NEWSTICKER

NEWS

Persidangan Kasus Pembunuhan Brigadir J Diharapkan Digelar Offline dan Terbuka

Persidangan Kasus Pembunuhan Brigadir J Diharapkan Digelar Offline dan Terbuka

Metro Pagi Prime Time • 1 hour ago pembunuhan

Menurut Pakar Hukum Pidana Jamin Ginting menilai hakim harus berhati-hati dalam menangani proses persidangan Ferdy Sambo dan sejumlah tersangka lain dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir Yosua).

Menurut Jamin Ginting, kasus Ferdy Sambo berupakan kasus yang besar sehingga perlu adanya penangangan khusus oleh hakim. Menurutnya, persidangan tidak bisa dilakukan secara daring, tidak ada alasan yang dapat menghalangi proses persidangan jika hakim bersikap tegas.

"Walaupun memang kita ketahui, ada peraturan Mahkamah Agung yang mengatakan bahwa diperbolehkan online. Pada umumnya, jaksa, mereka menginginkan online karena alasan covid. Itu tidak menjadi alasan yang prinsipal kalau hakim tegas," ujar Jamin Ginting.

Ketua Komisi Kejaksaan, Barita Simanjuntak juga sepakat bahwa persidangan harus dilakukan secara langsung dan dapat disaksikan oleh publik sehingga transparansi proses persidangan tersebut dapat terjamin.  

Pemprov Jateng Anggarkan APBD Sebesar Rp3,8 Triliun untuk Beli Produk UMKM

Pemprov Jateng Anggarkan APBD Sebesar Rp3,8 Triliun untuk Beli Produk UMKM

Metro Pagi Prime Time • 1 hour ago

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menganggarkan Rp 3,8 triliun dari APBD Jateng untuk belanja ke UMKM Lokal. Hal tersebut dilakukan Ganjar sebagai bentuk komitmen Pemprov Jateng menggunakan produk dalam negeri.Hal ini disampaikan Ganjar Pranowo, di sela-sela bisnis matching di Nusa Dua Convention Center Bali, Kamis (6/10/2022) siang.

Ganjar menyebut, data rencana umum pengadaan produk impor hanya sekitar Rp302 miliar. Sehingga komitmen Pemprov Jawa Tengah untuk menggunakan produk dalam negeri mencapai 92,12?ri APBD.

Pemprov Jateng pun memanfaatkan aplikasi yang dimiliki untuk menyerap belanja produk dalam negeri serta mendorong penyediaan ruang pelaku UMKM untuk memasukan produknya dalam e-katalog.

Buntut Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Tak Menjamin Indonesia Bebas dari Sanksi FIFA

Buntut Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Tak Menjamin Indonesia Bebas dari Sanksi FIFA

Metro Pagi Prime Time • 1 hour ago

Presiden Joko Widodo menyerahkan kepada FIFA soal kemungkinan Indonesia mendapat sanksi buntut tragedi Kanjuruhan. Sanksi untuk Indonesia menjadi pembahasan yang sering muncul sebab ada larangan FIFA tentang penggunaan gas air mata dalam pengamanan di stadion.

Kekhawatiran ini lantaran pada tahun depan Indonesia bakal menjadi tuan rumah piala dunia U-20. Kendati Jokowi sudah berbicara langsung dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, lewat sambungan telepon, Presiden Jokowi tak bisa menjamin Indonesia bebas dari sanksi FIFA.

Namun, sikap berbeda justru ditunjukkan oleh PSSI. Mereka yakin bila Indonesia masih bisa lolos dari sanksi FIFA. Sebab sejauh ini FIFA tidak pernah sama sekali bicara soal sanksi.
 
Saat ini, pemerintah tengah melakukan investigasi secara menyeluruh pada kasus Tragedi Kanjuruhan. Investigasi ini dilakukan untuk menentukan siapa pihak yang harus bertanggung jawab. Seiring proses investigasi, laga Liga 1 dan 2 dihentikan sementara.

Adik Korban Tragedi Kanjuruhan Ditawari Jadi Anggota Polri

Adik Korban Tragedi Kanjuruhan Ditawari Jadi Anggota Polri

Metro Pagi Prime Time • 2 hours ago

Keluarga Almarhum Irsyad Aal Juned, remaja (17) asal Jombang, Jawa Timur, yang turut meninggal dunia dalam Tragedi Kanjuruhan mendapat tawaran menjadi anggota Polri.
 
Penawaran menjadi anggota kepolisian, disampaikan Kapolres Jombang saat mendatangi rumah duka di Desa Sumber Nongko, Ngusikan, Jombang, Jawa Timur. Tawaran tersebut diberikan kepada adik korban yakni Ahmad Yazid Novel Al Bustomi (15) yang diketahui selamat dalam tragedi karena tidak kebagian tiket menonton laga Arema FC vs Persebaya.

Menanggapi hal tersebut, keluarga akan mempertimbangkannya mengingat yang bersangkutan masih duduk dibangku kelas 3 SMP

Bharada E Siap Buka-bukaan di Pengadilan

Bharada E Siap Buka-bukaan di Pengadilan

Metro Pagi Prime Time • 2 hours ago pembunuhan

Bharada Richard Eliezer siap membuktikan perintah Ferdy Sambo untuk membunuh Brigadir Yosua. Hal tersebut nantinya akan disampaikan di pengadilan.

Kuasa hukum Richard Eliezer, Ronny Talapessy mengungkapkan posisi Richard dalam kasus ini sulit dan banyak beban yang diemban. Untuk itu tim kuasa hukum akan menjaga psikologisnya agar konsisten dalam kesaksiannya dipersidangan nanti.

"Pastinya kan klien saya kalau begini dalam kondisi sulit, banyak beban. Yang paling penting klien saya konsisten dulu," ujar Ronny Talapessy.

Ronny juga meminta kliennya dihadirkan langsung dalam persidangan kasus pembunuhan Brigadir Yosua. Pembuktian akan lebih baik dilakukan saat terdakwa hadir langsung.

