NEWSTICKER

LOCAL NEWS

Mengenal Batik Tulis Sukapura

Mengenal Batik Tulis Sukapura

Nusantara • 3 days ago

Sejumlah daerah di Indonesia menyimpan segudang potensi dari tangan-tangan terampil masyarakat yang menjadi kearifan lokal daerah masing masing. Salah satunya di Tasikmalaya yang memiliki kerajinaan tradisional batik tulis dengan ciri motif dan corak khas tersendiri. 

Batik tulis Sukapura merupakan batik ciri khas Kabupaten Tasikmalaya yang dikerjakan secara manual dengan motif, corak bahkan warna khas seperti nuansa keindahan alam misalnya corak tanaman, bunga dan hewan. Para pengrajin batik tulis Sukapura merupakan turun temurun dari nenek moyang mereka dan telah menekuni kerajinan batik tulis selama puluhan tahun.

Di tengah kemajuan teknologi, pengrajin di dorong untuk ikut berbagai pameran dan mendaftarkan produk batik tulis Sukapura secara nasional. Penjulan batik tulis Sukapura telah dipasarkan secara online diberbagai platform online melalui pelatihan dari Bank Indonesia. Batik tulis Sukapura di pasarkan dengan harga Rp300 hingga Rp700 ribu perlembar dengan  omset bisa mencapai Rp50 juta  per bulan.

Pengrajin batik tulis Sukapura ini diharapkan dapat mengangkat perekonomkan warga setempat. Pemasaran batik Sukapura ini telah tersebar ke seluruh daerah di Indonesia. Keberdaan batik tulis Sukapura terus dipertahankan agar generasi para pelukis batik tidak punah.

Titan Infra Energy Bakal Perpanjang Jalur Khusus Batu Bara di Sumsel

Titan Infra Energy Bakal Perpanjang Jalur Khusus Batu Bara di Sumsel

Nusantara • 10 days ago

PT. Titan Infra Energy sebagai salah satu perusahaan tambang yang terus berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan batu bara dalam negeri sebesar 25?ri total produksi. Selain itu di tahun ini perusahaan penyedia jasa infrastruktur pertambangan ini optimis mampu meningkatkan pengapalan batu bara sebesar 5 juta ton dibandingkan tahun kemarin.

Di wilayah Sumatera Selatan sebagai penghasil komoditi batu bara terbesar di Pulau Sumatera, telah memiliki jalur khusus angkutan batu bara sejak 2015 yang dikelola oleh PT. Titan Infra Energy melalui anak perusahaannya PT. Servo Lintas Raya. Di jalur sepanjang 113 kilometer ini dari mulut tambang hingga stock pile di sungai, terdapat 15 perusahaan tambang yang menggunakan jasa infrastruktur tersebut.

Selanjutnya, PT. Titan berupaya dalam waktu dekat akan menambah panjang jalur khusus angkutan batu bara ini menjadi 145 kilometer yang mengelilingi 3 kabupaten penghasil batu bara di Provinsi Sumatera Selatan yakni Muara Enim, Lahat dan Pali.

Bening's Klinik Gelar Grand Re-Opening Tempat Baru di Palembang

Bening's Klinik Gelar Grand Re-Opening Tempat Baru di Palembang

Nusantara • 16 days ago

Klinik kecantikan Bening's Palembang, gelar Grand Re-Opening tempat baru di Jalan Basuki Rahmat, Kecamatan Kemuning, Kota Palembang, Sabtu (17/9/2022). Acara tersebut dihadiri langsung C.O Founder Bening's Indonesia, Dokter Oky Pratama dan Brand Ambasador, Thariq Halilintar dan Aurel Hermansyah.
 
Acara kegiatan Grand Re-Opening ini di mulai dengan pemotongan tumpeng oleh C.O Founder Klinik Kecantikan Bening's Indonesia, Dokter Oky Pratama dan diberikan kepada ke dua orang tuanya yang turut hadir dalam acara ini.
 
Selanjutnya, peresmian di tandai dengan pemotongan pita yang dilakukan oleh istri Wakil Walikota Palembang, Selviana Harnojoyo yang sekaligus sebagai Ketua Penggerak Ibu PKK Kota Palembang.
 
Dokter Oky Pratama mengatakan Grand Re-Opening Klinik Bening's Palembang di lokasi ini lantaran di lokasi tempat yang berada di Jalan R. Soekamto, Palembang, kerap di keluhkan para pelanggan akibat kurangnya lahan parkir.
 
Selain itu, di lokasi lama akan di bangun fly over, sehingga akan membuat lokasi parkir hanya bisa menampung 1 mobil pelanggan saja. Padahal, setiap harinya pelanggan yang datang ke Bening's Klinik mencapai 100 hingga 200 pelanggan perhari.

Visit Plan PT Pusri Palembang Bersama 40 Petani ke Pusat Produksi Pupuk Pusri

Visit Plan PT Pusri Palembang Bersama 40 Petani ke Pusat Produksi Pupuk Pusri

Nusantara • 16 days ago

Guna meningkatkan pelayanan, PT Pusri Palembang mengadakan kegiatan Plan Visit bersama Petani Lampung untuk melihat pusat produksi pupuk Urea dan NPK di PT Pusri Palembang, 15 September 2022.

Direktur Utama PT Pusri Palembang, Tri Wahyudi Saleh, mengajak 40 petani dari Provinsi Lampung untuk dapat melihat langsung proses pembuatan pupuk urea dan pupuk NPK.

Selain itu, para Petani juga mendapat kawalan teknologi untuk meningkatkan hasil produksi pertanian serta di berikan layanan customer care untuk dapat membantu petani dalam mencari solusi mengenai pemupukan.

Sulawesi Utara Daerah Potensial dengan Beragam Nilai Investasi

Sulawesi Utara Daerah Potensial dengan Beragam Nilai Investasi

Nusantara • 20 days ago

Pertumbuhan ekonomi suatu daerah ditopang dengan adanya investasi dari pelaku usaha. PT. Abadi Lestari Celebes Bahari menilai Sulawesi Utara merupakan daerah potensial bisnis yang memiliki beragam nilai investasi mulai dari industri pertambangan, perkebunan hingga bahari. 

Di Kabupaten Minahasa Selatan pada sektor bahari khususnya di jasa angkutan merupakan potensi besar untuk mendukung ekonomi daerah. Rusdianto, Kepala Kantor UPP Kelas Dua Amurang mengatakan sedikitnya ada 30 kapal yang beraktivitas di Pelabuhan Amurang.

Metro tv di Sulawesi Utara diberi kesempatan untuk melihat dari dekat bisnis dari Bambang Laksono, Komisaris Utama PT. Abadi Lestari Celebes Lesatari. Seorang pengusaha pelayaran pengangkutan jenis kapal tag boat yang sudah di jalaninya selama enam tahun.

Polda Sulawesi Utara Ungkap 35 Kasus Tindak Pidana Selama Agustus 2022

Polda Sulawesi Utara Ungkap 35 Kasus Tindak Pidana Selama Agustus 2022

Nusantara • 20 days ago

Polda Sulawesi Utara dan jajarannya berhasil mengungkap 35 kasus tindak pidana selama bulan Agustus tahun 2022.

Menindaklanjuti atensi Kapolri, 35 kasus tindak pidana yang diungkap terdiri dari 9 kasus narkoba, 8 kasus migas, dan 18 kasus perjudian. Hal tersebut disampaikan Kabid Humas Kombes Pol Jules Abraham Abast di Mapolda Sulut.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng Resmi Ditahan KPK

Bupati Mimika Eltinus Omaleng Resmi Ditahan KPK

Nusantara • 27 days ago

Usai dilakukan jemput paksa dan penangkapan oleh KPK, Bupati Mimika, Eltinus Omaleng resmi ditahan KPK pada Kamis (8/9/2022).  

Eltinus tiba di gedung KPK dengan pengawalan ketat aparat Brimob berseragam lengkap. Eltinus juga nampak telah menggunakan baju tahanan khas KPK dan dengan tangan diborgol.

