olah TKP di kediaman pelaku NT tersangka pelecehan seksual terhadap anak, Minggu(5/2/2023). Jumlah korban pelecehan seksual pun bertambah menjadi sebanyak 17 anak.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jambi, Kombes Pol Andri Ananta Yudistira mengatakan, olah TKP digelar guna mencari bukti-bukti lain dalam kasus pelecehan seksual. Hasil olah TKP dan hasil keterangan pihak keluarga korban, total korban mencapai 17 orang.

Jumlah korban kini bertambah menjadi 17 orang. Saat ini polisi juga melakukan pemeriksaan terhadap suami dan mertua pelaku di Mapolda Jambi.

Masih Trauma, Penumpang Mobil Dinas DPRD Jambi Belum Diperiksa

Masih Trauma, Penumpang Mobil Dinas DPRD Jambi Belum Diperiksa

Metro Hari Ini • 5 hours ago

Satlantas Polresta Jambi telah memeriksa SA (17), pelaku yang mengendarai mobil dinas DPRD hingga menabrak tiang, Kamis (2/2/2023) malam. Namun, rekan wanita yang menjadi penumpang dalam mobil tersebut belum bisa diperiksa karena masih trauma.

Penumpang mengalami patah tulang dan tengah dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara. Sebelumnya, Kasat Lantas Polresta Jambi Kompol Aulia Rahmad mengatakan, pelaku dikejar warga karena ketahuan sedang berpacaran, sebelum terjadinya kecelakaan. 

Akibat panik, pelaku melajukan kendaraan dengan kecepatan tinggi hingga menabrak tiang pembatas jalan. Namun saat ini, polisi belum menentukan status pelaku dalam kasus tersebut.

Jari Bayi 8 Bulan Terpotong oleh Perawat, Pihak RS Muhammadiyah Palembang Upayakan Mediasi

Jari Bayi 8 Bulan Terpotong oleh Perawat, Pihak RS Muhammadiyah Palembang Upayakan Mediasi

Metro Hari Ini • 5 hours ago

Pihak Rumah Sakit Muhamadiyah Palembang, Sumatra Selatan, mengakui adanya kelalaian oknum seorang perawat yang menyebabkan jari bayi delapan bulan putus tergunting. Wakil Direktur SDM, Muksin mengatakan pihaknya masih menunggu sang bayi sembuh dan akan mengupayakan proses mediasi dengan keluarga bayi. 

Sebelumnya, pihak rumah sakit telah bertanggung jawab atas kerjadian tersebut tetapi pihak keluarga merasa tidak puas dan tetap melaporkan ke polisi. Seluruh pegawai rumah sakit yang sedang berjaga telah dimintai keterangan, Sabtu (4/2/2023) malam. 

Akibat kejadian ini, sang perawat yang dianggap lalai itu telah dinonaktifkan. Penonaktifan perawat berawal dari laporan Ayah bayi, Suparman, E-SPKT Polrestabes Palembang, Sabtu (4/2/2023) sore. Saat di BAP, sang ayah sembari menunjukan alat bukti berupa foto korban yang jarinya diperban. Selain dinonaktifkan sementara dari jabatannya sebagai perawat, yang bersangkutan juga akan diperiksa oleh komisi etik Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang.

Menurut pengakuannya, peristiwa tersebut terjadi saat anaknya atau korban dibawa ke Rumah Sakit Muhammadiyah untuk dirawat karena terserang penyakit demam. Namun saat dirawat, salah satu perawat yang hendak membuka infus korban menggunakan gunting terkena jari telingking korban sebelah kiri hingga putus.

Atraksi Liong Naga 208 Meter di Sumut Pecahkan Rekor MURI

Atraksi Liong Naga 208 Meter di Sumut Pecahkan Rekor MURI

Metro Hari Ini • 5 hours ago

Kemeriahan Cap Go Meh berlangsung di sejumlah daerah, salah satunya di Deli Serdang, Sumatera Utara dan di Magelang, Jawa Tengah. Sejumlah atraksi ragam budaya seni lokal dan budaya khas Tionghoa ditampilkan.

Perayaan Cap Go Meh Maha Vihara Maitreya Deli Serdang, Sumatera Utara menggelar Pekan Budaya Nusantara 2023 dengan puncak acaranya menampilkan atraksi pawai liong naga terpanjang di Indonesia.

Liong naga sepanjang 208 meter dengan 60 pemain ini memecahkan Museum Rekor Indonesia (MURI) dan mengalahkan rekor sebelumnya, yakni liong naga sepanjang 178 meter dari Singkawang, Kalimantan Barat.
 
Selain liong naga terpanjang, pemecahan rekor MURI juga terjadi pada parade multi-etnis yang melibatkan sedikitnya 11 etnis pada pembukaan Pekan Budaya Nusantara 2023 Sumatera Utara.
 