Diguyur Hujan Terus-menerus, Kompleks Polri Terendam Banjir 1,5 Meter

Diguyur Hujan Terus-menerus, Kompleks Polri Terendam Banjir 1,5 Meter

Headline News • 3 hours ago banjir

Banjir sedalam 1,5 meter merendam Kompleks Polri Pondok Karya, Tendean, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, usai diguyur hujan deras sejak Kamis sore hingga Jumat (7/10/2022) dini hari. Timsar gabungan masih bersiaga membantu mengevakuasi warga.

Selain karena curah hujan yang tinggi, banjir juga disebabkan karena meluapnya Sungai Krukut yang berada tepat di samping kompleks tersebut. Menurut BPBD Jakarta Selatan terdapat 4 RT yang terdampak banjir. 

BPBD se-DKI Jakarta dibantu oleh Basarnas dan Yayasan Gerak Bareng serta relawan lainnya dikerahkan untuk memaksimalkan proses evakuasi. Hingga Jumat dini hari, Tim SAR telah mengevakuasi warga ke lokasi yang lebih aman menggunakan perahu karet. 

Banjir Surut, Jalan Tol BSD-Serpong Sudah Bisa Dilalui Kendaraan

Banjir Surut, Jalan Tol BSD-Serpong Sudah Bisa Dilalui Kendaraan

Headline News • 3 hours ago banjir

Sempat terendam banjir mencapai 90 centimeter sejak Kamis (6/10/2022) sore dan mengakibatkan 4 Gerbang Tol BSD-Serpong ditutup hingga Jumat, (7/10/2022) dini hari, kini Tol BSD-Serpong sudah bisa dilalui kendaraan.

Menurut Kepala Induk Patroli Jalan Raya BSD-Serpong, Kompol Teguh Patriot menjelaskan banjir yang menggenang di wilayah tersebut tidak hanya diakibatkan oleh cuaca, namun juga karena efek penyempitan pada Sungai Cibenda. 

Polisi sempat melakukan rekayasa lalu lintas berupa sistem buka-tutup karena terjadi penumpukan kendaraan dan kemacetan pada ruas jalan menuju Gerbang Tol BSD-Serpong tersebut. 

Bea Cukai Musnahkan Ribuan Miras dan Rokok Ilegal Senilai Rp10 Miliar

Bea Cukai Musnahkan Ribuan Miras dan Rokok Ilegal Senilai Rp10 Miliar

Metro Pagi Prime Time • 3 hours ago miras

Kantor Bea Cukai Batam melakukan pemusnahan terhadap hasil penyitaan ribuan botol miras serta jutaan batang rokok ilegal ilegal berbagai jenis senilai Rp10 miliar. Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar dan dihancurkan dengan alat berat. 

Barang yang dimusnahkan terdiri dari 21 ribu botol minuman keras berbagai merek dan 75 ribu minuman kaleng yang tidak memiliki izin. Barang bukti yang dimusnahkan ini berasal dari hasil 71 penindakan petugas. 

Akibat pelanggaran ini, negara dirugikan lebih dari Rp3 miliar.

"Minuman mengandung alkohol ada 21.461 botol, 74.799 kaleng. Nilainya Rp9,9 miliar, kerugiannya mencapai Rp3,1 miliar," ujar Dirjen Bea dan Cukai, Askolani.

Kejaksaan Akan Hadirkan Saksi Ahli Forensik dan Balistik dalam Sidang Kasus Pembunuhan Brigadir J

Kejaksaan Akan Hadirkan Saksi Ahli Forensik dan Balistik dalam Sidang Kasus Pembunuhan Brigadir J

HOTROOM • 4 hours ago korupsi

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) akan menghadirkan saksi ahli seperti ahli forensik dan balistik untuk kasus yang menjerat Ferdy Sambo.

"Ada saksi ahli bidang forensik dan balistik. Psikolog mungkin iya karena kan ada orang sakit," ujar Kapuspenkum, Ketut Sumedana. 

KPK Ancam Jemput Paksa Anak dan Istri Lukas Enembe Jika Mangkir Lagi

KPK Ancam Jemput Paksa Anak dan Istri Lukas Enembe Jika Mangkir Lagi

Headline News • 5 hours ago korupsi

KPK akan menjemput paksa istri dan anak Gubernur Papua, Lukas Enembe jika keduanya mangkir dari panggilan kedua KPK sebagai saksi kasus gratifikasi Rp1 miliar.

KPK tidak mendapat penjelasan pasti terkait tidak hadirnya anak dan istri dari Lukas Enembe. Namun, dapat dipastikan akan menjemput paksa jika keduanya mangkir dalam panggilan kedua.

Lukas Enembe telah ditetapkan sebagai tersangka kasus gratifikasi proyek yang bersumber dari APBD Pemerintah Provinsi Papua senilai Rp1 miliar. 

Rizky Billar Mangkir Pemanggilan, Kuasa Hukum: Psikisnya Terganggu

Rizky Billar Mangkir Pemanggilan, Kuasa Hukum: Psikisnya Terganggu

Headline News • 5 hours ago hukum

Rizky Billar mangkir dalam pemeriksaan yang telah dijadwalkan Polres Metro Jakarta Selatan terkait kasus dugaan KDRT terhadap Lesti Kejora, Kamis (6/10/2022) siang. Kuasa Hukum Rizky Billar meminta penyidik melakukan penjadwalan ulang.

Kuasa Hukum Rizky Billar, Ade Erfil Manurung mengatakan Billar berhalangan hadir dalam pemeriksaan pertama di Polres Metro Jakarta Selatan karena sakit.

"Beliau terganggu psikisnya, sedang memanggil ustaz dan sedang ada kesibukan sehingga tidak bisa datang ke sini," ujar Ade Erfil Manurung.