Dalam konferensi persnya, Ketua KPK, Firli Bahuri mengatakan bahwa pihaknya melakukan penahanan terhadap Eltinus untuk 20 hari pertama, yaitu mulai hari ini.

Eltinus merupakan salah satu tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan gereja King Mile 32 yang menelan anggaran sekitar Rp160 Miliar.

Ilmuwan Ungkap Bukti Operasi Amputasi Tertua di Dunia Ada di Kalimantan

Ilmuwan Ungkap Bukti Operasi Amputasi Tertua di Dunia Ada di Kalimantan

Nusantara • 27 days ago

Arkeolog menemukan sebuah kerangka manusia berusia 31 ribu tahun yang kehilangan satu kaki di dalam gua di Liang Tebo, Kalimantan Timur pada Jumat (9/9/2022). Para ilmuwan menyebut kerangka itu merupakan bukti prosedur amputasi tertua di dunia.
 
Setelah melaksanakan penelitian selama sekitar dua tahun, para ilmuwan dari Griffith University, Australia, menemukan bukti tindakan medis pada masa prasejarah dari kerangka yang ditemukan di Kalimantan Timur. Para peneliti menyimpulkan, tulang kaki tidak hilang, melainkan sengaja dipotong secara hati-hati.
 
Kerangka ini disebut telah menjalani proses amputasi atau pemotongan anggota tubuh pada usia anak-anak dan berhasil bertahan hidup hingga beberapa tahun kemudian. Namun para Ilmuwan belum bisa memastikan apakah prosedur amputasi merupakan prosedur medis yang umum dilakukan di tahun-tahun itu. Pasalnya, para peneliti tidak menemukan kerangka lain dengan usia dan kondisi yang serupa di lokasi yang sama.
 

Sandiaga Uno Serahkan Penghargaan Desa Wisata Terbanyak untuk Sulsel

Sandiaga Uno Serahkan Penghargaan Desa Wisata Terbanyak untuk Sulsel

Nusantara • 27 days ago

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno memberi penghargaan kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, sebagai provinsi dengan daerah wisata terbanyak pada 2022, Rabu (7/9/2022).

Provinsi Sulawesi Selatan meraih penghargaan sebagai daerah wisata terbanyak dengan 418 desa wisata yang masuk dalam anugerah daerah wisata dan jaringan desa wisata. Jumlah tersebut mengalahkan Provinsi Sumatra Utara yang tahun sebelumnya meraih daerah wisata terbanyak.

Menparekraf Sandiaga Uno juga memberi penghargaan kepada Desa Campaga, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, sebagai top 50 nominator desa terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia setelah menyingkirkan sekitar 3 ribu desa se-Indonesia.

Dalam kunjungan ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan, Desa-desa wisata yang belum masuk top 50 akan dilakukan pendampingan dan pembinaan.

Kapolda Sulut Pimpin Apel Power on Hand Brimob

Kapolda Sulut Pimpin Apel Power on Hand Brimob

Nusantara • 28 days ago

Kapolda Sulawesi Utara, Irjen Pol Mulyatno, memimpin apel Power on Hand sub Brimob Sulut di Mako Brimob Paniki, Manado. Keberadaan Sat Brimob memberikan kontribusi positif dan strategis dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum polda sulut.

Di depan personil Sat Brimob, Mulyatno menyampaikan sebagai pasukan Brimob hendak terus menerus meningkatkan 7 kemampuan dasar Brimob Polri serta diharapkan mendukung  pelaksanaan fungsi Kepolisian lainnya dalam menjaga koneksivitas wilayah. 

Mulyatno meminta, seluruh personil Sat Brimob Polda Sulut harus memiliki komitmen yang kuat dalam memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat. Selaku pimpinan di Polda Sulut, ia juga mengharapkan bantuan dan dukungan serta kerjasama dari personil Sat Brimob, untuk dapat mendukung dan menyukseskan program Presisi Kapolri. 

Kapolda juga menyiapkan sebagian personel Kepolisian harus berusaha menjadi anggota Polri yang terbaik dengan pedoman kode etik dan peraturan tentang kepolisian.

Bisnis Armada Tug Boat, Tetap Eksis di Tengah Hantaman Pandemi

Bisnis Armada Tug Boat, Tetap Eksis di Tengah Hantaman Pandemi

Nusantara • 28 days ago

Pertumbuhan ekonomi suatu daerah di topang dengan adanya investasi dari pelaku usaha. PT Abadi Lestari Celebes Bahari menilai, Sulawesi Utara merupakan daerah potensial bisnis yang memiliki beragam nilai investasi mulai dari industri pertambangan, perkebunan hingga bahari.
 
Metro TV di Sulawesi Utara, di beri kesempatan untuk melihat dari dekat bisnis dari Bambang Laksono, Komisaris Utama PT Abadi Lestari Celebes Lestari.
 
Seorang pengusaha pelayaran pengakutan jenis kapal tug boat yang sudah dijalaninya selama enam tahun dengan investasi puluhan milyaran rupiah. 

Bisnis ini hanya merupakan salah satu dari sekian bisnis yang dimilikinya. Bersama istri dan anak anaknya, Bambang membangun bisnis nya dari tidak ada menjadi ada. Bisnis yang bergerak di bidang industri teknik besi dan tambang batu bara.
 

Modus Baru, Penyelundupan Narkoba ke Lapas II A Samarinda Gunakan Drone

Modus Baru, Penyelundupan Narkoba ke Lapas II A Samarinda Gunakan Drone

Nusantara • 28 days ago Narkoba

Upaya penyelundupan narkotika jenis sabu-sabu digagalkan petuas Lapas Kelas II A Samarinda, Kalimantan Timur. Modus penyelundupan narkotika kali ini menggunakan pesawat nirawak atau drone yang diterbangkan melintasi udara menuju area dalam lapas.
 
Kecurigaan petugas berawal ketika ada drone yang melintas dan meninggalkan area lingkungan lapas, melintasi blok rehabilitasi Lapas Kelas II A Samarinda, Kalimantan Timur. Petugas yang curiga, kemudian melakukan pemeriksaan di area blok rehabilitasi dan menemukan bungkusan cemilan mie yang mencurigakan.
 
Setelah dibuka, ditemukan narkotika jenis sabu-sabu seberat 30 gram di dalam cemilan tersebut. Peristiwa ini telah dilaporkan ke Polresta Samarinda untuk diproses lebih lanjut.
 
Modus penyelundupan narkotika menggunakan drone terbilang baru pertama kali dan merupakan modus baru. Pihak lapas akan memperkuat deteksi dini.

Di sisi lain, petugas lapas belum membuka identitas penghuni lapas, yang terkait dengan pengiriman dan penyelundupan narkotika sabu-sabu dengan menggunakan drone.

PAUD di Perkampungan Pesisir Tanah Laut

PAUD di Perkampungan Pesisir Tanah Laut

Nusantara • 28 days ago

Terdapat sebuah sekolah pendidikan anak usia dini atau PAUD yang didirikan oleh sepasang suami istri sejak 2005 di Perkampungan Nelayan di Desa Kuala Tambangan, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Nasrum dan Rabiatul Adawiyah, adalah pendiri PAUD Tunas Bangsa, Paud ini memiliki 4 tenaga pengajar dari lingkungan keluarga mereka. Proses belajar berada di ruang tamu dan teras rumah mereka, setiap Senin hingga Sabtu pukul 08.00-11.00 WITA.

Meski sudah mendapatkan ijin operasional, dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, namun bantuan fisik dalam bentuk buku tidak setiap tahun didapat.

Nasrun selaku Pimpinan PAUD Tunas Bangsa mengatakan, selain ijin operasional PAUD Tunas Bangsa juga sudah mendapatan akreditasi C dari Badan Akreditasi Nasional PAUD dan pendidikan non formal, sejak tahun 2017 lalu.