Sementara itu di Magelang, Jawa Tengah, kemeriahan perayaan Cap Go Meh juga menampilkan berbagai ragam seni budaya lokal dan budaya khas Tionghoa seperti barongsai, atraksi liong serta parade Dewa-Dewi. 

Rangkaian kirab Cap Go Meh diakhiri dengan berbagai kesenian daerah setempat seperti topeng ireng, kuda lumping, ndo-lalak hingga sorengan.

Perpaduan seni dan budaya ini diharapkan makin memperkuat toleransi antar warga. Nantinya penampilan seni budaya tradisional akan terus dilibatkan dalam setiap perayaan Cap Go Meh di kota Magelang.

Menilik Kondisi Wisma Atlet Sejak Berhenti Beroperasi

Menilik Kondisi Wisma Atlet Sejak Berhenti Beroperasi

Newsline • 6 hours ago

Seiring menurunnya kasus Covid-19 di tengah masyarakat, Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran berhenti beroperasi secara bertahap. Wacana alih fungsi RSDC Wisma Atlet muncul setelah beberapa waktu terakhir tidak lagi merawat pasien isolasi Covid-19.

Pemerintah  selaku pengelola RSDC Wisma Atlet Kemayoran sejak 31 Desember 2022 resmi mengumumkan penghentian operasional RSDC Wisma Atlet, penghentian operasional dilakukan secara bertahap hingga 31 Maret 2023. Kendati sudah mengumumkan penghentian operasional RSDC Wisma Atlet, pemerintah selaku pengelola masih membuka tower 6 untuk mengantisipasi kembali adanya masyarakat yang  terkena Covid-19.

Tower enam RSDC Wisma Atlet Kemayoran memiliki sejumlah fasilitas seperti ruang instalasi gawat darurat IGD Incentive Care Unit (ICU) dan High Care Unit (HCU). Adapun jumlah ketersediaan tempat tidur pasien di tower enam saat ini sebanyak total 1.575 tempat tidur. Namun, hanya 1.100 tempat tidur yang disiagakan. Sementara relawan yang masih bertugas ada sebanyak 181 relawan yang terdiri dari 134 relwan tenaga kesehatan dan 47 relawan non tenaga kesehatan.

Kondisi RSDC Wisma Atlet yang sudah lama tidak beroperasi ini juga mendapat perhatian dari Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Ida Mahmudah. Menurutnya, ada sebaiknya pengelolaan RSDC Wisma Atlet selanjutnya dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta mengingat sebelumnya hal serupa juga terjadi di Rusun Pasar Rumput.

79 Ulama dari 40 Negara Siap Hadiri Muktamar Internasional Fiqih Peradaban Besok

79 Ulama dari 40 Negara Siap Hadiri Muktamar Internasional Fiqih Peradaban Besok

Headline News • 6 hours ago

Ketuam Umum PBNU Gus Yahya mengatakan sudah ada kesiapan dan konfirmasi dari ulama luar negeri yang akan mengikuti Muktamar Internasional Fiqih Peradaban. Sebanyak 79 ulama dari 40 Negara akan hadir dalam acara tersebut.

PBNU yang akan melaksanakan Muktamar Internasional Fiqih Peradaban di Surabaya pada Senin, (6/2/2023). Ditargetkan 300 ulama akan hadir dari dalam dan luar negeri.

Sejumlah rangkaian acara digelar antara lain, pameran foto dan dokumen komite hijaz, yakni perjalan KH. Wahab Hasbullah dan Syeikh Ghanaim Al-amir sebagai utusan Nahdlatul Ulama bertemu dengan Raja Ibnu Saud pada 1928, Minggu (5/2/2023).

Dari dokumen maupun pameran foto bisa diambil nilai-nilai makna bahwa Nahdlatul Ulama menjadi salah satu tonggak di Indonesia untuk ikut membangun peradaban Islam di dunia dengan dikirimkannya delegasi Indonesia, salah satunya berasal Nahdlatul Ulama.

Jaksa Dinilai Tidak Pantas Dilema Yuridis

Jaksa Dinilai Tidak Pantas Dilema Yuridis

Kontroversi • 6 hours ago

Mantan jaksa Jasman Panjaitan menyoroti pernyataan jaksa yang menyebut dilema yuridis saat menuntut Richard Eliezer. Ia menilai jaksa tidak pantas dilema yuridis. 

"Seorang jaksa yang profesional tidak pantas mengatakan begitu (dilema yuridis)," tegas Jasman.

Jasman mengatakan jaksa harus berani dan teguh dalam menuntut para terdakwa. Menurutnya, jaksa haram untuk ragu menuntut atau membuktikan seseorang bersalah. 