Tuntut Ganti Rugi, Warga Kembali Blokade Jalan Tol Jatikarya 2 Bekasi

Tuntut Ganti Rugi, Warga Kembali Blokade Jalan Tol Jatikarya 2 Bekasi

Headline News • 5 hours ago

Sejumlah warga yang merupakan ahli waris tanah nekat menutup ruas Tol Jatikarya 2, Bekasi, Jawa Barat menggunakan pohon pisang sebagai bentuk protes lantaran ganti rugi belum dibayarkan, Kamis (6/10/2022) sore.

Menurut warga, aksi ini merupakan aksi lanjutan karena warga merasa kecewa lahan miliknya yang terpakai pembangunan tol tak kunjung dibayar sejak puluhan tahun lalu. Akibat penutupan jalan tersebut, ruas tol dari arah Jatikarya menuju Depok terjadi kemacetan panjang.

Prince William and Princess Kate Visit Suicide Prevention Charity in Belfast

Prince William and Princess Kate Visit Suicide Prevention Charity in Belfast

World News • 6 hours ago

Prince and Princess of Wales visit Suicide Prevention Charity in Belfast. The prince and princess of Wales were on a one-day visit northern Ireland on Thursday.

The royal couple were visiting Various Non-profit and community organizations. Their first stop was suicide prevention charity (PIPS) in North Belfast, where the prince and princess talked to staff about the charity, which helps people at risk of suicide and self-harm.

WTO Slashes Global Trade Growth to 1% in 2023

WTO Slashes Global Trade Growth to 1% in 2023

World News • 6 hours ago

The world trade organization is predicting global trade volumes will grow a lackluster 1 percent next year, as crises and challenges weigh on markets, including high energy prices, rising interest rates, and uncertainties about Chinese manufacturing output, amid the lingering covid-19 pandemic.

The geneva-based trade body said, that the amount of goods shipped between countries are expected to rise 3 and a half 5 percent this year, up from the 3 percent that w-t-o anticipated in its first forecast for the year in April.

However, WTO forecasted that trade volumes to grow just one percent in 20-23. This year, the higher trade volumes stems from better data, that arrived in the middle of the year,  it also contributes to a clearer forecast. Current oil productions from middle east countries and its trade volume have also affected global trade volume.

At Least 35 Killed in Mass Shooting at Thailand Daycare Centre

At Least 35 Killed in Mass Shooting at Thailand Daycare Centre

World News • 6 hours ago

At least 24 children and 11 adults were killed on Thursday, in an attack that began at a Childcare Center in Northeastern Thailand.

The gunman then fled the scene, shooting from his car as he drove home, where he killed his wife and child,  before taking his own life. Authorities identified the assailant as a former police officer and said that he entered the child care center afternoon, in the Northeastern Thai town of Nong Bua Lamphu.

Twenty-two children and two adults were killed in the building before the assailant fled, according to a police statement. But he continued to shoot people from his car, police major general Faisal Luesomboon told the associated press. Police said he killed another two children and nine adults outside the childcare center, including his wife and his son.

According to Thai media reports, the gunman also used knives in the attack and then fled the building. Photographs showed at least two bodies on the floor of the center, covered in white sheets.

Several media outlets identified the assailant, as a former police lieutenant colonel from the region, but there was no immediate official confirmation.

Luhut Apresiasi Polri Serap Belanja Produk Dalam Negeri

Luhut Apresiasi Polri Serap Belanja Produk Dalam Negeri

Metro Malam • 7 hours ago

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhur Binsar Panjaitan mengapresiasi kinerja Polri dalam merealisasikan dan menyerap lebih dari 70% produk dalam negeri.

"Saya terus terang mengapresiasi sekali dengan polisi dan jajarannya menyelenggarakan business matching ini dalam rangka produk dalam negeri tahap IV," ujar Luhur Binsar Panjaitan.

Luhut mengatakan, anggaran APBN dan APBD harus digunakan tepat sasaran demi kepentingan rakyat melalui percepatan organisasai belanja produk dalam negeri. Luhut juga menyebut Polri telah menyerap produk dalam negeri mencapai lebih dari 70%.

Banjir Sedalam 1,5 Meter Rendam Ratusan Rumah Warga Bintaro

Banjir Sedalam 1,5 Meter Rendam Ratusan Rumah Warga Bintaro

Metro Malam • 8 hours ago

Intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan banjir setinggi 100-150 centimeter di Perumahan Villa Bintaro Hijau, Jombang, Tangerang Selatan. Banjir tersebut merendam ratusan rumah warga setempat, Kamis (6/10/2022).

Petugas BPBD melakukan evakuasi warga korban banjir menggunakan perahu karet ke tempat yang lebih aman. Namun sebagian warga memilih untuk bertahan di rumah masing-masing. 

Selain intensitas hujan yang tinggi, banjir juga disebabkan karena belum terselesaikannya pambangunan tanggul yang hancur serta meluapnya sungai Cibenda. Banjir juga diperparah oleh hancurnya tembok pembatas antara perumahan dan Jalan Tol BSD hingga genangan air dari tol masuk ke perumahan.

Anies Baswedan Takziah ke Rumah Duka Korban Tembok Roboh MTSN 19 Cilandak

Anies Baswedan Takziah ke Rumah Duka Korban Tembok Roboh MTSN 19 Cilandak

Metro Malam • 8 hours ago

Gubernur DKI Jakarta mengunjungi rumah duka salah satu korban meninggal dunia bencana tembok roboh di MTSN 19 Pondok Labu dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban, Kamis (6/10/2022).

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan santunan kepada keluarga korban dan akan menanggung seluruh biaya pemakaman dan rumah sakit kepada korban luka melalui Wali Kota Jakarta Selatan. Anies juga berpesan kepada Polri untuk terus melakukan olah TKP bencana tersebut agar dapat diantisipasi.

Bangunan sekolah saat ini tidak dapat digunakan, namun Anies memastikan proses belajar mengajar tidak terhambat. 