Bagi Nasrun, meski penuh keterbatasan, namun pendidikan mutlak diperlukan bagi masyarakat pesisir, pihaknya berharap, PAUD ini hadir untuk memberikan pendidikan bagi anak-anak di usia dini pada perkampungan pesisir.
 

Curug Kambing Hutan, Wisata Alam yang Belum Tereksplor di Musi Rawas Sumsel

Curug Kambing Hutan, Wisata Alam yang Belum Tereksplor di Musi Rawas Sumsel

Nusantara • 1 month ago

Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan, memiliki banyak potensi wisata alam yang belum tergali. Salah satunya air terjun Curug Kambing Hutan yang berada di kawasan Bukit Barisan, Desa Taba Renah, Kecamatan Selangit. 

Curug Kambing Hutan memiliki empat tingkatan air terjun dengan ketinggian bervariasi mulai 20 hingga 40 meter. Sejuknya air pegunungan membuat pengunjung betah berlama-lama di lokasi ini. 

Untuk mencapai air terjun, pengunjung bisa menggunakan sepeda motor dari pusat Kabupaten Musi Rawas menuju kawasan hutan kemudian melanjutkan dengan berjalan kaki selama dua jam. Pengunjung akan disuguhkan pemandangan kebun kopi dan bentang alam Bukit Barisan.
 
Masuk ke lokasi ini pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis. Para pengunjung berharap pemerintah daerah setempat bisa membangun akses jalan yang layak menuju lokasi, sehingga kawasan wisata ini bisa lebih populer dan dikelola dengan baik tanpa merusak alam. 

Bawa Jutaan Buku, Pameran 'Big Bad Wolf' Kembali Hadir di Kota Baru Parahyangan

Bawa Jutaan Buku, Pameran 'Big Bad Wolf' Kembali Hadir di Kota Baru Parahyangan

Nusantara • 1 month ago

Jutaan buku dengan 35 ribu buku judul baru dipamerkan dalam pameran buku internasional "Big Bad Wolf Books". Pameran buku terbesar di Indonesia ini kembali hadir di Kabupaten Bandung Barat dan menyedot antusias ribuan pengunjung.

Inilah pameran buku internasional "Big Bad Wolf Books" yang digelar di Parahyangan Convention Hall, Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat. Pameran buku ini digelar untuk merangsang minat baca di kalangan masyarakat Indonesia.

Selain menghadirkan buku-buku internasional, "Big Bad Wolf Books" ini juga menyuguhkan beragam buku lokal dari 25 penerbit seluruh Indonesia.

Menurut salah seorang penyedia jasa titip dan penggemar buku, Genia Armita, dirinya mengambil peluang dari pameran buku ini untuk menambah pemasukan dari jasa penitipan penjualan buku.

Sementara itu menurut Direktur Big Bad Wolf Books, Uli Silalahi, dalam pameran ini banyak mendatangkan buku dari luar negeri seperti Amerika, Malaysia dan negara lain.  Sebanyak 20 juta buku dipamerkan termasuk buku limited edition atau buku yang termasuk langka.

"Ada buku langsung datang dari Amerika dan ada dari pusat kami Malaysia," ujar Uli Silalahi.

Uli menambahkan bahwa pameran buku ini menargetkan 5-10 ribu pengunjung per hari dan akan dibuka selama dua minggu hingga 11 September mendatang.

Sentra Abiyoso Cimahi Salurkan Bantuan Bagi Penyandang Disabilitas

Sentra Abiyoso Cimahi Salurkan Bantuan Bagi Penyandang Disabilitas

Nusantara • 1 month ago

Petugas Sentra Abiyoso, Kemensos Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, menyalurkan bantuan kepada puluhan penyandang disabilitas di Cimahi dan Kabupaten Bandung. Bantuan ini terdiri dari alat bantu penyandang disabilitas dan bantuan modal usaha untuk pemulihan ekonomi.

Setidaknya ada 25 orang penyandang disabilitas yang tersebar di Cimahi dan Kabupaten Bandung mendapatkan bantuan pada Agustus hingga awal September 2022. Mereka mendapatkan bantuan berupa alat bantu untuk beraktivitas dan modal usaha untuk pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Salah satu orang tua penyandang disabilitas, Nina Ratnawati mengaku baru kali ini mendapatkan bantuan dan dirinya merasa bersyukur dapat menjalankan wirausaha.

"Dari dulu tidak pernah dapet bantuan, baru kali ini," ujar Nina.

Sementara itu, Kepala Sentra Abiyoso, Agung Hendrawan mengatakan bahwa Sentra Abiyoso memberikan bantuan bagi para penyandang disabilitas dengan nominal ratusan juta rupiah untuk meningkatkan pemulihan ekonomi.

"Bantuan berupa alat bantu untuk pribadinya, serta kita lihat untuk peningkatan ekonominya," kata Agung Hendrawan.

Selanjutnya, Sentra Abiyoso Leuwigajah, Cimahi, akan terus melakukan pendataan dan memberikan bantuan bagi warga disabilitas agar ke depan bisa menjalani hidup yang lebih baik.

Bank Indonesia Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan di Deli Serdang

Bank Indonesia Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan di Deli Serdang

Nusantara • 1 month ago

Bank Indonesia (BI) bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah menggelar 'Kick Off' Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di Klaster Cabai Merah. Gelaran ini menjadi awal dalam penerapan inovasi dan digitalisasi pengembangan klaster cabai merah dengan sistem integrated farming sekaligus melanjutkan arahan presiden untuk mengendalikan inflasi nasional.

Kick off GNPIP di Klaster Cabai Merah Juli Tani dilaksanakan di Dusun Jogya Emplasmen Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara. Acara ini dihadiri oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia Juda Agung, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Anggota Komisi XI DPR RI, unsur Forkopimda, dan masyarakat petani.

Rangkaian acara dibuka dengan melakukan panen cabai merah hasil tanam Poktan Juli Tani, dengan kualitas cabai terbaik. Tidak hanya menyoroti permasalahan struktural, GNPIP ditujukan untuk mendorong perilaku menanam cabai di pekarangan rumah, sehingga dapat memotivasi budaya swasembada masyarakat, dan mendukung tercapainya stabilitas harga pangan.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Juda Agung, menyampaikan indonesia telah memasuki level tertinggi inflasi pangan selama kurun waktu 8 tahun terakhir dengan angka 11,9%. Bank Indonesia memiliki langkah strategis untuk mencapai target, menurunkan angka inflasi dari 11,9% menjadi 5%, agar menjaga daya beli masyarakat dan memulihkan ekonomi nasional.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengapresiasi digelarnya GNPIP agar dapat meperkuat koordinasi bersama pemda dengan penerapan digitalisasi dan inovasi pertani guna mengendalikan inflasi pangan di derah.

Selain panen raya, kegiatan juga ditandai dengan penandatangan komitmen perluasan kerjasama antar daerah, peresmian klaster baru hortikultura, hingga menyerahkan bantuan 77 ribu bibit cabai merah dalam menggalakkan urban farming.

Yayasan Sukma Gelar Pelatihan Kompetensi Video Pembelajaran Inovatif di Pidie Aceh

Yayasan Sukma Gelar Pelatihan Kompetensi Video Pembelajaran Inovatif di Pidie Aceh

Nusantara • 1 month ago

Yayasan Sukma menggelar sejumlah pelatihan untuk guru dan karyawan sekolah Sukma Bangsa Pidie, Aceh. Pelatihan yang diberikan meliputi peningkatan kompetensi video pembelajaran inovatif, serta materi terkait pengelolaan dapur yang dipandu oleh Chef Kiki Herdadi, yang merupakan Assistant Corporate Chef PT Pangansari Utama.

Puluhan guru sekolah Sukma Bangsa Pidie, Aceh, mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas guru. Pada sesi pelatihan video pembelajaran inovatif, Yayasan Sukma menghadirkan Sales Support Manager Media Indonesia, Andreas M. Zay.