AS Tembak Jatuh Balon yang Diduga Mata-mata Tiongkok

AS Tembak Jatuh Balon yang Diduga Mata-mata Tiongkok

Headline News • 6 hours ago

Sebuah jet tempur militer milik AS menembak jatuh balon yang diduga mata-mata Tiongkok di Lepas Pantai Carolina Selatan, pada Sabtu (4/2/2023) waktu setempat.

Beberapa pesawat tempur dan pesawat pengisi bahan bakar, terlibat dalam misi ini. Namun, hanya satu jet tempur jenis F-22 dari pangkalan angkatan udara Langley yang melakukan penembakan menggunakan satu rudal. Atas kejadian ini, Tiongkok mengutuk keras serangan militer terhadap pesawat yang menurutnya digunakan untuk tujuan metereologi dan ilmiah lainnya. Tiongkok mengklaim bahwa pesawat tersebut tersesat ke wilayah AS.

Dua jam sebelum penembakan balon yang diduga mata-mata Tiongkok, badan aviasi Amerika Serikat menutup tiga bandara yang berada di selatan dan utara Carolina. Selain itu, otoritas setempat juga menutup area udara di sekitar lokasi untuk sementara.

Kemenkes Pesan 20 Juta Dosis Vaksin Inavac Unair

Kemenkes Pesan 20 Juta Dosis Vaksin Inavac Unair

Headline News • 6 hours ago

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia memesan 20 juta dosis vaksin Inavac yang diproduksi Unair bersama PT Biotis. Nantinya vaksin Inavak akan digunakan sebagai vaksin booster untuk masyarakat pada tahun ini.

20 juta dosis vaksin Merah Putih atau vaksin Inavac akan diproduksi di 2023 sesuai dengan pesanan dari Kemenkes. Kemenkes juga telah membeli 5 juta dosis vaksin Inavac pada 2022. 

Mengenai pendistribusian vaksin Inavac, rektor Unair, Profesor Doktor Mohammad Nasih mengungkapkan jika vaksin buatan dalam negeri tersebut akan disebarkan ke seluruh pelosok negeri dan diatur oleh Kemenkes, termasuk untuk mekanisme penggunaannya maupun pembagian dosis di tiap provinsi. Sementara, mengenai vaksin Inavac yang akan digunakan untuk anak dan remaja, saat ini tim peneliti sedang mempersiapkan protokol uji klinisnya agar bisa segera dilakukan.

Vaksin Merah Putih atau vaksin Inavac hasil penelitian Unair telah mendapatkan izin penggunaan darurat BPOM sejak 4 November 2022. Izin tersebut diberikan untuk penggunaan vaksin Inavac sebagai vaksin primer 1 dan vaksin dosis kedua untuk orang dewasa.

DPRD DKI Minta RSDC Wisma Atlet Alih Fungsi Jadi Rusun dan RS Anak

DPRD DKI Minta RSDC Wisma Atlet Alih Fungsi Jadi Rusun dan RS Anak

Newsline • 6 hours ago

Wacana alih fungsi RSDC Wisma Atlet muncul setelah beberapa waktu terakhir tidak lagi merawat isolasi Covid-19. Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah mengusulkan agar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengambil alih Wisma Atlet Kemayoran untuk dialihfungsikan sebagai rumah susun dan rumah sakit. 

"Wisma atlet daripada mangkrak banyak kuntilanaknya, Pemda DKI memproses itu untuk kita minta jadikan rusun atasnya, bawahnya kita buat rumah sakit anaklah,  kita kan butuh," kata Ida Mahmudah.

Menanggapi hal tersebut, pakar tata kota Nirwono Joga mengatakan, Wisma Atlet sebaiknya dikembalikan sebagaimana fungsi semula yaitu mendukung kegiatan olah raga. Pemerintah pusat diminta untuk konsisten dengan tujuan awal membangun Wisma Atlet. 

"Pilihan paling awal atau paling ideal tentu mengembalikan Wisma Atlet sesuai dengan fungsi awal semulanya untuk mendukung kegiatan olah raga, itu jauh lebih baik," kata Nirwono Joga, dalam wawancara daring di program Newsline, Metro TV, Minggu (5/2/2023).

Nirwono juga menyebut, permintaan Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah untuk menjadikan Wisma Atlet sebagai Rusunawa perlu untuk dikaji lebih lanjut. Menurutnya jika DKI ingin membuat hunian dan rumah sakit anak untuk masyarakatnya lebih baik menggunakan dana APBD DKI. Selain itu, Rusunawa Pasar Rumput milik pemerintah pusat juga sudah diserahkan kepada pemerintah DKI untuk mengelolanya.