Perjuangan Jasmine Azzahra Menjadi Atlet Balap Sepeda BMX

Perjuangan Jasmine Azzahra Menjadi Atlet Balap Sepeda BMX

Metrosports • 8 hours ago

Metro Sport Podcast kembali hadir akhir pekan nanti bersama atlet balap sepeda BMX Jasmine Azzahra. Pada episode kali ini Jasmine bercerita banyak hal termasuk awal mula dirinya mencintai sepeda BMX. 

Saksikan cerita seru Jasmine Azzahra selengkapnya hanya di Channel Youtube Metrotv News, Sabtu 8 Oktober 2022 mendatang. 

Penembakan Massal di Penitipan Anak di Thailand, 35 Tewas

Penembakan Massal di Penitipan Anak di Thailand, 35 Tewas

Metro Malam • 9 hours ago

Sebanyak 35 orang tewas dalam serangan brutal yang dilancarkan mantan anggota polisi di sebuah tempat penitipan anak di Thailand. Dari 35 korban yang meninggal, 24 orang di antaranya merupakan anak-anak. 

Serangan brutal terjadi di sebuah penitipan anak di Provinsi Nong Bua Lamphu, Thailand, Kamis (6/10/2022). Sebanyak 35 orang tewas dalam penembakan massal tersebut.

Setelah diidentifikasi, pelaku diketahui merupakan mantan polisi berpangkat letnan bernama Panya Khamrab. Usai melepaskan tembakan secara brutal di sebuah tempat penitipan anak, pelaku langsung bergegas ke rumahnya lalu membunuh anak dan istrinya setelah itu pelaku dilaporkan bunuh diri.

Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-Ocha mengungkapkan rasa sedih yang mendalam atas kejadian ini. Ia mengatakan bahwa kejadian ini seharusnya tidak pernah terjadi. 

Hingga saat ini otoritas terkait masih menyelidiki motif pelaku melakukan penembakan. Tindakan mengerikan ini merupakan penembakan massal paling mematikan yang pernah terjadi di negeri Gajah Putih. 

Polres Metro Jaksel Selidiki Sebab Robohnya Tembok MTsN 19 Jakarta

Polres Metro Jaksel Selidiki Sebab Robohnya Tembok MTsN 19 Jakarta

Headline News • 9 hours ago nasional

Polres Metro Jakarta Selatan menurunkan tim identifikasi untuk menyelidiki kasus robohnya tembok MTsN 19 Jakarta, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Akibat kejadian ini, kantor Kementerian Agama Jakarta Selatan akan meliburkan proses belajar mengajar.

Pasca-robohnya tembok yang menyebabkan tiga siswa tewas, Kantor Kementerian Agama Jakarta Selatan juga akan menanggung seluruh biaya pengobatan bagi siswa yang terluka dan proses seluruh pemakaman bagi siswa yang meninggal dunia.

Pelatih Bima Sakti Minta Timnas Indonesia U-17 Tak Anggap Remeh Palestina

Pelatih Bima Sakti Minta Timnas Indonesia U-17 Tak Anggap Remeh Palestina

Metrosports • 9 hours ago i

Bima Sakti terus mempersiapkan anak asuhnya jelang laga ketiga kontra Palestina dalam kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Pelatih 46 tahun itu meminta kepada tim besutannya agar tidak meremehkan Palestina di Grup B.

Timnas Indonesia U17 bakal berjumpa dengan Palestina dalam laga lanjutan Grup B kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Jumat (7/10/2022). Pelatih Garuda Asia Bima Sakti langsung mewanti-wanti anak asuhnya mengenai keunggulan postur tim lawan.
 
Pelatih 46 tahun itu meminta tim besutannya untuk fokus dan berkosentrasi penuh sepanjang pertandingan. Mereka tidak boleh memandang sebelah mata Palestina yang selalu kalah di Grup B. Bima Sakti juga harus mewaspadai Palestina dan tidak ingin anak asuhnya melakukan kesalahan pertama di area pertahanan yang dapat membahayakan gawang Garuda Asia.

Bima Sakti masih mengandalkan Arkhan Kaka yang tengah on fire menjadi top score sementara dengan koleksi enam gol. Saat ini Timnas Indonesia U-17 berada di puncak klasemen sementara Grup B dengan torehan enam poin dari dua laga.

Watford FC Tunjukkan Simpati untuk Korban Kanjuruhan

Watford FC Tunjukkan Simpati untuk Korban Kanjuruhan

Metrosports • 9 hours ago

Selain momen hening cipta yang dilakukan di berbagai kompetisi Eropa, aksi simpati terhadap tragedi Kanjuruhan juga ditunjukkan dengan memasang lampu led merah putih saat Watford menjamu Swansea City pada laga lanjutan Divisi Championship.
 
Lima hari pasca-peristiwa 1 Oktober lalu, perhatian dunia masih deras untuk para korban tragedi sepak bola di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur. Tak terkecuali dari tim divisi kasta kedua di Inggris, Watford.

Pada laga yang berlangsung di Vicarage Road Stadium Inggris Kamis (6/10/2022) dini hari itu, Watford menayangkan bendera Merah Putih pada layar besar bertuliskan "Football Stands Together With Indonesia" atau yang berarti "Sepak Bola Dunia Bersama Indonesia".

Tulisan ini merupakan bentuk dukungan untuk para korban tragedi Kanjuruhan. Sementara itu pada laga tersebut, Watford harus menelan kekalahan 1-2 dari Swansea City di kandangnya sendiri.

Bobotoh Turut Berduka atas Tragedi Kanjuruhan

Bobotoh Turut Berduka atas Tragedi Kanjuruhan

Metrosports • 10 hours ago

Dunia sepak bola Tanah Air masih berduka setelah terjadinya tragedi Kanjuruhan, Malang yang telah menewaskan 131 orang pendukung Arema FC dan aparat kepolisian. Peristiwa tersebut mengundang empati berbagai pihak, tak terkecuali kelompok suporter sepak bola di Kota Bandung atau bobotoh.