Menurut Andreas, sangat penting untuk para guru untuk melakukan hal baru dalam peningkatan kualitas pendidikan, agar dapat diterapkan pada metode pembelajaran secara modern di sekolah nantinya.

Pada kesempatan tersebut, Yayasan Sukma juga memberikan pelatihan kepada tenaga karyawan yaitu tenaga kantin sekolah. Yayasan Sukma bekerja sama dengan PT Pangansari Utama (PSU) untuk menghadirkan koki bersertifikat internasional yaitu Chef Kiki Herdadi.

Chef Kiki memberikan materi terkait pengelolaan ruang dapur mulai dari kebersihan, keamanan, hingga penataan meja di kantin sekolah.

Sementara itu, Direktur Sekolah Sukma Bangsa Pidie, Marthunis, menyambut baik kehadiran pihak Media Group untuk membekali para guru di Sekolah Sukma Bangsa Pidie dengan beragam pengetahuan.

Pelatihan ini diharapkan memperluas pengetahuan dan keterampilan seluruh guru dan karyawan sekolah sukma bangsa pidie di bidangnya masing-masing.

Warga Lembang Hasilkan Puluhan Juta Rupiah dari Bisnis Kelinci Jumbo

Warga Lembang Hasilkan Puluhan Juta Rupiah dari Bisnis Kelinci Jumbo

Nusantara • 1 month ago

Akhir-akhir ini viral di media sosial, seorang pria yang tengah menggendong kelinci berukuran raksasa atau yang lebih dikenal german giant. Ia adalah Asep Yana, seorang peternak kelinci, warga Jalan Baru Adjak, Lembang, Jawa Barat. 

Seperti namanya, german giant ini memiliki ukuran raksasa. Panjang tubuhnya bahkan bisa mencapai setengah tinggi pria dewasa. Saat ini, kelinci berbulu lebat dan halus dengan telinga yang panjang ini sedang digandrungi untuk menjadi pilihan alternatif  hewan peliharaan.

Saat mencapai usia 6 bulan, kelinci German Giant memiliki bobot rata-rata 8-9 kilogram. Ukuran dan bobot kelinci ini akan terus membesar hingga usia dua tahun. Meski memiliki bobot raksasa kelinci german giant terbilang cukup aktif bergerak.

Asep mengaku kelinci german giant yang memiliki bobot 10 kilogram bisa mencapai harga Rp20 juta per ekor, sedangkan yang masih kecil dibanderol dengan harga Rp5 juta.

Menikmati Kuliner Kalsel Ikan Bakar di Rumah Makan Tepi Danau PTP Pelaihari

Menikmati Kuliner Kalsel Ikan Bakar di Rumah Makan Tepi Danau PTP Pelaihari

Nusantara • 1 month ago

Terletak ditengah perkebunan kelapa sawit dengan jarak tempuh kurang lebih 10 kilometer dari Ibukota Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, terdapat rumah makan bernama Lesehan Tepi Danau PTP Pelaihari. Rumah makan dengan latar belakang danau ini, menyediakan menu ikan bakar seperti nila, patin, dan gurami. Tak hanya itu, pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan danau dengan luas tujuh hektare. Hal ini menjadi solusi untuk menikmati akhir pekan. 

Sementara itu, sembari menunggu menu makanan dihidangkan, pengunjung bisa menggunakan jukung atau perahu kecil berisi tiga orang, serta sepeda air. Kepulan asap beraroma sedap menari di udara, dalam sekali memanggang, mereka dapat membakar 10-20 potongan ikan.

Selain itu, untuk melengkapi sajian menu ikan bakaran, tersedia pula sayuran, seperti sayur bening maupun sayur bersantan, berikut terong goreng dan tempe goreng turut menjadi menu hidangan. Salah seorang pengunjung mengatakan harga ikan bakar cukup terjangkau, dalam 1 porsi ia cukup merogoh kocek sebesar Rp 35 ribu beserta air minumnya.

Omzet yang bisa mencapai jutaan rupiah dalam sehari membuat rumah makan ini acap kali menjadi alternatif yang cocok dalam mengisi perut. Sehingga, pengelola tetap mengedepanpan pola kebersihan lesehan, agar tetap terlihat bersih dan nyaman saat diduduki pengunjung pasca digunakan. 

Workshop Bucket Ekskavator dan Karoseri  Hadir di Manado

Workshop Bucket Ekskavator dan Karoseri Hadir di Manado

Nusantara • 1 month ago

Sebuah perusahan yang bergerak dalam bidang teknik berbahan baku besi dibuka di Kota Manado, Sulawesi Utara. Beralamatkan di Jalan Konsolidasi Paniki Bawah Kecamatan Mapanget, Manado, workshop ini resmi dibuka dan dioperasikan. 

PT Prima Tehnik Celebes melakukan investasi di Sulawesi Utara untuk menjadi jawaban bagi perusahan atau pun pelaku usaha yang membutuhkan pembuatan konstruksi engineering bahan baku berbahan dasar besi maupun baja.

“Prima Tehnik hadir di sini dari awal tujuannya kita itu untuk membantu atau menjadi solusi di bidang fabrikasi, konstruksi, fabrikasi atau engineering di Kota Manado atau Sulawesi hingga Indonesia Timur". ujar Andrew Laksono, Dirut PT Prima Tehnik Celebes 

Lama pembuatan setiap permintaan bervariatif tergantung jenis dan desain yang diinginkan. Komisaris utama PT Prima Tehnik Celebes, Bambang Bowo Laksono mengatakan permintaan pembuatan bucket excavator dan jasa industri konstruksi berbahan dasar besi di Sulawesi Utara, 20-25 unit dalam sebulan. PT Prima Tehnik Celebes mempekerjakan tenaga kerja yang berkompetensi di bidang teknik dengan jaminan kualitas serta harga yang kompetitif.

Pada peresmian workshop PT Prima Tehnik Celebes langsung dilaksanakan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Asra dan PT Hino di Manado. Dalam kesempatan tersebut hadir juga berbagai rekanan dan mitra bisnis dari PT Prima Tehnik Celebes. 

Kementerian PUPR Siapkan Pekerja Konstrusi Bangun IKN

Kementerian PUPR Siapkan Pekerja Konstrusi Bangun IKN

Nusantara • 1 month ago

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membutuhkan lebih dari 260 ribu pekerja konstruksi yang terlatih dan tersertifikasi untuk membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur hingga tahun 2024.

Kementerian PUPR memulai dengan membuka pelatihan dan sertifikasi tenaga kerja konstruksi tahap satu di Bendungan Sepaku Semoi. Pelatihan tersebut akan dilaksanakan 27 Agustus hingga 9 September 2022 dengan melibatkan 1.535 orang peserta.

Adapun rincian kebutuhan pekerja konstruksi yakni pada 2022 dibutuhkan 30 ribu orang dengan sasaran tenaga kerja yang dilatih 9.300 orang. Kemudian, pada 2023 dibutuhkan 123 ribu orang dan pada 2024 sebanyak 107 ribu orang.

Sementara pada 2022 terdapat 25 jabatan kerja di sektor konstruksi yang meliputi kualifikasi operator dan kualifikasi ahli. 

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Mohammad Zainal Fatah mengatakan pekerjaan pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) sudah dimulai dengan 21 paket pekerjaan. 

Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan penandatanganan kesepakatan bersama antara direktorat jenderal bina konstruksi dengan rekanan Trimble Solutions (SEA) Pte Ltd. Perusahaan asal singapura yang akan memfasilitasi 450 lisensi software tekla structures dan trimble connect dalam pelatihan pekerja konstruksi, dan akan dimanfaatkan pada pelatihan Building Information Modeling (BIM) serta pencetakan 500 instruktur BIM.

Program Ekstensifikasi Food Estate Kementan di Kapuas Sukses Panen Raya

Program Ekstensifikasi Food Estate Kementan di Kapuas Sukses Panen Raya

Nusantara • 1 month ago

Kementerian Pertanian (Kementan) sukses merealisasikan program ekstensifikasi di lahan food estate di Desa Batuah, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng), dengan menyulap lahan tidur selama 15 tahun menjadi lahan produktif hingga berbuah hasil dengan panen raya.

Bersama Inspektur Jendral Sarana dan Prasarana Kementrian Pertanian Kementan RI, Ali Jamil, Bupati Kapuas, Ben Ibrahim S Bahat melakukan panen raya perdana di lahan seluas 35 hektare yang terletak di Rey 6 dan Rey 7.

Pihaknya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Presiden Jokowi dan Kementerian Pertanian yang telah menetapkan wilayahnya sebagai lahan food estate di Kalimantan Tengah.

Sementara itu Anggota DPR RI Dapil Kalimantan Tengah, Ary Egahni mengatakan melalui program ini diharapkan dapat mendorong langkah pemerintah menuju penguatan ketahanan pangan nasional.

Total lahan food estate ini 430 hektare dengan jumlah lahan taman 333 hektare dengan 100 hektare lahan siap panen. Diketahui sejak tujuh tahun lalu, wilayahnya menjadi lumbung padi dan berkontribusi sebesar 51 persen di Kalimantan Tengah.

Sriwijaya FC Matangkan Persiapan untuk Liga 2

Sriwijaya FC Matangkan Persiapan untuk Liga 2

Nusantara • 1 month ago sepakbola indonesia

Laskar wong kito sriwijaya FC, semakin mematangkan persiapan jelang pertandingan pertama liga dua di Stadion Jakabaring, Palembang, Senin (29/8/2022)sore. Di musim 2022 Liga 2, Sriwijaya FC yang diarsiteki oleh Liestiadi akan bergabung di wilayah barat bersama 7 tim lainnya. 

Liestiadi menargetkan timnya mampu meraih keuntungan di setiap pertandingan, khususnya di dua laga awal karena SFC akan bermain di kandang. Mantan pelatih Persikabo ini optimis anak-anak asuhnya akan meraih poin penuh di dua laga awal tersebut.
 
Sejak hampir 2 bulan terakhir, SFC terus melakukan persiapan untuk mengarungi 16 pertandingan di babak penyisihan wilayah barat nanti. Bahkan, Sriwijaya FC telah melakukan pertandingan uji coba dengan beberapa klub di pulau Jawa.

Presiden Jokowi Hadiri Musra Projo di Bandung

Presiden Jokowi Hadiri Musra Projo di Bandung

Nusantara • 1 month ago jokowi

Presiden Jokowi hadir membuka langsung musyawarah rakyat (Musra) yang digelar pertama kali oleh relawan Jokowi (Projo) di Bandung, Jawa Barat. Acara ini bertujuan untuk mencari sosok yang akan melanjutkan kepemimpinan Presiden jokowi.

Ketua dewan pengarah Musra Indonesia Andi Gani Nena Wea mengatakan, Musra dihadiri sekitar 10.000 relawan. Dalam sambutannya, Jokowi menyatakan musyawarah rakyat Projo merupakan salah satu instrumen berdemokrasi. Melalui Musra ini diharapkan akan muncul pemimpin bangsa yang benar benar peduli pada rakyat.

Ribuan Warga Desa di Jambi Dukung Ganjar Pranowo Jadi Presiden 2024

Ribuan Warga Desa di Jambi Dukung Ganjar Pranowo Jadi Presiden 2024

Nusantara • 1 month ago pilpres

Ribuan warga desa yang tergabung dalam gerakan relawan Des Ganjar Jambi mendeklarasikan dukungannya kepada Ganjar Pranowo sebagai Presiden tahun 2024. Deklarasi tersebut digelar di lapangan Muara Bulian, Pijoan, Kabupaten Muaro Jambi, yang dihadiri oleh relawan Des Ganjar dari berbagai wilayah di Provinsi Jambi.

Koordinator wilayah Des Ganjar Jambi, Tigor Sinaga mengatakan figur Ganjar Pranowo adalah sosok pemimpin sejati yang benar-benar bekerja untuk masyarakat. Banyak programnya di Jawa Tengah yang cocok diterapkan di seluruh Indonesia.

Sementara menurut Kepala Desa danau Sarang Elang, Purwokerto kepedulian dan keterbukaan Ganjar Pranowo terhadap masyarakat desa patut diacungi jempol. Masyarakat sering diberi pelatihan-pelatihan, supaya mempunyai skill dan bisa hidup mandiri.   

Ratusan Ibu Rumah Tangga & Mahasiswa di Bandung Terinfeksi HIV/AIDS

Ratusan Ibu Rumah Tangga & Mahasiswa di Bandung Terinfeksi HIV/AIDS

Nusantara • 1 month ago

Ratusan mahasiswa dan ibu rumah tangga di kota Bandung, tercatat mengidap penyakit HIV AIDS, berdasarkan data Komisi Penanggulangan AIDS kota Bandung. Faktor perilaku seksual mendominasi penyebab penularan penyakit tersebut di kota Bandung.

Berdasarkan data 1991 hingga 2021 dari Kemenkes, Komisi Penanggulangan AIDS Komisi Kota Bandung mencatat sebanyak 5.943 orang warga Kota Bandung mengidap penyakit HIV AIDS.

Kalangan pegawai swasta menempati peringkat teratas dengan jumlah orang yang terpapar HIV AIDS, yakni di angka 1.842 kasus dan golongan ibu rumah tangga sebanyak 653 kasus.

Mengejutkan adalah angka penderita HIV AIDS aktif di kalangan mahasiswa jumlahnya mencapai 6,97% atau lebih dari 400 kasus. Faktor risiko tertinggi berasal dari faktor heteroseksual atau perilaku seksual berisiko, seperti sering berganti pasangan.

Melihat Asimilasi Sarana Pertanian dan Perkebunan di Rutan Kelas IIB Pelaihari

Melihat Asimilasi Sarana Pertanian dan Perkebunan di Rutan Kelas IIB Pelaihari

Nusantara • 1 month ago

Lokasi asimilasi sarana pertanian dan perkebunan Rutan Kelas IIB Pelaihari, Kalimantan Selatan (Kalsel) menjadi tempat bercocok tanam bagi warga rutan.

Kepala Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kantor Wilayah (Kanwil) Kalsel Lilik Sujandi, beserta Kepala Rutan Pelaihari Rahmad Pijati, melakukan panen perdana tanaman sawi. Dalam kurun waktu satu bulan, sayuran ini dapat dipanen.

Tidak hanya tanaman jenis sawi, kangkung dan bayam pun tumbuh subur di lokasi asimilasi ini. Tidak hanya itu, terdapat kolam budidaya ikan lele. Menurut Lilik Sunjadi, warga rutan pun tidak kesulitan lagi dalam memasarkan produksi sayuran karena sayuran tersebut sudah ada yang menampungnya.

Lilik Sunjadi juga menyebutkan bahwa lokasi asimilasi ini khusus diperuntukan bagi warga rutan Pelaihari dalam waktu memasuki masa bebas. Sehingga diharapkan suatu saat nanti mereka mempunyai keterampilan dan ilmu bertanam saat kembali ke masyarakat.

"Bagian ini real daripada pembinaan dan kemandirian dari warga binaan, yaitu memberikan bekal, keterampilan, kemudian bekal berusaha yang nantinya akan membentuk kemandirian dan diperlukan pada saat mereka (warga rutan) nanti kembali ke masyarakat," ujar Lilik Sunjadi.

Taman Satwa Yamai Atid, Tempat Hewan Endemik Papua Dirawat

Taman Satwa Yamai Atid, Tempat Hewan Endemik Papua Dirawat

Nusantara • 1 month ago

Selamat datang di Yamai Atid, taman satwa yang ada di Merauke, Papua Selatan. Dalam bahasa lokal Yamai Atid berarti "tempat hewan berkumpul", sebagian besar fauna di taman satwa Yamai Atid adalah hewan endemik Merauke yang berafiliasi dengan hewan rumpun benua Australia.