Selain menyampaikan duka mendalam, suporter Persib Bandung menginginkan insiden yang terjadi usai laga antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya itu menjadi momentum perdamaian para suporter di Indonesia.

Salah seorang pemimpin suporter Persib Bandung Heru Joko mengatakan insiden yang menuai perhatian dunia ini selayaknya dijadikan pemantik untuk menyudahi rivalitas kelompok suporter yang selama ini berseteru. Dirinya pun telah mendapat desakan dari akar rumput untuk mendeklarasikan perdamaian antara suporter yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

Tak Ada Bola Seharga Nyawa (6)

Tak Ada Bola Seharga Nyawa (6)

Indonesia Town Hall • 10 hours ago nasional

Tragedi tewasnya ratusan orang suporter dalam laga pertandingan sepakbola di Kanjuruhan menjadi catatan kelam dalam sejarah pesepakbolaan Indonesia. Namun tak hanya sekali, peristiwa kekerasan pada pertandingan sepakbola memang kerap terjadi di Indonesia. 

 Tak Ada Bola Seharga Nyawa (5)

Tak Ada Bola Seharga Nyawa (5)

Indonesia Town Hall • 10 hours ago nasional

Tragedi tewasnya ratusan orang suporter dalam laga pertandingan sepakbola di Kanjuruhan menjadi catatan kelam dalam sejarah pesepakbolaan Indonesia. Namun tak hanya sekali, peristiwa kekerasan pada pertandingan sepakbola memang kerap terjadi di Indonesia. 

Tak Ada Bola Seharga Nyawa (4)

Tak Ada Bola Seharga Nyawa (4)

Indonesia Town Hall • 10 hours ago nasional

Tragedi tewasnya ratusan orang suporter dalam laga pertandingan sepakbola di Kanjuruhan menjadi catatan kelam dalam sejarah pesepakbolaan Indonesia. Namun tak hanya sekali, peristiwa kekerasan pada pertandingan sepakbola memang kerap terjadi di Indonesia. 

Tak Ada Bola Seharga Nyawa (3)

Tak Ada Bola Seharga Nyawa (3)

Indonesia Town Hall • 10 hours ago nasional

Tragedi tewasnya ratusan orang suporter dalam laga pertandingan sepakbola di Kanjuruhan menjadi catatan kelam dalam sejarah pesepakbolaan Indonesia. Namun tak hanya sekali, peristiwa kekerasan pada pertandingan sepakbola memang kerap terjadi di Indonesia. 

Tak Ada Bola Seharga Nyawa (2)

Tak Ada Bola Seharga Nyawa (2)

Indonesia Town Hall • 10 hours ago nasional

Tragedi tewasnya ratusan orang suporter dalam laga pertandingan sepakbola di Kanjuruhan menjadi catatan kelam dalam sejarah pesepakbolaan Indonesia. Namun tak hanya sekali, peristiwa kekerasan pada pertandingan sepakbola memang kerap terjadi di Indonesia. 

Tak Ada Bola Seharga Nyawa (1)

Tak Ada Bola Seharga Nyawa (1)

Indonesia Town Hall • 10 hours ago nasional

Tragedi tewasnya ratusan orang suporter dalam laga pertandingan sepakbola di Kanjuruhan menjadi catatan kelam dalam sejarah pesepakbolaan Indonesia. Namun tak hanya sekali, peristiwa kekerasan pada pertandingan sepakbola memang kerap terjadi di Indonesia. 

2 Restoran & Ruko Bos Judi Online Apin BK Disita

2 Restoran & Ruko Bos Judi Online Apin BK Disita

Top News • 11 hours ago

Ditreskrimsus Polda Sumut kembali menyita aset milik Apin BK buronan kasus judi online terbesar di Sumatera Utara. Dari aset yang disita, bernilai Rp21,6 miliar berupa bangunan sebanyak lima unit di Kota Medan yang diketahui pernah menjadi tempat perjudian.

Salah satunya bangunan berlantai dua yang dijadikan restoran berada di Jalan Cemara Medan Timur, Kota Medan sudah diberikan garis polisi dan plang bertulisan penyitaan, Kamis (6/10/2022) siang. Bangunan ini juga dijadikan tempat perjudian dengan modus rumah makan. Selain di Jalan Cemara, aset lainnya di Jalan Merbau Medan Petisah, yakni sebuah bangunan ruko berlantai tiga juga disita polisi.
 
Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP Herwansyah mengatakan untuk penyitaan semuanya bernilai Rp21,6 miliar. Apin BK sendiri merupakan tersangka dan bos judi online yang masih buron.

Jenazah Satu Keluarga di Lampung Ditemukan dalam Septic Tank

Jenazah Satu Keluarga di Lampung Ditemukan dalam Septic Tank

Top News • 11 hours ago

Satu keluarga di Kampung Marga Jaya, Kecamatan Negara Batin, Lampung tewas dibunuh diduga karena perebutan harta warisan. Para korban ditemukan di dalam septic tank. Polisi pun telah mengamankan kedua pelaku yang bersembunyi di wilayah Kabupaten Lampung Selatan.
 
Warga Kampung Marga Jaya, Kecamatan Negara Batin, Lampung digegerkan dengan ditemukannya empat jenazah yang ditanam ke dalam septic tank di salah satu rumah kampung setempat.
 
Terungkapnya peristiwa pembunuhan ini berawal dari kecurigaan masyarakat yang telah lama tidak melihat para korban sejak Oktober 2021 lalu. Warga pun menanyakan perihal keberadaan para korban ke salah seorang pelaku berinisial E, namun pelaku menjawabnya sedang pergi ke gunung.
 
Kecurigaan warga pun semakin menjadi setelah hampir satu tahun para korban tidak terlihat. Warga pun kemudian mendatangi rumah pelaku dan mendapati korban tewas dibunuh dan dikubur di dalam septic tank.
 