Di sini pengunjung dapat melihat dan berinteraksi secara dekat dengan beberapa hewan endemik khas Merauke seperti rusa, kakatua, elang, burung kasuari dan buaya. Tidak hanya sekedar merawat hewan endemik, taman satwa Yamai Atid juga menjadi tempat edukasi sekaligus promosi pariwisata.

Taman satwa Yamai Atid berdiri di lahan seluas 25x100 meter dan mulai dibangun pada Agustus 2017. Untuk masuk ke sini pengunjung tidak dikenakan biaya namun jika ingin memberi makan hewan pengunjung bisa membeli pakan hewan seharga Rp5 ribu saja.

Pengelola taman satwa Yamai Atid mengharapkan upaya melindungi hewan endemik seperti walabi turut didukung oleh warga dan pemerintah.

Pertemuan Kepala Staff Angkatan Laut se-ASEAN Digelar di Bali

Pertemuan Kepala Staff Angkatan Laut se-ASEAN Digelar di Bali

Nusantara • 1 month ago

Pertemuan tahunan Kepala Staff Angkatan Laut se-Asia Tenggara digelar di kawasan Nusa Dua, Bali. Pertemuan ini membahas peluang-peluang maritim negara di ASEAN. Terdapat perwakilan 9 negara yang hadir, yakni Brunei Darussalam, Kamboja, Malaysia, Myanmar, Laos, Philipina, Singapura, Thailand dan Vietman. Sejumlah agenda yang dibahas di antaranya latihan bersama dan Road Map ANCM 2024-2032.

Kepala staff Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono berharap pertemuan ini bisa meningkatkan kerjasama maritim antar negara ASEAN dan berdampak pada peningkatan ekonomi bersama.

Selain keanggotaan ASEAN juga merekatkan struktur regionel melalui ASEAN Plus, ASEAN Regional Forum, ASEAN Defense Minister Meeting dan EAST Asia Summit secara paralel setiap negara ASEAN mengarahkan segala kemampuan untuk mempertahankan kedaulatan.

Peringati HUT ke-77 RI, TNI AL Gelar Pengibaran Bendera Merah Putih di Bawah laut Pantai Paku di Padang

Peringati HUT ke-77 RI, TNI AL Gelar Pengibaran Bendera Merah Putih di Bawah laut Pantai Paku di Padang

Nusantara • 2 months ago

TNI Angkatan Laut mengibarkan bendera merah putih di bawah laut untuk memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di dua lokasi wilayah Provinsi Sumatera Barat. Salah satu yang menjadi lokasi pengibaran bendera merah putih di bawah laut adalah di Perairan Pantai Paku, Sungai Nyalo, Kecamatan Koto Sebelas Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan.

Pengibaran bendera merah putih di Perairan Pantai Paku dilaksanakan oleh Yonmarhanlan II, Pasmar I dengan Komandan Tim Selam, Mayor Marinir Rahmat Iskandar. Sebanyak 22 penyelam yang terdiri dari gabungan Yonmarhanlan II, Pomal Lantamal II dan Brimob Polda Sumbar diterjunkan untuk upacara ini.

Menurut Komandan Lantamal II, Laksamana Pertama TNI Endra Sulistiyono alasan dipilihnya kawasan Mandeh sebagai titik penyelaman salah satunya adalah untuk meningkatkan promosi wisata di kawasan ini. Dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 pada 2022, TNI Angkatan Laut mengibarkan bendera merah putih secara serentak di 77 lokasi di seluruh Indonesia.

Polisi Tangkap 6 Tersangka Pengirim Pekerja Migran Ilegal di Batam

Polisi Tangkap 6 Tersangka Pengirim Pekerja Migran Ilegal di Batam

Nusantara • 2 months ago

Polsek kawasan Pelabuhan Batam menangkap enam orang tersangka yang diduga anggota sindikat pengiriman Pekerja Migran Ilegal ke Malaysia. Polisi juga mengamankan sejumlah paspor, handphone, dokumen, tiket, dan atm serta buku tabungan sebagai barang bukti.

Keenam tersangka ini memiliki peran masing-masing mulai dari mencari korban dari berbagai daerah, mengurus dokumen, menjemput di bandara dan menyiapkan penampungan serta memberangkatkan ke Malaysia. Sindikat ini sudah lama menjalankan aksinya, dalam sehari rata-rata bisa mengirimkan 20 orang hingga 50 orang yang kebanyakan melalui Pelabuhan Internasional Batam Center.

Menurut Kapolsek kawasan Pelabuhan Batam, AKP Yusuf korban kebanyakan berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Korban dikenakan biaya Rp15 juta perorang untuk biaya tranportasi dari daerah asal, paspor, penginapan, dan pemberangkatan ke Malaysia. Para tersangka di jerat dengan pasal 81 undang-undang no.18 tahun 2017 tentang perlindungan tenaga migran Indonesia dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara.

Peringati Hari Konservasi Alam Nasional, BBKSDA Riau Tanam Ratusan Pohon dan Lepasliarkan Satwa

Peringati Hari Konservasi Alam Nasional, BBKSDA Riau Tanam Ratusan Pohon dan Lepasliarkan Satwa

Nusantara • 2 months ago

Memperingati hari konservasi alam nasional, BBKSDA Riau melakukan penanaman ratusan batang pohon di Taman Wisata Alam Buluh Cina, Kabupaten Kampar, Riau. Petugas juga melepasliarkan sejumlah satwa dilindungi diantaranya burung Elang Brontok, Kura-kura dan beberapa ekor burung yang diserahkan oleh warga ke BBKSDA Riau.

Kegiatan ini juga diikuti oleh komunitas fotografi yang hasil karyanya bisa diikutsertakan dalam lomba foto yang digelar dalam rangkaian hari konservasi alam ini.

Basarnas Ternate Gelar Upacara HUT ke-77 RI di Bawah Laut Pantai Jikomalamo

Basarnas Ternate Gelar Upacara HUT ke-77 RI di Bawah Laut Pantai Jikomalamo

Nusantara • 2 months ago

Memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Basarnas Ternate menggelar upacara pengibaran bendera merah putih dibawah laut di Pantai Jikomalamo, Kota Ternate. Upacara dilaksanakan oleh 10 penyelam di kedalaman sembilan meter.

Menurut Kepala Basarnas Ternate, Fatur Rahman alasan dipilihnya Pantai Jikomalamo sebagai lokasi upacara selain karena tempat favorit bagi masyarakat, keindahan bawah lautnya juga merupakan aset pariwisata untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga Pemerintah daerah. Upacara pengibaran bendera merah putih dibawah laut juga dilaksanakan oleh TNI Angkatan Laut di perairan Kota Tidore Kepulauan.

Polisi Gerebek 2 Gudang BBM Ilegal di Muaro Jambi

Polisi Gerebek 2 Gudang BBM Ilegal di Muaro Jambi

Nusantara • 2 months ago

Polres Muaro Jambi menggerebek dua gudang BBM ilegal di Kelurahan Pijoan, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi. Polisi hanya menemukan puluhan Tedmon dan sisa solar.

Polisi tidak mendapati para pelakunya dari pengerebekan di dua lokasi ini. Operasi ini diduga kuat telah bocor sebelumnya dan diketahui oleh para pemilik gudang BBM ilegal.

Polisi masih melakukan penyelidikan guna mengungkap pemilik dan berapa lama dua gudang ini telah beroperasi. Saat ini dilokasi dua gudang BBM Solar ilegal ini telah dipasangi police line oleh Polres Muaro Jambi.

Kepolisian Sumatera Amankan 212 Pekerja Migran Ilegal yang Bakal Berangkat ke Kamboja

Kepolisian Sumatera Amankan 212 Pekerja Migran Ilegal yang Bakal Berangkat ke Kamboja

Nusantara • 2 months ago

Polda Sumatra Utara mengamankan 212 Pekerja Migran Indonesia (PMI) diduga ilegal di Bandara Kualanamu, Deli Serdang. Para pekerja migran tersebut akan dipekerjakan sebagai operator judi online di Kamboja. Mereka mengaku akan berangkat secara serentak dengan pesawat yang sudah dicarter. 

Polisi menyebut pekerja migran yang diamankan berasal dari berbagai daerah. Pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan KBRI Kamboja untuk memastikan dugaan pengiriman pekerja ilegal tersebut. Saat ini Polda Sumatera Utara sedang melakukan pemeriksaan intensif kepada 212 PMI yang diduga ilegal.

Desa Barisan Nauli Sumut Diresmikan Sebagai Kampung Pancasila

Desa Barisan Nauli Sumut Diresmikan Sebagai Kampung Pancasila

Nusantara • 2 months ago

Desa Barisan, Nauli Kecamatan Sumbul, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, diresmikan sebagai Kampung Pancasila, peresmian dilakukan oleh Danramil 01/Sumbul, Kpt Inf Imun Tarigan. Keberadaan Kampung Pancasila ini untuk membentuk dan menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat. 

Lokasi tersebut sebelumnya merupakan tempat pembuangan sampah, berkat gotong royong desa tersebut menjadi tempat ketahanan pangan desa. Berbagai kegiatan akan dilaksanakan di desa pancasila, seperti gotong royong menanam jagung sebagai bentuk ketahanan pangan serta memotivasi para pemuda agar memiliki jiwa pemberani dan kesatria.

Kepala Desa Nauli, Saridayani, Manalu, menyebut menamkan nilai pancasila dan cinta tanah air harus ditanamkan kepada generasi muda sejak saat ini. Ditengah perkembangan teknologi dan pengaruh ideologi asing terhadap Indonesia, peresmian Kampung Pancasila tersebut juga dalam rangka memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia.

2 Anggota DPRD Pakpak Bharat Bertengkar di Ruang Sidang

2 Anggota DPRD Pakpak Bharat Bertengkar di Ruang Sidang

Nusantara • 2 months ago

Dua anggota DPRD Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara, bertengkar di ruang sidang. Akibatnya sidang paripurna penetapan Ranperda pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Pakpak Bharat 2021 terpaksa diundur sampai waktu yang belum ditentukan. 

Dua anggota DPRD Kabupaten Pakpak Bharat yang bertengkar di ruang sidang ini adalah Lukman Padang dari Fraksi Golkar dan Parulian Boangmanalu dari Fraksi Amanat Perjuangan Sejahtera. Keduanya bertengkar dan sempat saling dorong saat persidangan masih berlangsung. Beruntung anggota DPRD lainnya cepat melerai sehingga kericuhan tidak berlangsung lama.

Perdebatan berawal dari adanya instrupsi terkait tidak hadirnya Bupati Pakpak Bharat, Franch Bernhard Tumanggor maupun Wakil Bupati Pakpak Bharat, Mutsyuhito Solin dalam persidangan. Akibat pertengkaran ini, sidang yang sudah dibuka oleh pimpinan terpaksa diskors. 

Sayangnya persidangan tidak qourum saat dibuka kembali karena sejumlah anggota DPRD Dairi mengambil sikap Walkout jika persidangan dilanjutkan tanpa kehadiran Bupati Pakpak Bharat atau Wakil Bupati. Hal tersebut membuat sidang terpaksa diundur hingga waktu yang belum di tentukan, serta menunggu dijadwalkan kembali oleh Bamus.

Ajak Anak Muda Lebih Inovatif, Apeksi Gelar Diskusi Youth City Changer di Padang

Ajak Anak Muda Lebih Inovatif, Apeksi Gelar Diskusi Youth City Changer di Padang

Nusantara • 2 months ago

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke-15 tahun 2022, yang berlangsung di Kota Padang, melakukan diskusi Youth City Changer. Diskusi ini untuk memberi motivasi bagi generasi muda agar menjadi pemuda yang inovatif dan juga sebagai wadah penguatan sinergi para pemimpin kota di masa depan.
  
Diskusi yang mengangkat tema Kolaborasi Komunitas Muda Kota menghadirkan tiga pembicara yakni Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan dan Rektor Insitut Pertanian Bogor, Arif Satria. Sebagai moderator dalam diskusi ini adalah Ketua Apeksi yang juga Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Ridwan Kamil menyebut bahwa pemerintah harus memberi ruang bagi kawula muda untuk berkreasi dan berinovasi, sehingga diharapkan bisa mendorong kemajuan kota atau daerah. Sementara menurut Zulkifli Hasan, saat ini anak muda harus inovatif dan berkreasi, untuk bisa memanfaatkan peluang dan fasilitas yang ada, bahkan hingga ke mancanegara.

Duta Besar Vatikan Lantik Mgr Petrus Canisius Mandagi Sebagai Uskup Agung Merauke

Duta Besar Vatikan Lantik Mgr Petrus Canisius Mandagi Sebagai Uskup Agung Merauke

Nusantara • 2 months ago

Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Piero Pioppo resmi melantik Mgr Petrus Canisius Mandagi, sebagai Uskup Agung Merauke, dalam misa Prossesia Canonica di Gereja Katedral Merauke. Diresmikannya Mgr Petrus Mandadi ditandai dengan pengenaan Pallium yang disaksikan oleh Kardinal Indonesia, yakni Mgr Ignasuus Suharyo serta 16 uskup yang tergabung dalam wilayah Konferensi Waligereja Indonesia (KWI).

Penyerahan Pallium sebagai tanda diresmikannya uskup agung Merauke. Ketua panitia Missa Prossesia Canonica, keuskupan Agung Merauke, Pastor John Kandam, menyebut penyerahan Palium menyimbolkan bahwa uskup telah diresmikan.

Pihaknya menambahkan Palium yang diserahkan Paus kepada para uskup Agung Metropolitan merupakan busana gerejawi yang istimewa. Selain itu, dengan berdirinya keuskupan agung di Papua Selatan merupakan gerbang hati Kudus Yesus yang mendamaikan.

Peringati HUT ke-77 RI, 17 Penyelam Gelar Upacara Bendera Bawah Laut di Pulau Maratua

Peringati HUT ke-77 RI, 17 Penyelam Gelar Upacara Bendera Bawah Laut di Pulau Maratua

Nusantara • 2 months ago

Memperingati hari kemerdekan Republik Indonesia, 17 penyelam melakukan upacara pengibaran bendera merah putih di bawah laut Pulau Maratua, Kabupaten Berau. Prosesi upacara dilakukan seperti upacara bendera pada umumnya, dengan pemimpin upacara pengibar bendera dan peserta upacara.

Upacara bendera di bawah laut ini dilakukan oleh penyelam dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Berau. Bersama para Guide Dive di kedalaman sekitar lima hingga tujuh meter, di lokasi yang tidak ada terumbu karangnya.

Selain untuk mempromosikan keindahan bawah laut di Pulau Maratua, upacara ini sekaligus untuk mendeklarasikan keberhasilan pembangunan jalan yang menghubungkan empat perkampungan di Maratua. Yakni kampung Teluk Harapan, Bohe Bukut, Bohe Silian dan Payung-payung. Keberhasilan pengaspalan jalan, memberikan kemerdekaan tersendiri bagi masyarakat yang kini bisa menikmati kemudahan bermobilisasi.

Usai upacara para peserta melakukan selebrasi bersama Penyu Hijau dan kerumunan ikan Baracuda yang menjadi spot diving unggulan di Pulau Maratua.

Dorong Pemberdayaan Ekonomi dan UMKM di Pesantren, Ma’ruf Amin Luncurkan One Pesantren One Product di Kalsel

Dorong Pemberdayaan Ekonomi dan UMKM di Pesantren, Ma’ruf Amin Luncurkan One Pesantren One Product di Kalsel

Nusantara • 2 months ago

Wakil Presiden Ma’ruf Amin meluncurkan program One Pesantren One Product (OPOP) di Lapangan Dokter Murjani, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Acara launching program OPOP diawali dengan pemukulan rebana oleh Ma’ruf Amin bersama Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor dan Ketua Ikatan Pesantren Indonesia wilayah Kalimantan Selatan KH. Muhammad Mukri Yunus. 