Para korban yang tewas yakni ayah kandung pelaku Zainudin (60), ibu tiri pelaku Siti Romlah (45), kakak kandung pelaku Wawan Wahyudin (55) dan terakhir keponakan pelaku Zahra (6). Polisi pun langsung bergerak dengan mengamankan dua orang pelaku. Kedua tersangka berinisial DW dan E dimana hubungannya dengan korban adalah anak dan ayah kandung. Pelaku diduga menghabisi nyawa para korban lantaran berebut harta warisan.

20 Polisi Diduga Melanggar Etik di Kanjuruhan, Kapolri: Jumlahnya Bisa Bertambah

20 Polisi Diduga Melanggar Etik di Kanjuruhan, Kapolri: Jumlahnya Bisa Bertambah

Breaking News • 11 hours ago nasional

Sedikitnya 20 polisi diduga telah melanggar kode etik dalam operasi pengamanan laga Arema FC vs Persebaya yang berujung Tragedi Kanjuruhan. Selain sanksi internal Polri, mereka dapat dipidanakan bila terbukti melakukan tindak pelanggaran pidana.

"Investigasi internal dan eksternal masih berjalan, sehingga ada kemungkinan jumlah personil yang diduga melakukan pelanggaran akan bertambah," ujar Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Kamis (6/10/2022).

Empat dari 20 polisi tersebut adalah AKBP FH, Kompol WS, AKP BS dan Iptu BS yang adalah pejabat utama Polresta Malang. Dua lainnya adalah AKBP AW dan AKP D yang masing-masing perwira pengawas dan pengendali yang bertugas di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kab. Malang, pada 1 Oktober 2022.

Sedangkan AKP US, AKP H dan Aiptu BP adalah tiga komandan di lapangan yang perintahkan kepada anak buahnya menembakkan gas air mata. Sedangkan 11 sisanya adalah personil yang menembakkan gas air mata.

Angin Kencang Robohkan Atap Rumah Warga di Jaktim

Angin Kencang Robohkan Atap Rumah Warga di Jaktim

Top News • 12 hours ago

Hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan sebuah atap rumah di Jalan Kemuning Mede, Jatinegara, Jakarta Timur roboh, Kamis, (6/10/2022) sore. Terlihat angin kencang langsung menyapu atap rumah hingga terbang ke rumah warga di seberangnya. Atap berukuran 7x3 meter itu juga menutupi jalan hingga tidak bisa dilalui oleh kendaraan. Petugas PPSU Rawa Bunga yang tiba di lokasi langsung berupaya mengevakuasi atap rumah dari jalan.

Jalan Poros Palopo-Toraja Tertutup Material Longsor

Jalan Poros Palopo-Toraja Tertutup Material Longsor

Top News • 12 hours ago

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Palopo, Sulawesi Selatan dan sekitarnya mengakibatkan sejumlah titik di jalur Trans Sulawesi poros Palopo-Toraja Utara tertutup material tanah longsor. Akibatnya, ratusan kendaraan dari kedua arah harus mengantri untuk melintas di lokasi.
 
Sejumlah kendaraan sejak Rabu (5/10/2022) malam hingga Kamis (6/10/2022) siang terjebak di lokasi tanah longsor ini. Warga dengan peralatan seadanya berusaha mengevakusi material longsor dan membuat jalan darurat untuk dapat dilewati kendaraan roda dua dan empat.
 
Pihak Balai Jalan dan Jembatan Bina Marga Sulawesi Selatan akan mengirimkan alat berat dari Kabupaten Toraja Utara untuk mengevakuasi material tanah serta batu besar dari badan jalan. Selain menutup akses jalan poros Palopo-Toraja Utara, bencana tanah longsor ini juga nyaris menghanyutkan rumah warga di daerah tersebut sehingga mereka terpaksa mengungsi. 

Hujan Deras & Angin Kencang, Jalan Penghubung Kecamatan di Pangkep Amblas

Hujan Deras & Angin Kencang, Jalan Penghubung Kecamatan di Pangkep Amblas

Top News • 12 hours ago

Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Pangkep, Sulawesi Selatan menyebabkan jalan poros penghubung kecamatan amblas ke dasar sungai. Selain itu beberapa pohon besar tumbang dan menimpa minibus yang melintas.
 
Pasca-kejadian, petugas BPBD setempat langsung turun melakukan evakuasi batang pohon tumbang yang melintang menutupi badan jalan. Butuh sekitar satu jam bagi petugas dalam mengevakuasi batang pohon.
 
Hanya beberapa jam diguyur hujan dan angin kencang, sejumlah ruas jalan dan area perkantoran di Kecamatan Pangkajenne juga tergenang air hingga lutut orang dewasa.

Banjir di Jalan Aria Putra Ciputat Berangsur Surut

Banjir di Jalan Aria Putra Ciputat Berangsur Surut

Top News • 12 hours ago

Banjir yang menggenangi Jalan Aria Putra, Ciputat, Kota Tangerang Selatan berangsur surut, Kamis (6/10/2022) malam. Jalan Aria Putra kini sudah bisa dilalui kendaraan. 

Akses Jalan Aria Putra, Ciputat, Kota Tangerang Selatan sempat terputus akibat genangan air. Saat ini kondisinya sudah mulai berangsur surut dan bisa dilalui kendaraan.
 
Banjir menggenangi hingga ketinggian sekitar 60 sentimeter dan saat ini ketinggian air 40 sentimeter. Terlihat banyak pengendara roda dua menuntun kendaraannya untuk melintasi jalan tersebut. Namun, hingga saat ini kemacetan masih terus terjadi.

PT LIB Terakhir Verifikasi Stadion Kanjuruhan pada 2020

PT LIB Terakhir Verifikasi Stadion Kanjuruhan pada 2020

Breaking News • 12 hours ago

Hasil pendalaman polisi mengungkap bahwa PT Liga Indonesia Baru (LIB) tidak melakukan verifikasi terhadap Stadion Kanjuruhan, khususnya mengenai keselamatan penonton. PT LIB selaku penyelenggara Liga 1 terakhir melakukan verifikasi Stadion Kanjuruhan pada 2020. 

"Verifikasi terakhir dilakukan pada 2020 dan ada beberapa catatan yang seharusnya dipenuhi, khususnya terkait dengan masalah keselamatan bagi penonton," ujar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam konferensi pers, Kamis (6/10/2022).

Tragedi Kanjuruhan yang terjadi selepas pertandingan Liga 1 antara tuan rumah Arema FC vs Persebaya Surabaya menjadi catatan hitam persepakbolaan Indonesia. Sebanyak 131 orang meninggal dunia dalam tragedi tersebut.

Kawasan Kemang Terendam Banjir, Warga Dievakuasi

Kawasan Kemang Terendam Banjir, Warga Dievakuasi

Headline News • 12 hours ago

Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak sore membuat banjir di beberapa titik ruas jalan dan permukiman, Kamis (6/10/2022). Kawasan Kemang, Jakarta Selatan terendam banjir setinggi 130 sentimenter yang membuat aktivitas warga lumpuh.

Warga terpaksa harus dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Sebelumnya, BPBD DKI Jakarta mencatat terdapat tujuh ruas jalan dan lima RT tergenang banjir akibat curah hujan tinggi.

Rumah Duka Korban Robohnya Tembok MTsN 19 Dipenuhi Warga

Rumah Duka Korban Robohnya Tembok MTsN 19 Dipenuhi Warga

Headline News • 12 hours ago

Rumah salah seorang korban robohnya tembok MTsN 19 Cilandak Jakarta Selatan terlihat dipenuhi warga. Mereka turut berbela sungkawa atas musibah yang menimpa keluarga korban. 

Tidak hanya saudara, kerabat hingga tetangga yang berkunjung ke rumah korban, namun ada juga dari pihak kepolisian, sekolah, serta pemerintah setempat. Keluarga korban sampai saat ini belum bisa memberikan keterangan apapun karena masih dalam keadaan berduka. 

Tragedi Kanjuruhan, Kapolri: 11 Polisi Tembakkan Gas Air Mata

Tragedi Kanjuruhan, Kapolri: 11 Polisi Tembakkan Gas Air Mata

Breaking News • 12 hours ago

Hasil penyelidikan mengungkap terdapat 11 anggota kepolisian yang menembakkan gas air mata ke tribun Stadion Kanjuruhan. Sebanyak tujuh tembakan diarahkan ke tribun selatan, satu tembakan ke tribun utara dan tiga tembakan ke lapangan. 

"Terdapat 11 personel yang menembakkan gas air mata," ujar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam konferensi pers, Kamis (6/10/2022). 

Tembakan gas air mata mengakibatkan para penonton panik dan berusaha meninggalkan Stadion Kanjuruhan. Sementara tembakan gas air mata disebut dilakukan untuk mencegah penonton yang turun ke lapangan.  

BMKG: Cuaca Ekstrem di Jabodetabek Akibat Aktifnya Fenomena Madden Julian Oscillation

BMKG: Cuaca Ekstrem di Jabodetabek Akibat Aktifnya Fenomena Madden Julian Oscillation

Breaking News • 13 hours ago nasional

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto telah merilis prakiraan cuaca ekstrem mulai memasuki musim hujan. Penyebab terjadinya cuaca ekstrem di Jabodetabek disebabkan fenomena gelombang kelvin dengan aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO).

Sementara itu, ada beberapa faktor lokal di mana topografi di Jabodetabek memungkinkan membawa udara dari utara tertiup angin membawa awan hujan menuju selatan, sehingga terjadi potensi pertumbuhan awan hujan yang telah melalui reaksi kondensasi di Selatan. 

BMKG mengimbau masyarakat tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak potensi cuaca esktrem. Masyarakat diimbau untuk deteksi dini terhadap infrastruktur atau saluran air, serta memantau informasi dari kanal akun media sosial BMKG. 

Dirut PT LIB Jadi Tersangka Tragedi Kanjuruhan

Dirut PT LIB Jadi Tersangka Tragedi Kanjuruhan

Breaking News • 13 hours ago

Polri menetapakan enam orang sebagai tersangka tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur yang menewaskan 131 orang. Salah satunya adalah Dirut PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita.  

"Berdasarkan gelar dan alat bukti permulaan yang cukup maka ditetapkan saat ini enam tersangka," ujar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam konferensi pers, Kamis (6/10/2022). 

Enam tersangka terdiri dari tiga sipil dan tiga polisi. Selain Akhmad Hadian Lukita, dua tersangka lain dari sipil adalah Abdul Haris  (ketua panpel pertandingan Arema FC vs Persebaya) dan Suko Sutrisno (security officer Arema FC).

Sedangkan tiga polisi yang jadi tersangka dari Polres Malang adalah Wahyu SS (Kabag Ops. Polres Malang) dan BS (Kasat Samapta Polres Malang). Tersangka selanjutnya yakni H (Komandan Kompi Brimob Polda Jawa Timur). H dan BSA diketahui memberikan perintah menembakkan gas air mata. 

Sanksi Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Pasrahkan ke FIFA

Sanksi Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Pasrahkan ke FIFA

Breaking News • 13 hours ago

Presiden Joko Widodo pasrahkan kepada FIFA mengenai peluang Indonesia mendapatkan sanksi setelah tragedi Kanjuruhan. Sanksi untuk Indonesia menjadi salah satu pembahasan yang sering muncul setelah tragedi Kanjuruhan mengakibatkan 131 orang tewas.

Salah satu kekhawatiran yang muncul pasca-tragedi Kanjuruhan adalah sanksi dari FIFA. Presiden Joko Widodo bahkan ikut menaruh perhatian tentang hal tersebut. Sebab pada 2023, Indonesia bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia U20. 