Menurut Wapres, program OPOP mendorong adanya pemberdayaan ekonomi dan UMKM berbasis pesantren, demi pemerataan kesejahteraan rakyat Indonesia. Selain mencetak ulama dan tokoh intelektual, pesantren ini juga bisa menjadi pusat pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Raih Medali Emas di APG 2022, Supriatna Gumilar Disambut Gembira Warga Ciamis

Raih Medali Emas di APG 2022, Supriatna Gumilar Disambut Gembira Warga Ciamis

Nusantara • 2 months ago

Warga Ciamis  menyambut gembira kedatangan atlet disabilitas Supriatna Gumilar. Supriatna merupakan atlet Indonesia yang meraih medali emas pada kejuaraan ASEAN Para Games, di Solo, Jawa Tengah. Kedatangan atlet kebanggaan warga Ciamis, Supriatna Gumilar, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Cuking disambut meriah oleh warga. Hal ini karena Cuking sudah mengharumkan nama Kabupaten Ciamis dan Indonesia di ajang olahraga Asia Tenggara.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, ikut serta menyambut Cuking, ia mengatakan bahwa prestasi yang telah diraihnya adalah prestasi yang luar biasa dan diharapkan dapat dipertahankan untuk gelaran selanjutnya.

Airlangga Hartarto Terima 143 Unit Mobil Listrik dari Toyota untuk Dukung Presidensi G20 di Bali

Airlangga Hartarto Terima 143 Unit Mobil Listrik dari Toyota untuk Dukung Presidensi G20 di Bali

Nusantara • 2 months ago

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan, kendaraan yang akan digunakan delegasi pimpinan dan tamu negara saat Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Bali telah tersedia lengkap.

Hal tersebut karena adanya pinjaman mobil listrik dari toyota sebanyak 143 unit, yang diserahkan langsung secara simbolis oleh perwakilan pihak Toyota Astra Motor kepada Airlangga Hartarto.

Dalam kesempatan tersebut airlangga hartarto sempat mencoba mengendarai mobil listrik berjenis Lexus U-X 300-E bersama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang. Airlangga mengatakan laju mobil listrik ini sangat halus, sehingga cocok digunakan untuk delegasi KTT G20 di Bali pada 15 dan 16 November 2022.

Kendaraan yang akan digunakan delegasi KTT G20 secara keseluruhan bertenaga listrik, mulai dari mobil jenis Wuling sebanyak 300 unit, mobil Toyota jenis Lexus sebanyak 143 unit, dan mobil Bus listrik yang jumlahnya belum diketahui.

Sambut HUT ke-77 RI, Pemkab Batu Bara Gelar Perlombaan Olahraga Tradisional

Sambut HUT ke-77 RI, Pemkab Batu Bara Gelar Perlombaan Olahraga Tradisional

Nusantara • 2 months ago HUT RI

Dalam rangka menyemarakkan HUT ke-77 Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Batu Bara menggelar berbagai perlombaan olahraga rekreasi dan tradisional.

Seremoni pembukaan perlombaan olahraga rekreasi dan tradisional digelar di Lapangan Indrasakti, Air Putih, Batu Bara dan dihadiri oleh Bupati Batu Bara Zahir dan Ketua Penggerak PKK Batu Bara Maya Indriasari Zahir. Acara perlombaan yang digelar hingga Selasa (16/8/2022) ini diikuti oleh 2.287 peserta dari 141 desa dan kelurahan. 

Adapun olahraga yang dilombakan antara lain, sepak bola pasir, dayung sampan, selam, tarik tambang sampan, mengupas kepah, bola sakti, dan game online.

Semangat Nenek Murni Jahit Bendera Merah Putih

Semangat Nenek Murni Jahit Bendera Merah Putih

Nusantara • 2 months ago Kisah Inspiratif

Sudah 20 tahun seorang Lansia bernama Murni (65) membuat pernak-pernik HUT Kemerdekaan RI. Meski usianya tidak muda lagi, Nenek Murni mampu memproduksi 40 bendera merah putih dan 10 bendera hias di rumahnya di Jalan HOS Cokroaminoto, Sinjai Utara, Sulawesi Selatan.

Menjelang HUT RI, permintaan bendera dan pernak pernik meningkat. Nenek Murni harus bekerja ekstra untuk memnuhi pesanan pembeli. Harga per bendera dibanderol mulai Rp15-40 ribu perlembar untuk ukuran satu Meter. Menjelang HUT RI, Nenek Murni bisa meraih omzet Rp400 ribu per hari. 

Jangkau Daerah Terpencil, BIN Dirikan Gerai Vaksinasi Terapung

Jangkau Daerah Terpencil, BIN Dirikan Gerai Vaksinasi Terapung

Nusantara • 2 months ago

BIN Daerah Riau, berkoordinasi dengan BIN Kabupaten Rokan Hilir melaksanakan vaksinasi covid-19 bagi warga di Kepenghuluan Panipahan, Rokan Hilir pada Kamis (4/8/2022).

Kepenghuluan Panipahan, merupakan daerah 3T (Terpencil, Terisolir dan Terluar) dan berbatasan dengan Malaysia.

Kegiatan vaksinasi covid-19 di Kepenghuluan Panipahan dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya mendirikan Pos Vaksinasi di Pelabuhan, secara door to door, hingga gerai vaksinasi terapung.

Mendag Zulhas Sidak Harga Sembako di Pasar Raya Padang

Mendag Zulhas Sidak Harga Sembako di Pasar Raya Padang

Nusantara • 2 months ago

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan didampingi Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi dan Wali Kota Padang Hendri Septa mengecek harga sembako di Pasar Raya Padang, Sumatera Barat, pada Senin (8/8/2022). 

Zulkifli Hasan menyambangi beberapa lapak untuk berdialog dengan para pedagang dan warga. Berdasarkan hasil pantauan, harga kebutuhan pokok cenderung turun dan relatif stabil.

Sengketa Lahan, Sekolah di Padalarang Disegel Ahli Waris

Sengketa Lahan, Sekolah di Padalarang Disegel Ahli Waris

Nusantara • 2 months ago

Ratusan Siswa SD Negeri Bunisari, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, terlantar dan tak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar lantaran bangunan sekolah disegel dan ditutup oleh ahli waris yang klaim kepemilikan lahan.
 
Hal tersebut dilakukan oleh ahli waris bernama Nana Rumantana akibat sengketa lahan bangunan seluas 700 meter Persegi yang dibangun menjadi sembilan ruang kelas. 

Hingga kini, pihak sekolah dan aparat kewilayahan masih melakukan mediasi dengan ahli waris, namun belum membuahkan hasil. Akibat peristiwa tersebut, ratusan siswa terpaksa dipulangkan.

Sambut HUT RI, Ribuan Warga Pangandaran Gelar Pawai Obor

Sambut HUT RI, Ribuan Warga Pangandaran Gelar Pawai Obor

Nusantara • 2 months ago nusantara

Menjelang hari ulang tahun kemerdekaan RI ke 77, dan memperingati tahun baru islam, ribuan warga Pangandaran menggelar pawai obor dan parade bedug. Dengan pawai ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat kemerdekaan dan mempererat tali silaturahmi antar warga di Pangandaran.

Sekitar tujuh ribu orang ikut dalam kegiatan pawai obor dan parade bedug. Mereka berasal dari beberapa dusun di Desa Sindangjaya. Kegiatan akbar ini sempat ditiadakan akibat pandemi covid-19 dan saat ini baru bisa melaksanakan gebyar pawai obor dan tabuh bedug.

Asep Roni menambahkan bahwa  kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat kemerdekaan dan mempererat tali silaturahmi antar warga di Pangandaran.