Kendati Jokowi sudah berbicara langsung dengan Presiden FIFA Gianni Infantino lewat sambungan telepon. Presiden Jokowi tidak bisa menjamin Indonesia bisa bebas dari sanksi FIFA.

"Senin (3/10/2022) malam, saya telah ber-telepon langsung dengan Presiden FIFA Gianni Infantino. Berbicara banyak mengenai tragedi Kanjuruhan dan juga berbicara mengenai FIFA U20. Tetapi keputusan apapun adalah kewenangan FIFA," ujar Presiden Joko Widodo.

Ruas Jalan Puri Mutiara Cipete Selatan Terputus Akibat Banjir Setinggi 50 Cm

Ruas Jalan Puri Mutiara Cipete Selatan Terputus Akibat Banjir Setinggi 50 Cm

Breaking News • 13 hours ago

Hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak Kamis (6/10/2022) sore menyebabkan ruas Jalan Puri Mutiara, Cipete Selatan, Jakarta Selatan terendam banjir. Ketinggian air mencapai 50 sentimeter. 

Banjir tersebut juga memutus akses jalan yang menghubungkan Jalan Antasari dengan Jalan Ampera. Selain itu, banyak sepeda motor yang mogok lantaran nekat menerobos banjir. 

Daftar Korban Tertimpa Tembok MTsN 19 Jakarta

Daftar Korban Tertimpa Tembok MTsN 19 Jakarta

Breaking News • 13 hours ago

Banjir yang menerjang Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 19 di Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan menyebabkan tembok runtuh. Kejadian ini menewaskan tiga orang siswa dan satu orang luka-luka, Kamis (6/10/2022). Berikut daftar nama siswa yang meninggal dunia dan luka-luka.

Korban Meninggal Dunia:
1. Dicka Shafa Ghifari (Kelas 8)
2. Dendis AlLatif (Kelas 8)
3. Adnan E (Kelas 8) 

Korban Luka-luka:
1. Aditya Daffa Luthfi (Kelas 8) 

Tiga siswa tersebut meninggal dunia saat sedang bermain di lapangan sekolah kemudian tembok yang berada di belakangnya tiba-tiba runtuh karena tidak kuat menahan debit air yang tinggi.  

13 Ribu Orang Tandatangani Petisi Iwan Bule Mundur dari PSSI

13 Ribu Orang Tandatangani Petisi Iwan Bule Mundur dari PSSI

Breaking News • 14 hours ago

Usai tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 131 orang, muncul petisi di change.org untuk meminta Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule mundur dari jabatannya. Saat ini telah ditandatangani lebih dari 13 ribu orang hingga, Kamis (6/10/2022), pukul 15.00 WIB.

Dalam keterangan di situs tersebut, dengan 15 ribu tandatangan petisi ini akan menjadi salah satu petisi paling banyak ditandatangani di situs change.org. 

Polisi Olah TKP Robohnya Tembok di MTsN 19 Jakarta

Polisi Olah TKP Robohnya Tembok di MTsN 19 Jakarta

Breaking News • 14 hours ago

Polisi menggelar olah TKP robohnya tembok MTsN 19 Cilandak Jakarta yang menelan tiga korban jiwa, Kamis (6/10/2022). Lokasi kejadian saat ini telah dipasang garis polisi.

Ketiga korban merupakan siswa MTsN 19 Cilandak yang sedang asyik bermain saat banjir. Tiba-tiba tembok di halaman sekolah tersebut roboh dan menimpa mereka. Robohnya tembok diakibatkan terjangan air yang cukup kencang.

Saat ini banjir telah surut dan juga sudah dipastikan bahwa tidak ada korban lain. Petugas dari kepolisian dan BPBD sedang melaksanakan proses pemeriksaan dan pembersihan di lingkungan sekolah.  

Imbas Hujan Deras, Lalin di Jalan Kapten Tendean Jaksel Macet Panjang

Imbas Hujan Deras, Lalin di Jalan Kapten Tendean Jaksel Macet Panjang

Breaking News • 14 hours ago

Curah hujan tinggi memicu kemacetan panjang di sejumlah ruas jalan di DKI Jakarta, Kamis (6/10/2022). Kemacetan juga terlihat di Jalan Suryo menuju Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan. 

Kemacetan yang diakibatkan curah hujan tinggi sudah terjadi sejak pukul 16.00 WIB. Selain di lokasi ini, sejumlah jalan di Jakarta juga mengalami kemacetan. 

Salah satu warga Tendean, Yusuf mengaku terjebak macet hingga empat jam. Yusuf menjelaskan banjir di Kantor Pos Jalan Tendean mencapai 30 sentimer sehingga mobil tidak bisa melewati jalan tersebut.

Patung Singa Jawara di Stadion Kanjuruhan Dipenuhi Karangan Bunga Duka Cita

Patung Singa Jawara di Stadion Kanjuruhan Dipenuhi Karangan Bunga Duka Cita

Breaking News • 14 hours ago

Patung Singa Jawara di depan Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur ramai dikunjungi warga untuk melakukan tabur bunga dan mendoakan para korban meninggal dunia atas tragedi Kanjuruhan. Patung tersebut menjadi monumen duka yang dipenuhi karangan bunga duka cita. 

Selain itu, gate 13 tribun ekonomi Stadion Kanjuruhan juga menjadi tempat yang ramai didatangi warga. Gate 13 merupakan gate yang menelan banyak korban jiwa karena pintu itu tertutup saat sedang terjadi kericuhan sehingga terjadi penumpukan massa. 

Saat ini Stadion Kanjuruhan ramai didatangi masyarakat yang berasal dari luar daerah Malang. Seperti suporter Persebaya dan suporter Persib Bandung yang datang sebagai bentuk belasungkawa serta mengenang ratusan suporter Arema FC yang meninggal dunia dan terluka akibat tragedi yang terjadi pada 1 Oktober 2022.